Tech & Auto

6 Alasan Mengapa Android Lebih Baik Daripada iPhone

Alasan Mengapa Android Lebih Baik Daripada iPhone

Perang Android dengan iPhone hingga sekarang masih memanas. Android menawarkan harga yang terjangkau dengan fasilitas yang tak kalah dengan iPhone. Sedangkan iPhone menawarkan smartphone kelas premium dengan harga yang cukup tinggi. Dapat dikatakan bahwa iPhone merupakan smartphone paling berkelas di dunia untuk saat ini. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena vendor asal California, Amerika Serikat, ini memang selalu mengeluarkan ponsel-ponsel yang elegan. Walaupun faktanya begitu, Anda tetap tidak boleh meremehkan kinerja Android. Sistem operasi milik Google ini memiliki beberapa keunggulan yang bisa dikatakan ‘lebih baik’ dari iPhone. Apa saja alasan Android bisa dikatakan lebih baik daripada iPhone.

1. Sistem kerja file yang lebih mudah

Android menawarkan kemudahan dalam sistem kerja file. Pengguna Android dapat langsung menyalin atau mentransfer sebuah file hanya dengan mencolokkan kabel data langsung ke komputer atau laptop. Sedangkan jika ingin memindahkan data yang ada di iPhone, pengguna harus menginstall iTunes terlebih dahulu. Setelah diinstall, pengguna juga harus membuat akun terlebih dahulu baru bisa menyalin atau mentransfer data. Cukup ribet kan?

2. Banyak pilihan hardware

Android menawarkan banyak pilihan hardware dengan beragam model yang dibuat oleh vendor-vendor. Anda bisa memilih smartphone dengan beragam model seperti touchscreen, layar besar, layar kecil, keypad qwerty, hingga kedap air. Sedangkan iPhone memiliki pilihan model hardware yang terbatas. Perbedaannya juga tidak terlalu jauh. Tipe-tipe iPhone hanya ada beberapa seperti iPhone 4, 4s, 5, 5s, 6, atau 6 Plus.

3. Bebas menginstal aplikasi apa saja

Biasanya Apple akan membatasi aplikasi yang bisa diunduh oleh pengguna. Beberapa aplikasi yang sering dibatasi ialah aplikasi-aplikasi yang mengandung unsur kekerasan, seksual, kontroversi, atau politik. Sementara pengguna Android bisa bebas mengunduh aplikasi apa saja.

4. Pilihan widget serta skin yang beragam

Android memiliki kelebihan pada kustomisasi widget maupun skinnya yang beragam. Anda bisa memilih ribuan widget yang bisa dijalankan di homescreen. Sedangkan iPhone memiliki pilihan widget yang terbatas. Anda bisa meletakkan beberapa widget saja di homescreen.

5. Dapat membagikan file secara lebih luas

Anda bisa membagikan seluruh file yang Anda miliki secara lebih luas menggunakan Android, baik melalui browser maupun media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, Google+, dan lainnya. Sedangkan fitur berbagi file pada iPhone sangat terbatas. Anda akan kesulitan membagikan file-file.

6. Bisa digunakan pada banyak jendela

Android sangat cocok digunakan pada orang yang suka melakukan pekerjaan dengan cara multitasking. Anda bisa membuka banyak jendela. Ada juga smartphone Android yang bisa membagi layar antara dua aplikasi. Sehingga Anda bisa membuka dua aplikasi secara bersamaan. Keren kan? iPhone belum memiliki fitur ini dan masih sangat sulit digunakan untuk multitasking.

Keenam hal di atas merupakan alasan-alasan mengapa Android bisa dikatakan lebih baik daripada iPhone. Walaupun sebenarnya keduanya sama-sama bagus karena memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagaimana menurut Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top