Tech & Auto

7 Fitur Menakjubkan Dari Facebook Tahun 2016

Fitur-fitur Facebook yang Harus Diketahui Oleh Marketing

Setiap tahun jumlah pengguna Facebook makin bertambah dengan angka yang fantastis. Sebagai sosial media nomor 1 di dunia dan situs kedua yang paling banyak dilihat setiap kategorinya, Facebook seakan tak pernah absen memberi fitur-fitur baru yang memanjakan penggunanya.

Beberapa fitur telah ditambahkan tahun 2015 lalu, dan ternyata tahun 2016 ini pun Facebook bersiap meluncurkan beberapa fitur keren yang akan membuat kamu makin penasaran. Apa saja fitur baru dari Facebook ini? Berikut 7 fitur menakjubkan dari Facebook tahun 2016.

1. Agar mudah “melupakan” mantan

Fitur ini sangat bermanfaat untuk kamu yang sudah putus tapi susah ‘move on’. Inginnya sih memang melupakan mantan, tapi postingan mantan sering terlihat di news feedmu. Mau tidak mau, sedikit terganggu juga kan? Apalagi untuk yang baru putus.

Daripada memblokir dan dianggap kamu tidak bisa menerima kenyataan, Facebook meluncurkan fitur untuk membuat kamu membatasi kemunculan akun mantan pacar di news feed. Sehingga kamu tidak bisa melihat profil, status dan upload foto dari dia. Meski kalian masih terlihat berteman di Facebook.

2. Facebook messenger yang lebih “cerdas”

Fitur keren selanjutnya adalah Facebook messenger yang lebih “cerdas”. Di tahun 2016 ini, Facebook messenger akan tersedia secara gratis untuk semua pengguna smartphone, meski kita tidak mempunyai akun Facebook sekalipun.

Selain itu, Facebook juga akan meluncurkan asisten virtual mirip Google Now yang disebut M. Namun, asisten ini hanya merespon pesan teks, bukan suara. M siap menjawab apapun pertanyaanmu dalam sekejap.

3. 7 emoji untuk menyatakan rasa

Fitur ini sebenarnya telah tersedia sejak tahun lalu, dan sudah tak asing lagi karena mirip dengan emoji di Line. Asyiknya, dengan 7 emoji ini kamu tidak hanya mengklik tombol like atau dislike pada postingan orang lain, namun juga dapat mengekspresikan reaksi seperti tertawa, sedih, menangis, suka, cinta, marah dan terkejut.

4. Foto profil yang bergerak

Biasanya foto profil kita berada di pinggir dan tidak bergerak. Nantinya Facebook akan meluncurkan fitur yang menjadikan foto profil kita bergerak sejenis GIF. Dan letaknya bukan di pinggir lagi, melainkan di tengah-tengah foto cover.

Selain itu, kita juga bisa membuat foto profil sementara dengan penyediaan timer kapan akan berubah ke foto profil semula. Facebook juga memfasilitasi kita untuk memberi dukungan terhadap isu-isu tertentu atau kasus yang sedang terjadi dengan adanya fitur filter.

5. Menemukan teman di sekitar

Seringkali di tempat asing kita bingung harus mengobrol dengan siapa atau melakukan apa. Nah, Facebook akan meluncurkan fitur “Nearby Friends” yang mana berupa layanan lokasi untuk membantu kita mencari apakah ada teman di sekitar lokasi atau tidak. Fitur ini hanya bisa diakses melalui aplikasi mobile Facebook dengan defaultnya yang masih non-aktif.

6. Share live video

Facebook menyediakan live video untuk kamu agar dapat share momen-momen indah kepada orang-orang terdekat atau keluarga, dimana mereka tidak dapat bersamamu saat itu. Misalnya momen nonton konser, perjalanan wisata atau hari spesial.

Tahun 2016 ini, Facebook meluncurkan aplikasi streaming yang dinamakan Facebook Live. Sehingga kamu dapat menggunakannya seperti melakukan “talk show” dengan banyak orang.

7. Gambar GIF

Facebook memberi kemudahan untuk memposting gambar GIF di beranda. Namun caranya dengan membagikan gambar GIF melalui link, bukan dengan mengupload langsung gambar GIF milik sendiri.

Jadi, kamu terlebih dahulu harus mengupload gambar GIF itu ke situs lain seperti Giphy misalnya. Kemudian bisa share link tersebut ke laman Facebookmu.

Itulah 7 fitur menakjubkan dari Facebook tahun 2016. Bagaimana serunya fitur-fitur tersebut? Kita tunggu saja kabar peluncurannya dari Facebook.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top