Tech & Auto

Ada Ancaman Bahaya Saat Update OS Windows

Ada Ancaman Bahaya Saat Update OS Windows

Microsoft dikabarkan sedang merombak total tampilan Windows. Ratusan icon aplikasi di OS Windows pun akan memiliki bentuk baru.

Sebagaimana Dikutip dari laman resminya, Minggu (15/12), Microsoft telah mendesain ulang lebih dari 100 ikon Windows dengan warna, teksture, dan finishing yang sepenuhnya baru. Pembentukan ulang ikon dimulai dengan Office suite pada akhir 2018 dan berlanjut selama 2019 pada aplikasi lain seperti Microsoft Edge, dan melibatkan total seratus ikon baru.

“Tahun lalu, kami meluncurkan ikon Office baru untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa kami telah mengembangkan produk kami untuk mendukung perubahan dunia kerja,” kata Kepala tim desain Microsoft Office Jon Friedman.

Jon juga menuturkan, pihaknya telah membantu Microsoft untuk memfasilitasi dan meningkatkan interaksi pengguna dengan berbagai pengalaman yang baru.

Sementara itu menurut Gizchina, pembaruan yang sedang dilakukan Microsoft memicu adanya potensi kejahatan dunia maya. Karena Microsoft baru saja merilis pembaruan baru Windows 10, kejahatan phishing mungkin mengambil kesempatan untuk menyebar dalam bentuk email, mendorong pengguna Windows 10 untuk menginstal pembaruan kritis kepada pengguna awam yang tidak tahu kalau Microsoft memang sedang berbenah untuk Windowsnya.

Para peneliti di Trustwave telah merilis rincian ancaman baru ini. Penjahat dunia Maya mencoba untuk menipu pengguna Windowa agar membajak PC mereka dan kemudian menuntut uang tebusan.

E-mail, yang saat ini dalam bahasa Inggris dan tampaknya berasal dari Microsoft, memiliki subjek ‘Instal Pembaruan Microsoft Windows Terbaru sekarang!’ Atau ‘Pembaruan Microsoft Windows Kritis!’ meminta pembaca untuk menginstal pembaruan yang disertakan sebagai lampiran. Pada kenyataannya, ini adalah program yang mengunduh ransomware yang disebut Cyborg.

Jadi waspadalah, jika di kemudian hari ditemukan ada yang beda dari ikon aplikasi di Windows jangan heran ya. Hal itu memang dilakukan Microsoft dengan tujuan improve dengan perkembangan yang ada dari penggunanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top