Tech & Auto

Edit Foto Dengan Adobe Lightroom, Inilah Tips dan Cara Menggunakannya

Adobe Lightroom

This post is also available in: English

Adobe Lightroom – Saat ini, mengunggah foto tanpa proses editing adalah hal yang mustahil. Apalagi jika foto tersebut digunakan untuk kebutuhan Instagram pastinya harus terlihat keren dan menarik. Selebgram, sebutan untuk selebriti Instagram tentunya memikirkan bagaimana caranya untuk mendesain feed foto yang keren untuk diunggah di Instagram.

Untuk itu, mereka menggunakan aplikasi-aplikasi editing foto yang tersebar di Internet. Salah satu aplikasi editing foto yang saat ini sedang populer dimana banyak digunakan oleh selebgram, bahkan fotografer terkenal pun juga ikut menggunakannya. Aplikasi tersebut adalah Adobe Lightroom. Apa itu Adobe Liightroom ?

Adobe Lightroom

Adobe Lightroom adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk editing foto dimana dalam penggunaannya lebih dikhususkan pada retouch foto dan permainan efek warna yang lebih bervariasi. Aplikasi ini termasuk bagian dari keluarga Adobe yang juga memiliki beberapa aplikasi editing lainnya seperti Adobe Photoshop untuk edit foto, Adobe Premier untuk editing film, dan Adobe untuk editing website. 

Meskipun fungsinya sama dengan Adobe Photoshop, tetapi pengeditan dengan menggunakan Lightroom selalu disimpan secara terpisah dan tidak merusak hasil editing ketika menyimpan. Selain itu, Adobe Lightroom tidak bisa melakukan banyak fungsi seperti yang dilakukan oleh Adobe Photoshop seperti mengubah, menambah, dan menghapus tampilan item pada gambar, membuatk teks atau objek 3D pada gambar ataupun memodifikasi bingkai video.

Adobe Lightroom bisa dikatakan sebagai aplikasi editing foto all in one. Dengan menggunakan aplikasi ini, semua orang bisa melakukan banyak hal dalam mengedit dengan sederhana seperti mengubah pencahayaan, kontras, highlight, bayangan, rona, suhu warna, corak, vibrasi, dan saturasi. Bahkan, pengguna juga bisa mengatur kejernihan, menambahkan efek kabut, vignette, dan grain. Semua fitur tersebut bisa digunakan secara gratis, tanpa berbayar.

Unggul dalam editing foto, Adobe Lightroom juga unggul dalam segi tampilan user. Aplikasi ini memiliki desain yang sederhana namun tetap elegan dan profesional sehingga aplikasi ini mudah digunakan terutama bagi pemula. Tombol-tombolnya yang berukuran besar dengan tulisan yang jelas membuat pengguna mudah memahami dalam penggunaan aplikasi ini. Itulah mengapa Adobe Lightroom menjadi aplikasi editing foto favorit banyak orang, terutama para pecinta fotografi maupun selebgram yang saat ini menggunakan aplikasi ini untuk mengedit foto mereka agar terlihat keren.

Fitur Terbaik Adobe Lightroom

1. Adobe Lightroom Presets

Bagi pengguna khususnya pemula yang tidak ingin mengedit foto dengan susah, langsung gunakan presets yang telah tersedia. Hal itu dikarenaka Adobe Lightroom telah memili preset sendiri. Beberapa fotografer profesional pun kadang memiliki preset nya sendiri. Jika memang mereka menyediakan, maka preset tersebut dapat diunduh dan bisa digunakan untuk mengedit foto agar hasil editing terlihat sama

2. Format RAW

Apabila menginginkan hasil gambar yang lebih detail, setidaknya ketika mengambil foto, ambillah foto dengan format RAW. Format ini bisa dikatakan menghasilkan foto yang bagus karena tidak mengompres kualitas foto dan dapat menangkap semuanya melalui sensor kamera sehingga akan menghasilkan hasil foto yang bagus setelah dilakukan pengeditan.

3. Exposure dan Pencahayaan

Ketika mengedit dengan menggunakan foto yang didapat dari kamera handphone tentunya foto tersebut akan terlihat lebih gelap, bahkan terlalu terang. Untuk itulah mengapa perlu dilakukan editing foto agar menapatkan hasil foto yang bagus. Di Adobe Lightroom, pengguna bisa mengatasi sebuah foto yang terlihat gelap ataupun terang dengan mengatur exposure dan pencahayaannya. Apabila pengguna dapat mengaturnya dengan baik dapat dipastikan akan menghasilkan foto sesuai dengan keinginan.

4. Vibrance dan Saturasi

Jika menginginkan warna foto menjadi tajam, maka bisa mengatur vibrance dan saturasi. Ketika mengatur kedua hal tersebut, jangan terlalu tinggi karena bisa menghasilkan foto yang terlihat tidak alami

5. Atur white balance

Pengaturan ini dapat mengedit foto yang akan menghasilkan foto dengan efek yang spesial. Pengaturan ini digunakan untuk mendapatkan hasil foto yang realistis yang dilakukan dengan menggunakan tools eyedropper kemudian diarahkan ke area yang memiliki warna putih ataupun abu-abu

6. Noise untuk menghilangkan bintik-bintik

Pengaturan noise di sini biasanya digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik putih yang dihasilkan karena terlalu tingginya ISO. Jika ingin menghilangkannya, maka kurangi dengan menggunakan noise reduction.

7. Geometry

Perbaiki bentuk gambar apabila terlihat sedikit tidak beraturan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan fitur yang bisa didapatkan jika berlangganan ke akun premium. Fitur yang dimaksud adalah Geometry yang digunakan untuk meluruskan foto jika terlihat bengkok. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan guided upright.

Tutorial Adobe Lightroom

1. Install Aplikasi Adobe Lightroom

Download Adobe Lightroom

Agar bisa menggunakan aplikasi ini terlebih dahulu yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstallnya terlebih dahulu. Unduh di Google Play Store maupun App Store jika ingin menggunakannya di smartphone. Sedangkan untuk di PC, bisa didapatkan di toko-toko aplikasi yang tersebar di internet

2. Buka aplikasi Adobe Lightroom

Setelah terinstall, buka aplikasi. Di awal, pengguna akan diberikan pengenalan terlebih dahulu. Kalian bisa melewatinya dengan menekan “Skip atau Lewati”

3. Lakukan login apabila sudah memiliki akun Adobe

Login Akun Adobe

Jika telah memiliki akun Adobe, maka langsung klik “Sign In” kemudian masukkan email dan password yang digunakan. Hal itu berbeda jika belum memiliki akun, pengguna harus membuat akun terlebih dahulu. Selain menggunakan email dan password untuk login, pengguna bisa menggunakan akun Facebook atau akun Google, tergantung keinginan pengguna

4. Tambahkan item baru

Jika login telah sukses, maka aplikasi langsung menampilkan halaman utama Adobe Lightroom. Setelah itu, tambahkan item baru dengan klik pada bagian “New Item” untuk membuat Album. Setelah itu, beri nama pada album tersebut kemudian klik “OK”. Secara otomatis, album baru akan ditambahkan

5. Tambahkan foto dari memori penyimpanan perangkat

Setelah album ditambahkan, selanjutnya adalah buka album tersebut kemudian tambahkan foto ke dalam album tersebut melalui memori penyimpanan maupun kamera. Jika melalui kamera, maka klik ikon kamera. Sedangkan jika melalui memori penyimpanan, maka klik ikon bersimbolkan “bingkai dan tanda plus (+)”.

Pilih foto yang ingin diedit hingga muncul tanda berwarna biru pada lingkaran. Kemudian klik “Add” untuk menambahkan foto yang telah dipilih

6. Mulailah mengedit foto sesuai dengan keinginan

Setelah proses menambahkan foto selesai, langkah selanjutnya adalah mengedit foto sesuai dengan keinginan. Pilih foto yang ingin diedit kemudian secara otomatis pengguna akan dialihkan ke halaman pengeditan.

Di sini, pengguna akan menemukan berbagai tools yang digunakan untuk mengedit foto seperti Selective, Healing, Crop, Profiles, Auto, Light (Exposure, Contrast, Highlight, Shadow, White&Black, dan Curve), Effects (Clarity, Dehaze, Vignete, dan Grain), Color (White Balance, Temperature, Tint, Vibrance, Saturation, dan Mix), Detail (Sharpening dan Noise Reduction), Optics, Geometry, Preset, dan Reset.

Jika pengguna ingin mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan, maka bisa menggunakan saturation. Sedangkan jika ingin mendapatkan efek cerah pada foto, maka bisa menggunakan Contrast, Highlight, Exposure, dan Shadow.

7. Menyimpan foto

Menyimpan Foto

Setelah selesai melakukan pengeditan, langkah selanjutnya adalah menyimpan foto ke dalam perangkat. Klik tanda “titik tiga bercabang” di bagian tengah atas kemudian pilih “Simpan ke Perangkat” jika ingin menyimpannya di perangkat handphone.

Bagaimana? sangat mudah sekali kan penggunaan Adobe Lightroom untuk mengedit foto. Hasilnya pun pastinya akan sangat memuaskan. Hal itu terbukti aplikasi ini banyak digunakan para selebgram terkenal untuk memperbagus feed Instagram mereka. Jika kalian ingin mengedit foto seperti yang dilakukan para selebgram-selebgram,  maka tidak ada salahnya menggunakan aplikasi ini. segera download dan install aplikasi Adobe Lightroom di perangkat kalian!

To Top