Tech & Auto

Agar Tetap Eksis, Ini Tips Memilih Tongsis Yang Tepat

Tongsis atau tongkat narsis saat ini mudah ditemukan di pasaran. Tongsis berfungsi untuk mengambil foto dari jarak jauh. Sehingga cocok digunakan untuk selfie dengan angle yang pas. Tongsis dijual di banyak tempat, baik yang dijual secara offline maupun online. Harganya pun beragam mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Sebagai pembeli, kamu dituntut untuk mampu memilih tongsis yang tepat. Jangan sampai ponsel kesayanganmu jatuh gara-gara tongsismu tidak sesuai.

Lalu bagaimana memilih tongsis yang tepat agar kamu tak salah pilih? Yuk, simak beberapa tips berikut ini :

1. Kekuatan pengatur kemiringan

Saat membeli tongsis, kamu wajib memperhatikan kekuatan pengatur kemiringan. Bagaimana kekuatan tuas atau pengunci putarnya. Karena saat kamu akan mengatur kemiringan, pertama kamu harus melonggarkan kunci, mengubah sudut tongsis dan mengencangkan pengunci lagi.

Jangan memutuskan membeli sebelum memastikan ini. Bila terlihat kurang kuat, sebaiknya kamu mencari tongsis yang lain. Tak mau kan kalau ponselmu tiba-tiba jatuh saat melekat di tongsis?

2. Jenis tongsis

Tongsis awalnya hanya berfungsi menyangga ponsel atau disebut tongsis reguler. Namun kemudian muncul tongsis yang dilengkapi dengan tombol penjepret. Koneksi antara tongsis dengan ponsel pengguna memakai bluetooth.

Harga jual tongsis bluetooth tentu lebih mahal daripada tongsis reguler. Sayangnya, terkadang tongsis bluetooth kurang optimal jika dipadukan dengan ponsel tipe tertentu. Untuk kamu yang ingin penggunaan praktis dan mudah, pilihlah tongsis reguler dan padukan dengan tomsis atau tombol narsis jika dirasa perlu.

3. Desain clamp/holder

Bagian ini berfungsi untuk menjepit, memegang dan menopang ponselmu. Pilih holder yang sesuai dengan ukuran ponsel. Sebaiknya jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Idealnya sih, holder dilengkapi dengan karet atau busa untuk menjaga agar ponsel tidak tergores.

4. Panjang tongsis

Semua tongsis bisa ditarik ulur dengan panjang sesuai kebutuhan. Saat dipendekkan, umumnya tongsis memiliki panjang rata-rata 20 – 25 cm dan ketika dipanjangkan dapat mencapai 120 cm atau 1,2 meter. Agar lebih mudah digunakan untuk selfie, sebaiknya pilih tongsis yang dapat menjulur hingga 100 cm. Dengan begitu, kamu akan mudah mengambil foto dari berbagai sudut.

5. Kekuatan tongkat

Meski tongsis bisa ditarik ulur dengan maksimal, namun sebaiknya perhatikan pula kekuatan tongkatnya. Untuk panjang maksimal yang disarankan dan terbukti cukup kuat adalah 100 cm atau 1 meter. Jika lebih dari itu, umumnya akan sulit dilakukan pemotretan dan terkadang tongkat juga melengkung. Ini akan meningkatkan resiko jatuhnya ponsel kesayanganmu.

6. Harga tongsis

Penjual tongsis sangat mudah ditemukan baik offline maupun online. Tapi kamu perlu menentukan harga terbaik. Jangan hanya terpaku pada satu penjual saja, cobalah bandingkan harga tongsis dimana-mana. Biasanya, tongsis akan ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda, meski jenis dan bahan pembuatannya sama. Jadi, cermatlah dalam memilih harga tongsis yang tepat.

Nah, itulah 4 tips memilih tongsis yang perlu kamu cermati. Masih ada lagi tentang warna tongsis. Namun ini tergantung seleramu, apakah memilih tongsis warna merah muda, hitam atau biru. Yang pasti, dengan beberapa tips singkat diatas, kamu akan tetap eksis dengan pilihan tongsis yang tepat.

Semoga bermanfaat!

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top