Tech & Auto

Akhir Dari Sebuah Produk Bernama iPod

Generasi muda saat ini mungkin sangat familiar dengan istilah iOS, iMac, iTunes, iPhone tapi mungkin kebanyakan dari mereka akan mulai mengeryitkan kening ketika mendengar kata iPod. Bahkan ada di antara dari mereka mulai bertanya “Apakah iPod bagian dari Apple juga?”. Well, mereka tidak akan pernah tahu betapa susahnya dulu menabung hanya supaya bisa menenteng iPod kemana-mana, tak hanya supaya terlihat kekinian di jamannya tapi iPod memang salah satu hiburan ketika menunggu pergantian kelas di koridor kampus sementara smartphone masih merupakan barang langka saat itu dan iPod juga menjadi teman dikala harus bergadang mengerjakan tugas kuliah yang menumpuk.

Sejarah iPod

Pertama kali iPod diproduksi secara masal dan diperkenalkan pada tahun 2001 dalam bentuk iPod Classic generasi pertama dengan kapasitas 5 dan 10 GB. Pada saat itu sebuah gadget pemutar musik yang memiliki kapasitas sampai 10 GB sudah merupakan sesuatu yang wow, sementara kebanyakan orang masih harus bergantung dengan flash drive berkapasitas 125 MB. Namun penjualan iPod tidak terlalu baik sampai tahun 2004 dan iPod menjadi sebuah bagian revolusi dimana orang bisa mendengar musik tanpa harus memutar seluruh track yang ada. Pada tahun 2004, Apple mengeluarkan iPod Classic generasi ke empat layar warna pertama dengan pilihan kapasitas antara 20 GB, 30 GB, 40 GB dan 60 GB. Pada tahun yang sama, Apple kembali berinovasi memperkenalkan iPod Mini generasi pertama dengan kapasitas hanya 4 GB. Tapi iPod Mini segera tersingkirkan diganti dengan iPod Nano pada tahun 2005 diikuti dengan iPod Shuffle. Namun tak ada lagi inovasi pada iPod Nano sejak tahun 2010 sementara pada tahun yang sama Apple mengeluarkan iPod Touch generasi ke empat dengan teknologi yang lebih canggih dengan dua kamera untuk FaceTime dan kemampuan HD Video Recording. Tahun 2012 adalah tahun terakhir inovasi pada iPod Shuffle dan pada tahun 2017 resmi, iPod Nano dan Shuffle ditarik dari perederan dan hanya tinggal iPod Touch saja.

Akhir Dari Sebuah Produk Bernama iPod

Saat ini Apple hanya memproduksi iPod Touch saja karena sejak bulan Juli 2017 lalu, Apple resmi menarik iPod Nano dan Shuffle dari Apple Store. Itupun tak ada lagi inovasi terbaru dari iPod Touch sejak generasi ke enam dikeluarkan pada bulan Juli tahun 2015 yang lalu. Sekarang sudah tahun 2017 dan tak ada lagi update tentang produk iPod, mungkin hanya tinggal menunggu waktu sampai produk iPod benar-benar ditarik dari pasaran karena tentunya saat ini orang tak lagi ingin ribet karena semua produk smartphone sudah dilengkapi dengan memory yang mumpuni untuk menyimpan ribuan lagu bahkan Apple sendiri memiliki deretan produk smartphone (iPhone) yang sudah dilengkapi dengan iTunes player yang terintegrasi langsung ke Apple Store.

Seperti kebanyakan teknologi yang dulu sempat booming, sebut saja produk-produk Nokia, kamera film, boombox dan masih banyak lagi, iPod hanya salah satu dari banyaknya teknologi yang harus ditinggalkan dan digantikan dengan teknologi baru yang lebih canggih dan lebih praktis. Sama halnya dengan beberapa perusahaan teknologi yang akhirnya harus memutar otak agar bisa bersaing dengan cepatnya perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini. Intinya, bahkan perusahaan sekelas Apple juga harus benar-benar memutar otak agar dapat tetap berada di puncak persaingan, harusnya hal ini tidak menyurutkan semangat para generasi muda untuk terus berkembang karena selama ingin berusaha peluang untuk sukses itu selalu saja ada.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top