Tech & Auto

Akhirnya AMD Ungguli Intel Setelah 14 Tahun

Akhirnya AMD Ungguli Intel Setelah 14 Tahun

This post is also available in: English

Anda pasti tidak asing dengan produk prosesor Intel dan prosesor AMD. Intel dan AMD adalah dua produsen chip berasal dari Amerika Serikat. AMD adalah Advanced Micro Devices, Inc. Keduanya terus-menerus berkompetisi meraup market share prosesor dunia.

Selama bertahun-tahun, Intel mendominasi pasar sebagai prosesor (CPU) yang unggul di dunia. Namun dengan berjalannya waktu, saat ini pangsa pasar Intel semakin tergerus Advanced Micro Devices, Inc hingga kalah unggul.

AMD Ungguli Intel: Pertama Dalam Sejarah

AMD Ungguli Intel: Pertama Dalam Sejarah
AMD Ungguli Intel: Pertama Dalam Sejarah

Menurut laporan terbaru dari PassMark, firma benchmarking, pangsa pasar Advanced Micro Devices, Inctelah melampaui angka 1,6 persen melebihi Intel. Hasil Riset oleh PassMark pada 4 Januari 2021 menunjukkan bahwa pangsa pasar Intel tercatat memperoleh angka 49,2 persen. sedangkan AMD sebagai pesaing telah mencapai angka 50,08 persen.

PassMark menyatakan, prestasi yang AMD capai dalam mengungguli Intel ini pertama kalinya terjadi sepanjang 14 tahun terakhir. Jika melihat data 2019 sebagai acuan, Intel masih memimpin pasar jauh lebih besar bila terkomparasi dengan Advanced Micro Devices, Inc. Intel saat itu masih memimpin di angka 57,4 persen. Sementara sisanya adalah angka pencapaian AMD yakni hanya sekitar 42 persen.

Sebagaimana info terkini, Intel masih mendominasi sektor PC dengan pangsa pasar yang mencapai angka 83 persen. Sementara AMD hanya berada di angka 17 persen.

Pada November 2020 lalu, ada info lagi bahwa pengguna Steam yang menggunakan prosesor AMD tercatat pada angka 26,91 persen. Sedangkan jumlah pengguna Steam yang memakai prosesor Intel masih lebih unggul dengan kisaran angka 73,09 persen. Angka tersebut berdasarkan data yang dihasilkan dari survei yang dirilis oleh Steam.

Meski begitu, perlu juga Anda ingat bahwa tidak seluruh pengguna Steam yang terdaftar pada platform tersebut di data untuk survei. Sehingga angka dari hasil survei ini  hanyalah perkiraan dan tidak dapat menjadi pedoman yang pasti.

Prosesor AMD Lebih Murah Dari Prosesor Intel

Prosesor AMD Lebih Murah Dari Prosesor Intel
Prosesor AMD Lebih Murah Dari Prosesor Intel

Salah satu yang dapat jadi alasan kenapa prosesor AMD makin banyak peminatnya dari pengguna Steam, yaitu karena harga yang lebih terjangkau bila dariprosesor Intel. Selain itu, teknologi fabrikasi Advanced Micro Devices, Inckini juga lebih unggul.

Anda dapat melihat prosesor sery Ryzen keluaran Advanced Micro Devices, Incyang telah dimanufaktur menggunakan fabrikasi 7nm. Anda juga dapat melihat contoh keluarga Ryzen 5000 dengan arsitektur terbaru yaitu Zen 3. Lalu bandingkan dengan prosesor Intel yang tercanggih yakni dari keluarga Tiger Lake yang masih dibuat dengan fabrikasi 10nm.

Besaran angka fabrikasi ini berpengaruh dalam performa, karena bergantung dengan jumlah transistor yang ada. Semakin kecil angka fabrikasi, maka semakin banyak pula jumlah transistor yang dapat alat ini tampung.

Bila melihat sisi Brand, Intel memang lebih dahulu berdiri dan masyarakat luas kenal. Begitu juga dari segi kualitas dan performanya yang lebih unggul. Sebagai pendatang baru mereka sulit untuk memenangkan persaingan 10 tahun belakangan. seiring berjalannya waktu, AMD mulai terlihat kebangkitannya dengan mengeluarkan seri prosesor terbarunya yaitu Ryzen.

Meskipun harganya masih dibawah Intel, namun prosesor AMD satu ini memiliki performa yang dapat lebih unggul daripada Intel. Anda dapat melihat perbandingan antara kedua prosesor andalan kedua produsen tersebut.

Perbandingan Prosesor AMD Ryzen Dengan Prosesor Intel Core

AMD Ryzen 5 1600X memiliki kelebihan pada kecepatan karena memilki 6 x 3.6 GHz, thread yang dihasilkan pun lebih banyak dalam performa yang lebih cepat, serta multitasking yang lebih baik. Bila terkomparasi dengan Intel Core i7-7700 yang memiliki 4 x 3.6 GHz dan dengan beberapa spesifikasi lainnya yang hampir sama.

Dari pihak AMD sendiri pun mengaku bahwa AMD R5 1600X memiliki performa yang 69% lebih tinggi daripada Intel Core i5-7700 yang menggunakan benchmark Cinebench. Hal ini yang membuat AMD Ryzen dapat menyaingi produk Intel karena memiliki prosesor dengan kinerja yang lebih baik.

AMD Ryzen memiliki potensi overclocking yang hebat. Arti dari overclock yaitu tindakan dalam meningkatkan sebuah komponen clock rate, sehingga menjalankan komponen dengan kecepatan lebih tinggi dari asalnya.

Setiap seri Ryzen tidak terkunci sehingga pengguna bebas melakukan overclock asalkan chipset motherboard mendukung hal tersebut. Sedangkan Intel hanya seri yang menggunakan kode “K” yang dapat pada overclock.

Punya Performa Sebanding Dengan Harga Setengah Intel

AMD Punya Performa Sebanding Dengan Harga Setengah Intel
AMD Punya Performa Sebanding Dengan Harga Setengah Intel

Performa luar biasa dari AMD R5 1600X yang memiliki 6 core dan 12 threaded prosessor dengan base clock 3.3 GHz dan clok turbo 3.7 GHz dapatAnda beli dengan harga 259USD. Sementara Intel Core i7-6850K memiliki harga 2x lipat lebih mahal yaitu 610 USD, dengan base clock 3.6 GHz yang lebih cepat dari AMD Ryzen 5, serta turbo clock 3.8 GHz.

Yang lebih luar biasa lagi, selain performa Ryzen 5 yang mengalahkan prosesor Intel dengan clock yang lebih cepat pada benchmark CPU-Z, namun tidak membuat Ryzen mengkonsumsi daya berlebih. Justru konsumsi daya Ryzen 5 jauh lebih hemat dengan hanya memerlukan 95W. Bila terkomparasikan dengan TDP pada Core i7-6850K yang membutuhkan daya 140W.

Dari sini dapat kita ambil kesimpulan bahwa, AMD Ryzen 5 memiliki performa yang lebih baik dan bahkan bisa mengalahkan performa Intel i7 yang harganya jauh lebih mahal dalam benchmark CPU-Z.  Dengan demikian, Intel perlu mengantisipasi langkah pesat dari AMD Ryzen yang menawarkan keunggulan produk dari performa sekaligus harga.

Sebagai informasi terakhir, prosesor AMD Ryzen dipasarkan dalam tiga seri yaitu Ryzen 3, Ryzen 5, dan Ryzen 7. Yang bisa jadi kategori tersebut terinspirasi dari prosesor Intel seri Core i3, i5, dan i7.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top