Tech & Auto

Android OS dan Chrome OS Akan Melebur Jadi Satu

Alasan Mengapa Android Lebih Baik Daripada iPhone

Selama ini Google diketahui hanya memiliki satu sistem operasi saja. Padahal Google memiliki satu sistem operasi lainnya, yaitu Chrome OS. Rencananya, pihak Google akan meleburkan Chrome OS ini menjadi satu dengan Android OS dalam sistem operasi yang baru. Selama ini Android dipilih karena terbukti lebih populer jika dibandingkand engan Chrome OS.

Rencananya, gabungan antara Android OS dengan Chrome OS akan dirilis pada tahun 2016 mendatang. Jika keduanya digabung, maka Android OS juga akan bisa dijalankan melalui perangkat komputer desktop. Namun tentunya hal ini juga akan membutuhkan perubahan yang cukup besar dan dukungan terhadap Google Play Store.

Google memutuskan hal ini setelah Microsoft memperkenalkan fitur  Continuum pada sistem operasi Windows 10. Fitur Continuum ini membuat smartphone Windows 10 bisa dijadikan sebagai PC Desktop juga. Pengguna juga dapat memiliki pengalaman yang sama antar perangkat, baik PC maupun mobile.

Pihak Google pun akhirnya mengonfirmasi terkail penggabungan Chrome OS dan Android OS ini. Rencananya, preview dari sistem operasi gabungan akan didemonstrasikan pertama kali pada ajang Google I/O tahun depan. Langkah ini diambil oleh Google untuk mengurangi jumlah platform independen yang harus diurusi oleh pihak Google. Sehingga Google bisa lebih praktis dalam menangani sistem operasinya.

Seperti yang kita ketahui, saat ini Chrome OS memang dipakai pada sejumlah laptop Chromebook yang telah dikenal sebagai laptop handal dengan harga terjangkau. Beberapa aplikasi Android juga telah mendukung Chrome OS. Walaupun jumlahnya masih sedikit jika dibandingkan dengan Android sendiri. Selain itu, Google juga telah memperkenalkan laptop Android konvertibel bernama Pixel C pada bulan lalu. Laptop tersebut dapat dikatakan sebagai langkah yang akan diambil oleh perusahaan asal California tersebut.

Sebagai informasi tambahan, berikut ini merupakan beberapa kelebihan Chrome OS jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya yang sering digunakan di komputer.

  1. Sistem operasi dengan definitif baik untuk Personal Computer (PC) dan server
  2. OS Chrome 100% gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial. Pengguna tidak akan ditariki biaya sama sekali.
  3. Dua kali lebih cepat jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Windows XO dan Mac OSX. Tiga kali lebih cepat jika dibandingkan dengan sistem operasi Vista.
  4. Hampir semua Windows XP dan Mac OSX Emulation merupakan software built-in
  5. Sistem operasi Google Chrome dapat dijalankan hampir 99% perangkat lunak (software) asli dan dari seluruh Windows XO, Vista, dan Mac OSX Software.
  6. System Requirement minimal kebutuhan hardware: 600 MHz processor, RAM 256 MB, 1.5GB hard disk space.
  7. Bisa digunakan pada Tablet PC, PC , dan versi mobile.
  8. Bisa otomatis paralel dengan kecepatan tinggi pada pengolahan dengan Dual dan Quad Core prosesor
  9. Mendukung multicore
  10. Kemudahan yang sangan fantastis dalam instalasi, hanya dengan menyalin Google OS pada HDD yang diformat kemudian secara otomatis dia bisa menginstalnya sendiri.
  11. Didukung dengan format hard disk FAT32, NTFS, dan Linux.
  12. Google OS memproteksi kernel, HDD sistem file dan file sistem Google OS STOP dari semua hampir jenis Virus dan Spyware.
  13. Ratusan software gratis dengan men-download termasuk Google OS (Microsoft Office 100% kompatibel)
  14. Sempurna menjalankan Google Chrome, Gmail, Google Docs, dan berbagai layanan serta aplikasi Google lainnya.
  15. Tidak ada online dan offline periklanan, tidak ada virus, tidak ada spyware, dan tidak ada registrasi software bagi pengguna.
  16. Di Google, OS Chrome tidak terlalu tampak banyak task bar yang membingungkan.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top