Tech & Auto

Apa itu WannaCry dan Bagaimana Cara Kerja Ransomware?

Dua hari belakangan ini dunia dihebohkan dengan sebuah serangan cyber oleh sekelompok hacker yang berhasil melumpuhkan kegiatan beberapa organisasi di beberapa belahan dunia termasuk sistem Layanan Kesehatan Nasional Inggris (UK’s NHS), FedEx, Telefonica dan masih banyak lagi. Terakhir dilaporkan setidaknya 75.000 komputer dari 99 negara sudah terinfeksi virus WannaCry dan mungkin serangan kali ini termasuk salah satu serangan cyber terbesar dalam sejarah.

Apa itu Ransomware?

Dengan banyaknya pemberitaan ditelevisi tentang serangan ini mungkin masyarakat awam mulai bertanya-tanya apa itu WannaCry dan bagaimana cara kerja Ransomware sampai bisa menyebabkan segala kekacauan ini? Ransomware merupakan sebuah serangan cyber yang dilakukan oleh sekelompok peretas dengan cara mengambil alih penuh sebuah sistem komputer dan menghentikan semua akses ke sistem komputer tersebut sampai tebusan dibayarkan.

Malware WannaCry

Lalu Bagaimana Cara Kerja Ransomware?

Seperti yang sudah Anda ketahui tentang bagaimana cara penyebaran virus maka penyebaran ransomware juga tidak berbeda, dimana para peretas perlu menanamkan sebuah software ke dalam komputer yang akan diserang yang terjadi biasanya adalah para korban tidak menyadari bahwa mereka sudah mengklik link yang salah dan mendownload software jahat tersebut tanpa sengaja. Setelah itu maka peretas akan memiliki akses penuh terhadap sistem komputer tersebut.

Perusahaan-perusahaan besar dengan sistem sekuriti yang modern akan dapat dengan mudah mendeteksi ransomware dan kalaupun terlanjur terserang maka biasanya sistem sekuriti yang canggih dapat meminimalisir kerusakan tapi komputer-komputer milik perorangan sepertinya memiliki kesempatan yang lebih kecil baik dalam hal mendeteksi ataupun menghentikan serangan. Sebagai salah satu solusinya yaitu membayar uang tebusan yang diminta oleh pihak peretas dalam bentuk bitcoin atau lebih dikenal dengan online cryptocurrency.

Malware WannaCry

Apa itu WannaCry?

Pertanyaan berikutnya yang muncul adalah apa itu WannaCry? Walaupun mungkin siapapun yang komputernya terserang virus ini pasti WannaCry yang memiliki arti harfiah “Ingin Menangis”.  WannaCry berasal dari kata Wanna Decryptor yang merupakan sebuah program khusus ransomware yang berfungsi mengunci data pada sebuah sistem komputer dan hanya meninggalkan dua file untuk si pemilik komputer, pertama adalah program WannaCry dan instruksi untuk segera membayar uang tebusan. Mau tidak mau, si pemilik komputer harus mengklik file yang ada dan instruksi untuk melakukan pembayaran lengkap dengan tata cara untuk melakukannya akan muncul.

Serangan Ransomware WannaCry

Bagaimana Cara Melindungi Komputer Anda dari Serangan Ransomware

Cara terbaik untuk melindungi komputer Anda dari serangan ransomware adalah untuk selalu memiliki backup file untuk file-file penting di tempat yang sama sekali berbeda sehingga jika komputer Anda terserang ransomware maka Anda tidak akan kehilangan file penting tersebut. Namun cara tersebut memang tidak praktis dan berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mencegah komputer Anda terserang ransomware:

  • Waspada terhadap email phishing atau email yang terlihat asli seperti sebuah email dari atasan yang memerintahkan Anda untuk mengklik sebuah link yang ternyata adalah link download program WannaCry.
  • Jangan sembarangan mendownload applikasi dan program-program yang tidak jelas asal usulnya.
  • Jangan suka mengklik link sembarangan di internet jika asa usul link tersebut tidak jelas tidak perduli seberapa menarik judul link tersebut.
  • Selalu update antivirus komputer Anda karena anti virus terbaru akan mampu mendeteksi file-file mencurigakan atau bisa juga menggunakan antivirus yang bisa melakukan scanning file sebelum file tersebut didownload sehingga dapat mencegah ransomware menyerang komputer Anda.

Mencegah memang lebih baik dari pada mengatasinya, tapi jika sudah terlanjur serang, tetap saja dilarang untuk Anda mengirimkan tebusan seperti yang diminta oleh si peretas karena itu hanya akan membuat mereka ketagihan. Oleh karena itu penting untuk selalu memiliki backup file dan kalaupun tidak masih ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk merestore kembali semua file yang sudah hilang walaupun mungkin tidak sepenuhnya efektif.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top