Tech & Auto

Clubhouse, Aplikasi Berbasis Obrolan Yang Sedang Booming Di Perangkat iOS

aplikasi Clubhouse

This post is also available in: English

Belakangan ini, aplikasi Clubhouse menjadi perbincangan di seluruh dunia. Tidak hanya di Indonesia, aplikasi ini menjadi semakin booming apalagi setelah di gunakan oleh Elon Musk yang merupakan seorang jenius yang selalu memiliki ide brilian dan pendiri Tesla serta SpaceX.

Mungkin masih banyak orang yang asing dengan aplikasi Clubhouse ini. Clubhouse termasuk aplikasi media sosial, namun berbeda dari yang lainnya. Kira-kira, seperti apa sih aplikasi ini? mengapa aplikasi berdasarkan audio-chat ini dbilang cukup ekslusif dan tidak sembarang orang bisa menjadi anggotanya? bagaimana cara membuat akunnya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Aplikasi Clubhouse?

Clubhouse adalah sebuah aplikasi berbasis obrolan suara yang lebih berfokus pada konten audio untuk berinteraksi daripada teks. Aplikasi ini untuk mendengarkan obrolan dalam wawancara maupun diskusi mengenai berbagai topik secara live.

Banyak yang mengatakan jika Clubhouse merupakan sebuah wadah atau tempat belajar yang menarik. Dengan mendengarkan berbagai macam obrolan di aplikasi ini, pengguna bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru dari tokoh-tokoh yang menjadi pembicara di aplikasi ini. Selain itu, pengguna juga bisa bergabung secara aktif dalam grup pembicaraan apabila dibuat dalam format group discussion.

Jika ada suatu pertanyaan ataupun opini, maka pendengar bisa memilih logo “raise a hand” untuk mengajukannya. Nantinya, moderator bebas memutuskan apakah memberi izin untuk menyampaikan atau tidak. Jadi, aplikasi ini akan memberikan manfaat bagi pengguna untuk memperluas networking semaksimal mungkin.

Aplikasi ini memang seperti webinar namun gratis. Akan tetapi, aplikasi ini dibilang cukup eksklusif karena penggunanya tidak banyak. Clubhouse baru bisa digunakan oleh pengguna IOS saja. Jadi, untuk pengguna Android atau yang lainnya masih belum bisa membuat akun pada aplikasi Clubhouse.

Bagaimana asal usul aplikasi Clubhouse?

Aplikasi Clubhouse diciptakan oleh Paul Davidson, seorang pengusaha Silicon Valley dan mantan pegawai Google, Rohan Seth. Clubhouse dirilis di Amerika bertepatan dengan pandemi Covid-19 mulai melanda negara tersebut pada bulan Maret 2020,

Clubhouse berada di bawah naungan perusahaan Alpha Exploration Co. Ketika pengguna aplikasi ini masih mencapai 1.500 orang, perusahaan tersebut mendapat suntikan dana sebesar US$ 12 juta dari Andreessen Horowitz.

Nama aplikasi Clubhouse menjadi booming di seluruh dunia di tahun 2021, apalagi setelah digunakan oleh Elon Musk. Tidak hanya itu, hingga tanggal 1 Februari 2021, pengguna aplikasi ini sudah mencapai 2 juta dengan tingkat valuasi sekitar US$ 1 miliar. Tingkat valuasi yang seperti itu sudah bisa dianggap sebagai Unicorn.

Cara kerja aplikasi Clubhouse

Clubhouse
Ruang obrolan aplikasi Clubhouse

Aplikasi Clubhouse sebagai wadah bagi seseorang yang ingin mengadakan obrolan atau mendengarkan obrolan maupun diskusi dari tokoh-tokoh terkenal. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa ruang obrolan berbagai topik. Tiap ruang obrolan memiliki moderator, pembicara, dan pendengarnya. Moderator bertindak sebagai pengatur jalannya diskusi maupun siapa yang ingin berbicara dari pendengar.

Cara kerja dari aplikasi ini cukup sederhana. Seseorang yang telah memiliki akun akan menerima rekomendasi topik obrolan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Topik yang muncul berdasarkan pemilihan yang dilakukan di awal pendaftaran.

Setelah memilih topik, maka pengguna bisa bergabung dalam panggilan bersama dan mendengarkan materi yang sedang dibahas sesuai dengan topik yang dipilih dari sumber yang diakui kredibilitasnya.

Cara bergabung

Biasanya untuk bisa bergabung menjadi pengguna sebuah aplikasi, kita harus mengundung aplikasinya terlebih dahulu. Namun di aplikasi Clubhouse, pengguna bisa mengunduh aplikasi dan membuat akun setelah mendapat ajakan atau undangan dari pengguna lain terlebih dahulu. Jadi, apabila tidak mendapatkan undangan dari pengguna lain, maka kita tidak bisa mengunduhnya.

Pengguna yang diundang akan mendapatkan link yang dikirim melalui SMS. Link tersebut akan mengarah kepada halaman Sign Up aplikasi Clubhouse untuk pembuatan akun baru. Setelah akun terbuat, maka pengguna akan disajikan berbagai macam tema dan topik obrolan.

Pengguna Clubhouse memiliki batasan undangan untuk orang lain. Mereka hanya memiliki dua kesempatan untuk mengundang pengguna baru. Semua orang mungkin bisa mengunduh aplikasi ini, namun mereka tidak akan bisa bergabung kecuali ada teman yang memberi undangan atau mengizinkan untuk bergabung.

Saat ini, Clubhouse hanya tersedia untuk pemilik perangkat iOS saja. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa Clubhouse juga akan tersedia dalam versi Android di waktu dekat ini. Ya, kita tunggu saja.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top