Tech & Auto

Aplikasi Ilegal, Salah Satunya Aplikasi Clubhouse Akan Diblokir Di RI Mei Mendatang

Aplikasi Ilegal, Salah Satunya Clubhouse Akan Diblokir Di RI Mei Mendatang

Kementerian Komunikasi dan Informatika bakal memblokir semua aplikasi Android ataupun iOS yang tidak terdaftar secara resmi di RI Mei 2021. Salah satunya adalah aplikasi media sosial yang baru-baru ini ramai diperbincangkan, Aplikasi Clubhouse.

Juru bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi mengatakan bahwa Clubhouse masih belum tercatat di Kementerian Kominfo. Ia juga menegaskan bahwa seluruh PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) harus patuh terhadap Peraturan Menteri Kominfo No 5 Tahun 2020.

“Clubhouse belum tercatat di Kominfo dan kami berharap bisa mendaftar sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri 5/2020,” terangnya melalui keterangan tertulis, Kamis (18/2).

“Masa pendaftaran yaitu 6 bulan setelah Peratuan Menteri diundangkan pada tgl 24 November 2020. Peraturan ini berlaku bagi semua penyelenggara sistem elektronik, bukan hanya Clubhouse,” lanjutnya.

Dengan demikian, peraturan tersebut akan mulai berlaku pada 24 Mei 2021. Dedy menerangkan, aplikasi yang tidak terdaftar bakal diblokir, pemutusan akses, maupun penutupan atau penghapusan konten.

“Penyelenggara sistem elektronik yang tak mendaftar sesuai peraturan yang berlaku, bakal dikenai sanksi administrasi berupa pemutusan akses,” tegasnya.

Kewajiban melakukan pendaftaran ini dilakukan oleh PSE Lingkup Privat sebelum sistem elektronik mulai diluncurkan kepada pengguna. Menurutnya, pendaftaran tersebut bertujuan untuk menjaga ruang digital RI agar lebih sehat dan melindungi pengguna aplikasi.

Lihat Juga: Clubhouse, Aplikasi Berbasis Obrolan Yang Sedang Booming Di Perangkat iOS

“Proses pendaftaran tersebut merupakan proses biasa yang wajar, sama seperti pendaftaran usaha. Pendaftaran tersebut ditujukan untuk kepentingan pengguna dan ruang digital RI yang lebih sehat. Contohnya terkait dengan keamanan siber dan pelindungan data pribadi,” tuturnya.

Dedy juga mengatakan, masyarakat bisa memberikan aduan atau informasi terhadap PSE lingkup privat yang belum melakukan pendaftaran.

Aplikasi Clubhouse Berpotensi Dihapus

Kemenkominfo mengatakan aplikasi Clubhouse memiliki potensi untuk dihapus di Indonesia. Hal ini dikarenakan aplikasi layanan pesan berbasis audio tersebut belum tercatat sebagai PSE di RI. Kemudian dapat diakses kembali setelah aplikasi tersebut sudah melakukan pendaftaran ke Kominfo.

Aplikasi ini sendiri sama seperti media sosial lainnya, platform yang hanya ada di sistem operasi iOS ini menawarkan percakapan audio. Popularitasnya di RI langsung melonjak setelah CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk menggunakannya untuk berdiskusi.

Tidak seperti sosial media lainnya yang bisa mendaftar dengan bebas, aplikasi ini hanya dapat digunakan melalui undangan khusus. Pengguna tetap dapat mengunduhnya, tapi untuk mendaftar dan masuk, harus mendapat undangan lebih dulu dari pengguna lain yang telah memiliki akun Aplikasi Clubhouse.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top