Tech & Auto

Aplikasi Laut Nusantara Rilis Fitur Baru Dapat Mendeteksi Ikan Mahal

aplikasi laut nusantara - ikan laut

Aplikasi Laut Nusantara. Mungkin bagi masyarakat yang bukan nelayan pastinya asing dengan aplikasi tersebut. Tetapi bagi para nelayan, aplikasi tersebut sangatlah bermanfaat bagi mereka. Perlu diketahui, nelayan-nelayan dari berbagai daerah di Indonesia menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan mereka dalam mencari ikan. Hal itu dikarenakan aplikasi ini memberikan informasi mengenai sebaran ikan nasional, sebaran ikan pelabuhan dan sebaran ikan laut berdasarkan jenisnya.

Aplikasi yang dirilis pada tahun 2018 ini selalu mengupdate setiap fiturnya. PT XL Axiata Tbk bersama dengan Badan Riset dan Observasi Laut (BROL) telah sampai pada tahap pengembangan fase 4. Mereka merilis sebuah fitur baru yang sangatlah bermanfaat bagi nelayan. Kira-kira, seperti apa fitur baru pada aplikasi Laut Nusantara tersebut? yuk simak ulasannya di bawah ini.

Tahap pengembangan fase 4 dengan merilis fitur baru

Laut Nusantara merupakan sebuah aplikasi yang dibangun oleh PT XL Axiata Tbk bersama dengan Badan Riset dan Observasi Laut (BROL) untuk masyarakat Indonesia, khususnya para nelayan di seluruh penjuru nusantara.

Aplikasi ini ditujukkan bagi kalangan nelayan tradisional yang biasanya menggunakan peralatan tradisional dalam menangkap ikan dan beroperasi tidak lebih dari 20 mil dari garis pantai. Kini, aplikasi tersebut telah sampai pada tahap pengembangan fase 4.

Pada pengembangan baru ini, aplikasi Laut Nusantara merilis sebuah fitur baru. Fitur tersebut dapat menunjukkan keberadaan tiga jenis ikan yang bisa dibilang bernilai tinggi dan juga sulit ditangkap. Tiga jenis ikan tersebut diantaranya Lemuru Bali, Tuna Mata Besar, dan Cakalang.

Menurut Dr. Teja Arief Wibawa selaku Kepala Badan Riset dan Observasi Laut (BROL) menjelaskan bahwa Tuna Mata Besar dan Cakalang termasuk jenis ikan yang memiliki permintaan pasar yang tinggi. Sebagai contoh di tahun 2017, Indonesia dapat memasok lebih dari 16 persen produksi Tuna Mata Besar dan Cakalang yang akan disebarkan di seluruh dunia. Sementara untuk Lemuru juga memiliki nilai tinggi karena termasuk jenis ikan khas dan spesifik yang ada di Selat Bali.

Dengan adanya fitur terbaru dari aplikasi laut Nusantara dapat membantu nelayan untuk mendapatkan ikan-ikan bernilai tinggi. Ikan tersebut diantaranya: Lemuru Bali, Tuna Mata Besar, dan Cakalang sehingga dapat membantu peningkatkan pendapatan para nelayan. Menariknya, fitur ini sudah bisa digunakan oleh nelayan mulai dari Januari 2021.

Badan Riset dan Observasi Laut (BROL) lakukan uji coba fitur baru sebelum dirilis

Sebelum fitur ini dirilis ke publik, pihak Badan Riset dan Observasi Laut (BROL) melakukan uji coba terlebih dahulu di sejumlah lokasi yang diyakini sebagai titik keberadaan tiga jenis ikan yang dimaksud.

Hasilnya, tingkat ketepatan informasi sebaran Tuna Mata Besar dan Cakalang ini cukup tinggi antara 60 hingga 80 persen.

Namun, hal tersebut tergantung kondisi pada musim penangkapan ikan, karena aplikasi ini hanya memberikan informasi dan petunjuk tentang titik keberadaan tiga jenis ikan mahal tersebut.

Dengan demikian, ini akan memberikan peluang bagi nelayan untuk mendapatkan jenis-jenis ikan tersebut cukup besar.

Cara kerja fitur baru Aplikasi Laut Nusantara

Dr. Teja Arief Wibawa menjelaskan bahwa cara kerja fitur baru Aplikasi laut Nusantara berdasarkan data dari Laboratorium Riset Kelautan yang dikelola oleh Badan Riset dan Observasi Laut (BROL).

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa setiap jenis ikan pastinya memiliki tingkat kesesuaian habitat masing-masing. Hal itu berpengaruh pada pola hidup ikan, baik itu migrasi, perkembangan biak, dan kebiasaan makan.

Dari situlah, pihak Badan Riset dan Observasi Laut (BROL) membuat pemodelan tentang habitat atau keberadaan Tuna Mata Besar, Cakalang, dan Lemuru.

Dasar analisis pemodelan ini tidak hanya berasal dari kondisi permukaan laut meliputi suhu dan klorofil-a. Analisis lainnya mempertimbangkan kondisi lingkungan tempat ikan-ikan tinggal yang meliputi temperatur sub-surface, salinitas, dan arus

Perlu diketahui bahwa aplikasi laut Nusantara tidak hanya memberikan informasi akurat mengenai perkiraan lokasi keberadaan ikan. Selain itu juga memberikan informasi data tentang cuaca laut seperti kecepatan angin dan tinggi gelombang, perhitungan BBM, fitur panggilan darurat, potensi dan isu kelautan seperti terumbu karang, pelestarian biota laut ancaman pencemaran hingga informasi mengenai harga ikan hasil tangkapan di pasar.

Jangan khawatir dengan infomasi yang diberikan aplikasi Laut Nusantara ini karena data-data yang diberikan itu didapatkan langsung dari Balai Riset dan Obeservasi Laut sehingga dijamin akurat. Aplikasi ini dapat diunduh langsung dari Google Play Store untuk pengguna Android.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top