Tech & Auto

Rekomendasi 8 Aplikasi Streaming Musik Terpopuler 2020, Apa Saja?

aplikasi musik

This post is also available in: English

Perkembangan zaman yang semakin maju membuat banyak orang mudah untuk mengakses apapun, salah satunya mendengarkan musik. Saat ini kebanyakan orang-orang mendengarkan musik melalui streaming secara online. Hal itu dilakukan karena lebih praktis dan mudah.

Memang pada smartphone terdapat aplikasi mendengarkan musik bawaan yang sudah terpasang. Namun, jika ingin mendengarkan musik terlebih dahulu harus mengunduh lagu yang diinginkan. Nah, jika menggunakan aplikasi streaming musik, pengguna hanya perlu koneksi internet kemudian mencari lagu yang diinginkan di kolom pencarian lalu memainkannya. Berikut ini rekomendasi 5 aplikasi streaming musik terpopuler 2020. Yuk intip sama-sama.

1. Spotify

Spotify

Spotify merupakan aplikasi streaming musik yang paling populer diantara aplikasi lainnya. Aplikasi ini dikembangkan oleh Spotify Ltd. Di Indonesia sendiri, aplikasi ini baru tersedia pada tahun 2016. Di Google Play Store sendiri aplikasi ini telah diunduh lebih dari 500 juta kali unduhan dengan 20 juta ulasan. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa menikmati lagu, artis, album, dan playlist yang lengkap dan terupdate dengan sepuasnya beserta liriknya. Aplikasi ini bisa digunakan secara online maupun offline.

Musik yang disediakan aplikasi ini terdiri dari semua genre mulai dari RnB, Kpop, Dangdut, HipHop, Rock, dan masih banyak lagi. Hampir semua lagu yang ada di seluruh dunia tersedia di aplikasi ini. pengguna hanya tinggal memilij playlist, album baru, atau juga bisa meminta rekomendasi musika yang telah dipersonalisasikan.

Spotify bisa diakses secara gratis dengan fitur yang terbatas dan berbayar secara premium dengan fiturnya yang banyak. Selain bisa menikmati musik, aplikasi ini juga bisa mendengarkan siaran podcast yang membuat pengguna bisa mengikuti apa yang sedang disiarkan di dalam podcast tersebut.

Meskipun demikian, Spotify sendiri bisa dibilang memiliki kualitas yang cenderung standar namun tetap nyaman dimana ada beberapa aplikasi streaming musik lainnya yang memiliki kualitas suara yang lebih baik lagi dibandingkan Spotify.

2. Joox Music

Joox

Joox merupakan salah satu aplikasi streaming musik yang sangat direkomendasikan karena sebagai pilihan editor di Google Play Store. Sama seperti Spotify, aplikasi ini juga menyediakan musik dari genre apapun dari artis Indonesia maupun internasional beserta liriknya. Di samping itu, aplikasi ini juga menyediakan siaran live broadcast, music video, podcast, dan siaran radio. Di Google Play Store, aplikasi yang dikembangkan oleh Tencent Mobility Limited ini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali unduhan dengan 6 juta ulasan.

Agar pengalaman mendengarkan musik semakin oke, pengguna bisa mengunduh lagu kemudian mendengarkannya melalui Joox secara offline. Di aplikasi ini juga bisa merekomendasikan playlist yang sesuai dengan apa yang disukai pengguna. Untuk kualitasnya sendiri, aplikasi ini memiliki kualitas suara yang lebih baik daripada Spotify.

3. Musixmatch

Musixmatch

Musixmatch merupakan aplikasi streaming musik kedua yang masuk sebagai pilihan editor di Google Play Store dengan menyediakan koleksi lirik lagu dari seluruh dunia. Musixmatch telah diunduh sebanyak 50 juta lebih unduhan di Google Play Store dengan total ulasan 2,2 juta ulasan.

Aplikasi ini pernah masuk ke dalam daftar “Aplikasi Terbaik 2014”. Musixmatch dapat menyinkronisasi lagu dengan lirik sehingga ketika mendengarkan musik baik itu melalui Musixmatch, Apple Music, Spotify, SoundCloud, aplikasi musik bawaan handphone, YouTube, maupun aplikasi musik lainnya maka secara otomatis lirik akan muncul sesuai lagu yang dimainkan. Dengan menyentuh notifikasi real-time, maka widget Floating Lyrics akan tampil sesuai dengan lagu yang diputar.

4. Gaana Song Hotshots Video Musik

gaana

Gaana Song Hotshots merupakan aplikasi streaming musik yang menjadi pilihan editor ketiga setelah Joox. Aplikasi ini menyediakan semua lagu-lagu hindi favorit dan lagu dari film-film hindi. Dengan aplikasi ini pengguna bisa menikmati lagu dengan bahasa Hindi, Punjabi, Tamil, Telugu Patalu, Bhojpuri, Kannada, Malayalam, Bangla, Marathi, Haryanavi, dan bahasa daerah lainnya.

Selain itu, di aplikasi ini juga menyediakan lagu-lagu dengan trek bahasa Inggris dari arti-artis internasional seperti Ariana Grande, Maroon5, Ed Sheeran, dan lainnya. Dengan aplikasi ini pengguna bisa menemukan tangga lagu hindi yang menempati posisi teratas seperti Top 50 Bollywood, Top 50 Internasional, Top 20 India, Top 50 Punjabi, dan lainnya.

Selain menyediakan musik, aplikasi ini juga menyediakan hotshots, podcasts dan pertunjukan India, Komedi, Berita, Meditasi, Latihan, Ulasan Film, Astrologi. Di Google Play Store sendiri, aplikasi yang dikembangkan oleh Gamma Ganna Ltd asal India ini telah diunduh dengan total lebih dari 100 juta kali unduhan.

5. SoundCloud  – Musik & Audio

SoundCloud

SoundCloud merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk streaming lebih banyak musik dan audio. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa menemukan musik baru yang sedang up to date, podcast, dan berita. Di aplikasi ini tersedia lagu dari berbagai genre seperti hip hop, rock, elektronik, musik klasik, musik house, jazz, buku audio, dan masih banyak lagi. Di Google Play Store sendiri aplikasi ini telah diunduh  lebih dari 100 juta kali unduhan dengan 4 juta ulasan. 

Aplikasi ini banyak digunakan oleh sebagian musisi, band, podcaster, dan sebagainya untuk merekam suara melalui perangkat handphone baik Android maupun iOS. Selain itu, Soundcloud juga memungkinkan dapat digunakan untuk mencari artis baru untuk diikuti, merekam suara, membagikan hasil rekaman sendiri ke berbagai sosial media,  mendengarkan rekaman suara dari pengguna lain, dan bisa memberikan “like” maupun komentar.

6. Stream: Musik Gratis

Stream

Stream merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat memutar video musik secara gratis dan mendengarkan musik tanpa batas. Aplikasi ini adalah solusi terbaik untuk mendengarkan musik dari YouTube dimana aplikasi ini memberikan akses lebih dari 100 juta video tanpa iklan dan memungkinkan penggunanya memutarnya melalui popup terapung.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mencari artis favorit, membuat daftar putar sendiri, menemukan genre musik baru, dan menjelajahi lagu yang berada di tangga lagu teratas.

Aplikasi ini dikembangkan oleh MWM-Free music and audio apps for Android pada tahun 2016. Aplikasi ini ini telah diunduh lebih dari 50 juta kali unduhan.

7. Google Play Music

Google Play Music

Google Play Music merupakan aplikasi pemutar musik yang selalu ada di setiap ponsel Android. Dengan aplikasi ini tentunya pengguna bisa menemukan jutaan lagu dari semua genre. Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh Google LLC ini bisa digunakan mendengarkan musik dari lagu-lagu yang tersimpan di perangkat ponsel.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendengarkan radio dan podcast. Jika pengguna berlangganan akses on-demand, maka pengguna akan mendapatkan akses ke lebih 35 juta lagu. Selain bisa diakses secara gratis, aplikasi ini juga dapat diakses secara berbayar. Jika pengguna berlangganan, maka pengguna akan diberikan akses menonton YouTube tanpa adanya iklan.

8. Apple Music

Apple Music

Apple Music merupakan aplikasi streaming musik khusus untuk pengguna iPhone. Aplikasi ini dirilis untuk menggantikan layanan musik di iPhone sebelumnya yaitu iTunes. Fitur yang dimiliki Apple Music pun dinilai lengkap. Aplikasi ini menyediakan koleksi perpustakaan musik yang tidak kalah lengkap dari aplikasi lain.

Mengenai kualitas, musik yang diputar di Apple Music memiliki kualitas suara yang bagus. Namun, aplikasi ini tidak bisa diakses secara gratis karena dari awal Apple mewajibkan jika ada pengguna ingin menggunakan Apple Music maka harus melakukan pembayaran yang ditagihkan.

Nah itulah rekomendasi 8 aplikasi streaming musik terpopuler 2020 yang wajib untuk dicoba. Aplikasi-aplikasi di atas bisa kalian dapatkan melalui Google Play Store maupun App Store. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian. Selamat membaca.

To Top