Tech & Auto

Daftar Aplikasi Yang Paling Banyak Digunakan Saat Pandemi Covid-19

Daftar Aplikasi Yang Paling Banyak Digunakan

This post is also available in: English

Di masa pendemi seperti sekarang ini banyak kegiatan yang alihkan di rumah, bahkan ada yang diliburkan. Seperti halnya pekerja yang beralih ke Work From Home hingga siswa maupun mahasiswa yang belajar melalui daring. Hal itu memang bertujuan untuk menjaga diri kita sendiri agar terhindar dari virus Covid-19 yang saat ini sedang melanda dunia, bahkan Indonesia.

Ketika kita melakukan hal tersebut dari rumah tentunya kita harus memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Kemajuan teknologi yang dimaksud bisa berupa aplikasi yang dapat membantu kita dalam melakukan pekerjaan maupun belajar untuk siswa sehingga pembelajaran masih tetap berjalan untuk siswa dan untuk pekerja pun tugas-tugasnya tidak akan menumpuk.

Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa membantu kita dalam melakukan sesuatu, baik itu dalam hal pekerjaan maupun pembelajaran di kelas. Saat ini, beberapa aplikasi yang dimaksud menjadi aplikasi yang banyak digunakan saat pandemi. Kira-kira apa saja aplikasi-aplikasi tersebut?  yuk simak baik-baik.

1. Zoom Cloud Meetings

Zoom Cloud

Sebuah aplikasi yang digunakan untuk pertemuan secara online yang dapat menampung hingga 100 orang adalah Zoom Meeting. Zoom bisa dikatakan sebagai aplikasi nomor satu dalam hal memberikan kepuasan pengguna karena memberikan pengalaman komunikasi yang baik dan kualitas video yang diberikan sudah HD. Dengan menggunakan Zoom, pengguna bisa berkomunikasi dengan banyak orang dimana saja dan kapan saja.

Saat ini, aplikasi Zoom sangat membantu pengguna dalam melakukan pekerjaan. Biasanya Zoom digunakan untuk meeting secara virtual. Tidak hanya digunakan pekerja kantor untuk meeting, Zoom juga biasanya digunakan siswa maupun mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran daring.

Di beberapa kampus, Zoom juga biasanya digunakan untuk melakukan wisuda online.

Dulu, mungkin masih sedikit orang yang menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi. Namun karena adanya Covid-19 ini, Zoom menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan saat pandemi. Dengan demikian, pihak dari pengembang aplikasi ini yaitu Zoom.us berusaha untuk selalu mengupdate fitur-fitur baru yang lebih baik lagi dari sebelumnya.  Di tengah pandemi ini, pengguna Zoom tercatat mencapai 200 juta penggunaan harian di minggu terakhir bulan April 2020.

2. Skype

Skype

Sama seperti Zoom, Skype juga merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengobrol dengan banyak orang, baik itu panggilan suara, video maupun mengirim pesan instan. Dengan menggunakan Skype membuat banyak pengguna bisa terhubung dengan pengguna lain di berbagai negara.

Skype memberikan panggilan vide dengan kualitasnya yang HD. Salah satu bagian Skype yang banyak digunakan adalah Skype for Business yang mana aplikasi ini banyak digunakan untuk bidang bisnis. Dalam aplikasi ini memiliki fitur untuk mengontrol video conference, mencari kontak email maupun nomor telepon, dan mendeteksi keterlibatan pengguna di bisnis.

3. Google Meet

Google Meet

Salah satu aplikasi yang juga digunakan untuk berkomunikasi melalui panggilan video buatan Google LLC pada Maret 2017. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang akan menggantikan Google Hangouts selain Google Chat.

Aplikasi ini bisa memuat panggilan video maksimal 30 peserta. Di tengah pandemi Covid-19, pengguna Google Meet bertambah mencapai 30% antara bulan Januari hingga April 2020 dengan 100 juta pengguna yang mengaksesnya satu hari dimana hal itu membuatnya menjadi aplikasi terpopuler dibandingkan aplikasi panggilan video yang lebih dulu hadir dan populer.

4. Gmail

Gmail

Layanan yang digunakan untuk berkirim surat elektronik berbasis web terbesar dengan total sebanyak 425 juta pengguna aktif dari seluruh dunia. Dengan berkirim pesan melalui email tentunya jauh lebih mudah dibandingkan melalui kantor pos atau jasa ekspedisi lainnya. Melalui email juga lebih formal dibandingkan aplikasi chat lainnya.

Selain pesan, email juga bisa digunakan untuk mengirim lampiran hingga 25 MB dimana hal itu lebih besar dibandingkan layanan surat web lainnya.

Di tengah pandemi ini, email sangatlah berguna. Bagi pekerja yang bekerja di rumah, email bermanfaat untuk mengirimkan laporan-laporan terkait pekerjaan maupun pekerjaan dari bos yang dikirimkan kepada pekerjanya untuk diselesaikan. Sedangkan untuk mahasiswa, email sangat berguna untuk mengirimkan tugas dari dosen maupun draft skripsi yang dikirim ke dosen pembimbing.

5. WhatsApp

Whatsapp

Sama seperti Gmail, WhatsApp merupakan platform yang digunakan untuk berkomunikasi melalui pesan, panggilan suara maupun video tanpa menggunakan pulsa karena aplikasi ini bisa digunakan ketika ponsel terhubung dengan internet. Pengguna WhatsApp sendiri sudah mencapai 2 miliar dari seluruh dunia dimana angka tersebut naik 500 juta dari 1,5 miliar di tahun 2018.

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi berkirim pesan paling populer saat ini mengalahkan BBM (BlackBerry Massenger), Line, ataupun aplikasi chatting lainnya. Aplikasi ini dilengkapi dengan beragam fitur yang bisa memudahkan seseorang untuk melakukan kegiatan dari rumah, baik itu untuk bekerja maupun untuk mengikuti pembelajaran dari guru melalui daring.

Biasanya, WhatsApp digunakan oleh guru untuk memberitahukan tugas-tugas yang harus dikerjakan siswa sesuai dengan materi yang diajarkan. Guru membuat grup khusus kelas yang digunakan untuk menyebarkan tugas-tugas. Hal itu juga berlaku untuk mahasiswa dimana mereka membuat grup untuk menyebarkan informasi terkait perkuliahan. Dalam pekerjaan pun juga membutuhkan grup yang ada di WhatsApp untuk menyebarkan informasi terkait pekerjaan atau informasi baru yang harus diketahui oleh pekerja.  

Nah itulah daftar aplikasi yang paling banyak digunakan di tengah pandemi Covid-19 ini. Salah satu dari aplikasi di atas pastinya ada yang terpasang di ponsel kalian yang digunakan untuk berkomunikasi. Seperti halnya WhatsApp. Untuk aplikasi lainnya, kalian bisa mengunduhnya melalui Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

Semoga apa yang diulas di dalam tulisan ini bermanfaat bagi kalian terkait aplikasi yang saat ini paling banyak digunakan khususnya ketika melakukan kegiatan dari rumah. Untuk kalian pembaca tulisan ini, jaga kesehatan ya dan patuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan. Selamat membaca.

To Top