Tech & Auto

Aplikasi Zoom Pada Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19

Aplikasi Zoom

This post is also available in: English

Aplikasi Zoom saat Pandemi Covid-19 membawa dampak besar bagi dunia.

Sejak WHO secara resmi mengatakan bahwa virus Corona adalah pandemi global, maka pemerintah mengambil kebijakan yang bertujuan untuk menyelamatkan negaranya yaitu dengan memberhentikan semua kegiatan yang biasanya dilakukan dengan tatap muka untuk sementara waktu dilakukan dari rumah termasuk pembelajaran di sekolah.

Kebijakan tersebut tentunya membuat sekolah-sekolah meliburkan siswanya sementara waktu dan mulai merombak cara belajar mereka agar pembelajaran tetap berjalan seperti biasanya meskipun dengan cara yang berbeda.

Pembelajaran tersebut dikenal dengan istilah pembelajaran secara daring atau online. 

Pembelajaran secara daring bisa dikatakan sebagai pembelajaran yang dilakukan secara online tanpa harus tatap muka di kelas dengan memanfaatkan teknologi yang ada dengan harapan bisa tetap melaksanakan sebagaimana tugasnya sebagai seorang guru.

Meskipun kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah, guru harus tetap memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Guru memastikan siswa mengikuti pembelajaran di waktu yang bersamaan meskipun di tempat yang berbeda.

Dengan adanya kejadian ini, setidaknya guru harus mengerti tentang teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman sehingga ketika ada kejadian seperti ini guru tidak akan mengalami kesulitan. Guru harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada dengan sebaik mungkin untuk melakukan pembelajaran secara daring.

Meskipun pembelajaran dilakukan secara daring, para pendidik harus mampu menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan ringan sesuai dengan materi yang diajarkan agar mudah dipahami oleh siswa.

Aplikasi Zoom

Salah satu pemanfaatan teknologi yang bisa digunakan untuk pembelajaran adalah dengan menggunakan aplikasi yang saat ini sedang populer di tengah pandemi Covid-19 yaitu Zoom.

Zoom merupakan sebuah aplikasi layanan video berbasis Cloud yang digunakan untuk bertatap muka dengan orang lain secara virtual. Eric Yuan pembuat aplikasi ini yang dirilis pada Januari 2013.

Aplikasi Zoom ini bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang memang tidak bisa dilakukan secara tatap muka seperti yang terjadi saat ini dimana banyak kegiatan yang dirumahkan, salah satunya sekolah.

Aplikasi Zoom ini yang sangat cocok digunakan untuk pembelajaran daring. Hal itu dikarenakan aplikasi ini memiliki kualitas gambar dan audio yang sudah HD sehingga siswa bisa mendengarkan secara jelas materi yang dijelaskan oleh guru dan bisa melihat secara jelas siapa saja yang mengikuti kelas online tersebut.

Selain itu, adanya fitur yang dapat merekam setiap percakapan yang sedang berlangsung sehingga meskipun pembelajaran telah usai, siswa masih bisa melihat kembali pembelajaran yang telah usai dalam bentuk hasil rekaman.

Zoom bisa diakses melalui Windows, iOS, maupun Android. Cara menggunakan aplikasi Zoom pun sangat mudah. Biasanya untuk siswa yang duduk di sekolah dasar masih dibantu orang tuanya karena memang masih belum mengerti mengenai keseluruhan aplikasi.

Lain halnya dengan siswa yang sudah  duduk di bangku SMP, SMA, mahasiswa hingga yang sudah kerja, mereka pasti sudah bisa melakukannya sendiri meskipun masih perlu bantuan orang lain.

Meskipun demikian, masih banyak orang terutama yang berasal dari desa pedalaman yang belum bisa menggunakannya. Berikut ini langkah-langkah menggunakan aplikasi Zoom:

Cara Menginstal Aplikasi Zoom

Untuk melakukan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi ini tentunya harus menginstal terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia di Android maupun PC. Berikut ini cara menginstal aplikasi Zoom:

Aplikasi Zoom untuk Android

Aplikasi Zoom untuk Android
  • Buka Google Play Store
  • Ketik “Zoom” di kolom pencarian
  • Klik “unduh”. Tunggu hingga proses download selesai
  • Buka aplikasi Zoom kemudian pilih “Sign In”. Jika belum memiliki akun, maka pilih “Sign Up”.
  • Masukkan email dan password yang digunakan untuk mendaftar akun.
  • Jika sudah masuk, pilih menu “setting” kemudian carilah “Personal Meeting ID”
  • Copy Meeting ID kemudian kirim ke siswa agar bisa bergabung ke dalam pembelajaran daring untuk mendapatkan materi pelajaran

Aplikasi Zoom untuk PC / Windows

Aplikasi Zoom Untuk PC
  • Buka browser yang biasanya digunakan untuk searching
  • Ketik “Zoom.us” kemudian akses websitenya
  • Pilih “Sign In” jika sudah memiliki akun dan pilih “Sign Up, It’s Free” jika belum memiliki akun
  • Masukkan email dan password yang digunakan ketika mendaftar
  • Pilih menu “Invite” untuk mengundang teman yang ingin bergabung dengan alamat email nya
  • Setelah selesai, pilih “Start Meeting Now” untuk memulai melakukan pembelajaran daring

Cara menyalakan suara

Setelah login ke Zoom dengan menggunakan akun yang sudah terdaftar sebelumnya, aktifkan suara dengan mengklik simbol “speaker” yang terletak di bawah video

Cara mematikan suara

Jika ingin mematikan suara ketika pembelajaran berlangsung, caranya cukup mudah yaitu hanya dengan menekan tombol “Unmute”. Cara tersebut dilakukan agar tidak menganggu guru atau pembicara yang sedang menerangkan materi pembelajaran.

Cara mengaktifkan dan mematikan gambar atau video

Untuk mematikan gambar atau video dalam aplikasi Zoom, caranya cukup mudah. Cukup dengan menekan “Stop Video” sedangkan jika ingin mengaktifkan lagi, cukup tekan tombol “Start Video”.

Cara mengganti background

Jika ada yang tidak ingin menunjukkan background ketika melakukan pembelajaran daring, maka cukup masuk ke fitur Video Setting kemudian klik Virtual Background. Setelah itu, pilih background yang sudah disediakan oleh aplikasi Zoom. Selain itu, bisa juga memakai background lain, klik “add image”.

Aplikasi Zoom menjadi salah satu aplikasi populer yang digunakan untuk memberikan materi pelajaran tanpa harus tatap muka di kelas. Meskipun demikian, masih banyak  yang mengatakan jika pembelajaran melalui aplikasi seperti Zoom dinilai kurang efektif. Hal itu dikarenakan materi yang disampaikan secara daring belum tentu dipahami oleh semua siswa.

Sistem pembelajaran daring kebanyakan hanya memberikan tugas kemudian dikumpulkan ketika siswa akan masuk sekolah tanpa adanya penjelasan mengenai materi yang diajarkan. Hal itulah berdampak pada siswa yang memiliki kelemahan dalam pemahaman materi. 

Selain itu, masih banyak daerah-daerah yang kurang siap dengan adanya sistem pembelajaran daring ini. Hal itu dikarenakan pembelajaran secara daring membutuhkan jaringan internet, sementara itu masih banyak daerah-daerah yang masih terbatas dalam jaringan internet.

Di samping itu, keterbatasan media juga menjadi salah satu faktor penghambat dilaksanakannya pembelajaran secara daring terutama sekolah-sekolah yang ada di daerah ujung dengan akses jalanan yang sulit ditempuh.

Pembelajaran secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom ini menjadi solusi yang paling efektif untuk pembelajaran di rumah sehingga materi tetap bisa tersampaikan.

Hal itu bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang memang masih belum bisa teratasi hingga saat ini. Kerja sama yang baik antara sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa menjadi faktor penentu keberhasilan pembelajaran daring dengan memanfaatkan aplikasi Zoom.

To Top