Tech & Auto

Apple Rilis AirTag, Perangkat Yang Cocok Untuk Si Pelupa

Apple Rilis AirTag, Perangkat Yang Cocok Untuk Si Pelupa

Setelah menjadi rumor sejak lama, Apple akhirnya meluncurkan AirTag. Perangkat yang jadi pesaing SmartTag buatan Samsung ini akan cocok digunakan bagi orang yang sering lupa, kenapa?

“Kami sangat senang bisa menghadirkan kemampuan baru yang luar biasa ini ke pengguna iPhone dengan mengenalkan AirTag. Menggunakan jaringan Find May yang luas untuk membantu pelacakan dan menemukan barang penting di dalam kehidupan mereka,” kata Apple’s vice president of Worldwide iPhone Product Marketing, Kaiann Drance.

Seperti yang telah diungkapan Drance sebelumnya, AirTag memiliki fungsi untuk membantu pelacakan dan menemukan item melalui aplikasi Find My Apple. Perangkat ini berbentuk bulat menyerupai pin dan sangat ringan. Karena itulah perangkat ini bisa dipasang di ransel, kunci, dompet, atau barang lainnya. Untuk memudahkan pemasangannya, Apple menyediakan aksesoris penyimpan yang terjual secara terpisah.

Lihat Juga: Galaxy SmartTag, Aksesoris Samsung Bisa Lacak Benda Kesayangan Yang Hilang

Perangkat ini terbuat dari baja tahan karat dengan ukiran presisi serta tahan air dan debu IP67. Bagian dalamnya terdapat speaker internal pemutar suara untuk membantu menemukannya. Apple juga menyematkan akselerometer dan juga Bluetooth LE pada bagian dalam perangkat. Untuk baterainya sendiri dapat bertahan hingga satu tahun.

Cara Mengoneksikan AirTag ke iPhone

Seperti AirpPods, pengguna hanya perlu mendekatkan AirtTag ke iPhone, nanti akan muncul sebuah pop-up permintaan untuk menghubungkannya. Setelah berhasil terhubung, pengguna dapat mengubah nama perangkat, misal tas, jaket, atau kunci.

Setelah pengaturan akan muncul pada tab baru di aplikasi Find My, dimana pengguna bisa melihat letaknya saat ini ataupun lokasi terakhir di peta. Jika lupa meletakkan item tapi masih berada di jangkauan Bluetooth, pengguna bisa menggunakan Find My untuk memutar audio dari AirTag untuk menemukannya. Selain itu, pengguna juga bisa meminta Siri untuk menemukan item yang di cari, jika berada di sekitar, AirTag akan membunyikan suara.

Setiap perangkat milik Apple ini dibekali dengan chip U1 yang menggunakan teknologi Ultra Wideband. Teknologi tersebut memungkinkan pencarian bagi pengguna iPhone 11 dan 12. Teknologi tersebut lebih akurat dalam menentukan jarak dan arah menuju AirTag yang hilang saat di dalam jangkauan.

Cara Kerja Perangkat

Ketika pengguna bergerak, fitur pencarian presisi akan menggabungkan masukan dari giroskop, ARKit, akselerometer, dan kamera. Kemudian pengguna akan dipandu menuju AirTag menggunakan haptik, visual, dan juga umpan balik suara.

Apabila perangkat ini terpisah dari pemiliknya dan di luar jangkauan Bluetooth, Find My bisa digunakan untuk membantu pelacakan. Jaringan Find My akan mendekat ke satu miliar perangkat Apple dan bisa mendeteksi sinyak Bluetooth dari perangkat yang hilang dan menyampaikannya ke pemilik.

Lihat Juga: MacBook Air 2020 dan Pro 13 Inch Gunakan Chip M1 Buatan Apple Sendiri

Selain itu, pengguna juga bisa menempatkan Mode Hilang pada perangkat yang nantinya Find My akan memberi tahu jika sudah berada dalam jangkauan. Apabila perangkat tersebut ditemukan orang lain, mereka bisa mengetuknya dengan iPhone atau perangkat NFC. Nantinya mereka akan diarahkan ke laman website yang menampilkan nomor telepon atau kontak pemilik, asalkan sebelumnya telah dicantumkan.

Perangkat ini juga mendukung untuk fitur aksebilitas iOS, dimana penemuan presisi akan menggunakan VoiceOver. Misalnya, bisa mengarahkan pengguna rabun ataupun tunanetra ke AirTag menggunakan petunjuk arah, seperti “AirTag berjarak satu kaki di sisi kiri anda”.

Perangkat terbaru milik Apple ini mulai dijual pada Jumat (25/4/2021) seharga USD 29 atau sekitar Rp 421.000. Apabila ingin lebih hemat, anda bisa membeli dalam bentuk paket yang berisi 4 buah AirTag dengan harga USD 99 atau Rp 1,4 juta. Sedangkan aksesori gantungan kunci dijual mulai dari harga USD 29 atau Rp 421.000.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top