Tech & Auto

Baterai Laptop Sering Nge-drop? Lakukan Trik Ini untuk Menghemat Penggunaannya!

baterai laptop

Laptop merupakan salah satu barang elektronik yang sifatnya bisa dikatakan cukup vital. Pekerjaan kita di zaman ini cenderung sering membtuhkan laptop entah untuk membuat tulisan, gambar, video, bahkan mencari informasi dengan bantuan internet. Meski beberapa produsen kini telah memproduksi gadget yang mampu menggantikan peran laptop sehingga lebih simple dan efisien, namun tak bisa ditampik bahwa sebagian orang masih menyukai penggunaan laptop untuk kebutuhan pekerjaan mereka setiap harinya.

 

Sebagai salah satu perangkat yang cukup dibutuhkan oleh masyarakat kini, berbagai produsen elektronik berlomba-lomba menciptakan produk laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Mereka melakukan inovasi setiap waktu sehingga setiap kali rilis produk baru selalu bisa menjadi produk andalan. Salah satu penilaian penting bagi konsumen yang dipertimbangkan oleh produsen adalah baterai laptop.

 

Baterai laptop merupakan nyawa bagi laptop itu sendiri. Kerap kali pengguna yang tidak bisa merawat laptop dengan baik akan sering mengalami kerusakan pada bagian baterai. Tentu saja biaya perbaikan atau mungkin penggantian tidak sedikit. Baterai laptop menjadi salah satu komponen termahal di laptop itu sendiri. Nah untuk membantu Anda memiliki laptop dengan baterai yang awet, kami menyediakan trik menghemat baterai laptop. Beberapa trik dan tips berikut bertujuan untuk memperpanjang umur baterai serta tetap menjaga kinerja laptop itu sendiri. Berikut ulasan singkatnya.

 

  1. Usahakan untuk melakukan penonaktifan dekstop gadget pada laptop seperti jam, kalender, dan lain-lain. Jam pada desktop membutuhkan pembaruan setiap saat dan ini jelas akan menggunakan daya baterai lebih banyak daripada ketika Anda tidak menggunakannya.
  2. Lakukan setting pada Skema Daya dan jadikan On serta tentukan waktu sesuai dengan kebutuhan.
  3. Lakukan pengurangan efek visual pada laptop misalnya mengurangi animasi maupun shadows yang biasanya digunakan untuk mempercantik layar desktop laptop.
  4. Uninstall beberapa aplikasi yang dirasa tidak diperlukan dan tidak bersifat vital. Biasanya ketika baru membeli laptop, Anda akan diberi beberapa aplikasi bawaan dari toko. Pilah pilih mana yang dirasa perlu untuk di install dan hindari yang dirasa tidak ada perlu atau manfaat berarti bagi Anda.
  5. Anda juga bisa menonaktifkan Service yang sekiranya tidak diperlukan. Biasanya ada aplikasi bernama Indexing yang sangat jarang digunakan dan Anda bisa menonaktifkan aplikasi tersebut. Aplikasi Indexing ini kerap kali diketahui menguras daya baterai laptop cukup besar.
  6. Jika Anda ingin menggunakan program anti virus, lebih baik Anda pikirkan dan pilah pilih secara cermat serta gunakan program yang asli. Menggunakan program palsu akan merusak laptop Anda karena bisa jadi program tersebut justru membawa virus. Sedangkan terlalu banyak menggunakan program anti virus akan memboroskan daya baterai laptop.
  7. Usahakan untuk menggunakan Mode Hibernate. Mode ini lebih baik dibandingkan dengan Mode Sleep karena pada Mode Hibernate semua aplikasi akan dipulangkan ke harddisk ketika laptop dimatikan. Hanya saja sebagai tambahan bila laptop Anda menggunakan laptop dengan RAM berkapasitas di bawah 4 GB. Selebihnya, Anda disarankan untuk menggunakan Mode Sleep.
  8. Rajin-rajinlah untuk membersihkan laptop supaya bebas dari kotoran dan debu.
  9. Kurangi pencahayaan pada layar laptop untuk mengurangi pemakaian baterai laptop.
  10. Ketika Anda tidak perlu menggunakan flashdisk maupun perangkat yang harus tertancap pada laptop, sebaiknya segera cabut karena hal itu berpotensi memakan daya baterai yang lumayan besar.

Itulah ulasan singkat mengenai trik menghemat baterai laptop. Dengan memperlakukan laptop secara baik, khususnya untuk baterai laptop, akan memperpanjang usia penggunaan laptop sehingga Anda tidak akan mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk perangkat satu ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top