Tech & Auto

Begini Caranya Menggunakan Google Maps Offline

Anda suka berjalan-jalan? Sering menggunakan google maps? Mungkin Anda harus mencoba menggunakan google maps offline. Offline? Ya, google maps bisa digunakan offline dan sebenarnya wacana ini sudah ada sejak pertengahan tahun 2015. Pada akhirnya kini wacana tersebut pun sudah bisa dirasakan oleh beberapa pengguna.

Untuk bisa menggunakan aplikasi google maps secara offline, Anda harus membuka terlebih dahulu aplikasi google maps yang ada di gadget. Apabila terdapat tiga kombinasi yang terdiri dari save, share, dan download, ini menunjukkan bahwa google maps milik Anda sudah diperbaharui. Tidak hanya itu, ini juga berarti bahwa Anda bisa menggunakan google maps secara offline.

Namun apabila masih menemukan tiga kombinasi call, save, dan website, berarti aplikasi google maps Anda belum diperbaharui. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus memperbaharuinya sendiri. Setelah diperbaharui, Anda pun akan bisa menikmati layanan Menggunakan Google Maps Offline.

 

Bagi Anda yang aplikasi google maps-nya sudah diperbaharui, Anda bisa mengikuti langkah berikut untuk bisa menggunakan google maps secara offline:

1. Buka Aplikasi Maps

Untuk sementara, google maps bisa digunakan secara online hanya dengan perangkat android. Ini berarti, perangkat iOS belum bisa menikmati layanan ini. Namun sudah direncanakan bahwa pengguna iOS akan bisa menimati layanan yang sama dengan pengguna android.

2. Cari Lokasi Tujuan

untuk tahap yang satu ini, sayang sekali pengguna masih harus terkoneksi dengan internet atau jika ada wifi, Anda bisa menggunakannya. Bahkan jika menggunakan wifi, Anda akan lebih menghemat pemakaian internet. Sebaiknya ini dilakukan sebelum Anda beranjak ke tempat tujuan Anda.

3. Unduh Lokasi Tujuan

Seperti biasanya, google maps akan menjelaskan mengenai estimasi waktu yang akan ditempuh oleh Anda untuk bisa sampai di tempat tujuan. Tidak hanya waktu, ada juga informasi yang terdiri dari foto lokasi, deskripsi dari tempat tersebut, bahkan hingga informasi cuaca. Di tampilan yang sama, Anda akan dapat menemukan pilihan save, share, dan download. Pada bagian ini, Anda harus memilih download untuk bisa mengunduh lokasi.

4. Konfirmasi Lokasi Tujuan

Google maps akan menunjukkan beberapa rute yang bisa Anda tempuh untuk mencapai lokasi yang dituju. Dalam hal ini, Anda juga harus memastikan apakah rute tersebut merupakan rute yang benar. Apabila terdiri dari beberapa rute, Anda bisa memilih rute yang paling mudah ditempuh atau yang memiliki jarak tempuh paling sebentar. Jika sudah sesuai dan telah setuju, Anda cukup menekan layar gadget.

 

5. Google Maps Mengunduh Lokasi

Apabila sebelumnya Anda sudah menyetujui rute mana yang dipilih untuk mencapai suatu tempat, Anda bisa mematikan layanan internet.  Ya, apabila cara-cara sebelumnya sudah dilakukan dengan baik, maka Anda bisa menikmati layanan google maps tanpa menggunakan koneksi internet sedikitpun.

 

Dengan adanya kemampuan baru ini, pengguna diharapkan bisa tetap mengetahui arah jalan tanpa harus “mengeluarkan biaya” dari kuota internet yang dimiliki. Tidak hanya itu, cara ini juga dapat membantu pengguna dalam menghemat baterai gadget.

Tertarik untuk mencobanya? Silakan cek aplikasi google maps Anda sekarang juga. Apabila butuh di-update, Anda harus meng-update-nya untuk merasakan layanan google maps offline yang tentunya sangat menguntungkan ini. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top