Tech & Auto

Besutan Terbaru China, Teknologi Harmony OS 2.0

Harmony OS 2.0

Munculnya Harmony OS 2.0 tidak lain adalah dampak dari konflik Negara Tiongkok dengan Amerika Serikat yang berhubungan dengan teknologi. Konflik yang berkepanjangan dari dulu menyebabkan ada kebijakan-kebijakan yang mempengaruhi sektor di kedua negara tersebut.

Termasuk dalam hal ini adalah pengembangan teknologi komunikasi. Pasalnya diantara mereka memblokir penyebaran produk termasuk smartphone ke daerah miliknya. Alhasil, Tiongkok mencoba untuk membuat sistem operasi baru pada telepon keluaran terbarunya.

Dikabarkan bahwa nantinya sistem operasi yang dipakai dalam telepon pintar terbaru, akan terintegrasi juga kepada beberapa rumah pintar lainnya, seperti smart TV, smartwatch, head unit mobil dan perangkat IoT lainnya. Dengan banyaknya kerjasama sistem operasi yang terbentuk, akan banyak manfaat kemudahaan akses bagi pecinta teknologi modern. Meski demikian, belum bisa dipastikan hingga kedatangan ponsel tersebut resmi di pasaran.

Asal Mula Harmony OS 2.0

Teknologi Harmony OS 2.0
Asal Mula Harmony OS 2.0

Sebelum membahas Harmony OS 2.0, penting untuk memahami beberapa hal. Seperti yang Anda ketahui, bahwa politik bisa mempengaruhi perekonomian suatu negara.  Negara akan mempertimbangkan dengan siapa saja mereka akan bekerja sama dan dengan siapa pula tidak bekerja sama.

Sistem politik akan memberikan banyak dampak dengan kebijakan yang mereka keluarkan. Dengan kebijakan yang mereka jalankan, setiap mempunyai harapan bahwa akan ada pembaharuan yang berdampak positif, dan sejak saat itulah muncul cerita baru tentang pengaturan suatu bidang pada negara tersebut. Termasuk sejarah dikembangkannya sistem operasi baru Huawei.

Pelarangan ekspor dari Amerika Serikat, membuat Negara Besar Tiongkok mencari alternatif baru selain Android dari Google. Sebagai negara yang saling mengawasi perkembangan dengan negara lawannya, Tiongkok hari memutar ide untuk berinovasi sendiri dalam berbagai bidang, termasuk teknologi komunikasi modern Harmony OS 2.0.

Kabarnya mereka akan membuat sistem operasi sendiri yang tidak akan bergantung pada Amerika Serikat. Rencana itu ada sejak mereka mengumumkan pada 16 Desember 2020 lalu pada media bahwa akan ada peluncuran sistem operasi baru miliknya.

Tentu dalam hal ini akan membutuhkan banyak mitra dari para pengembangan IT dan juga profesional lain. Dengan merangkul banyak developer, pihak Huawei sudah mengantongi 1,8 juta mitra sejak akhir tahun 2020 sebelum Harmony OS 2.0. Termasuk di dalamnya ada developer raksasa seperti  WPS, Bilibili, Ctrip, iFLYTEK.

Sambutan yang cukup hangat sebagai bentuk dukungan kepada mitra barunya, Huawei. Kabar yang bagus ini tentu tidak disia-siakan oleh Huawei. Mereka dengan sigap langsung memulai kerja kolaborasinya tersebut. Sesuai rencana yang CEO Huawei Consumer Bussiness Group jelaskan, produk ini akan beredar 2021 awal dan masih terbatas untuk konsumen Tiongkok dulu.

Keunikan Harmony OS 2.0

Keunikan Harmony OS 2.0
Yang Berbeda Dari Harmony OS 2.0

Hal yang selalu menjadi pembicaraan adalah mengenai efisiensi dari Harmony OS 2.0. Tampilan yang baru ini nantinya akan mengusung tema perbaikan dalam sisi kecepatan akses. Ini akan menjadi sesuatu yang sangat memudahkan penggunanya. Aspek yang menjadi sebab penting dari cepatnya akses karena adanya integrasi antar platform. Jadi nantinya pengguna bisa hanya menggunakan satu platform untuk semua akses.

Huawei juga hadir untuk para pengembang aplikasi. Pasalnya mereka miliki perangkat RAM rendah yakni 128 KB. Hal itu akan menjadi modal kerjasama yang baik untuk peningkatan kualitas produk Huawei terbaru ini.

Untuk keamanan data juga tak luput dari perhatian Huawei. Mereka akan lebih konsen dalam mengamankan data penggunanya. Sehingga tidak ada lagi keraguan atau rasa tidak nyaman karena takut data pribadinya terambil oleh pihak yang tidak bermaksud baik.

Kemiripannya Dengan Android

Kemiripannya Dengan Android
Kemiripannya Dengan Android

Mengawali membuat sistem operasi sendiri tentu menjadi pekerjaan yang tak mudah. Apalagi waktu untuk memproduksi Harmony OS 2.0 juga tidak panjang. Butuh kesiapan segala sistem dan juga dukungan kerjasama dari banyak profesional. Ini memakan waktu tidak sebentar dan tidak gampang.

Terdapat kabar bahwa produk terbaru Huawei ini memiliki banyak kesamaan dengan Android versi 10. Itu karena banyak tampilan yang teranggap tidak beda. Anda bisa melihat dari bocoran yang muncul pada media. Bandingkan dengan milik Android, maka Anda akan menemukan beberapa kesamaan diantara keduanya. Kemiripan

Tampilan antarmuka yang dijalankan Huawei mirip dengan EMUI. Menurut keterangan pihak Huawei, mereka memang belum sepenuhnya merubahnya. Mereka memindahkan tampilan dan pengamanan EMUI ke Harmony OS 2.0.

Pun juga saat melihat halaman App info,  banyak ditemukan komponen Android, seperti ‘Android Service Library’, ‘Android Share Library’, ‘Androidwext’ dan lain sebagainya. Ketika ditanyakan kepada pihak Huawei, mereka masih belum bisa mengganti ‘Android’ menjadi ‘bukan Android’. Bisa dibilang, sama hanya beda baju saja.

Huawei memang tidak akan melanggar jika masih menggunakan Android. Karena software tersebut nyatanya juga terjual bebas di pasaran. Tetapi keinginannya untuk tergantung pada AS dengan membuat OS baru sepertinya belum sepenuhnya berhasil.

Baru Mencoba di P30 dan Mate 30 Pro 5G

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Huawei sudah merilis Harmony OS 2.0 pada smartphone. Yaitu P30 dan Mate 30 Pro 5G pada Januari 2021. Kabarnya sistem ini tidak terlalu asing bagi pengguna setia Huawei. Pasalnya tampilan antarmuka juga masih sama dengan EMUI. Selain itu, produk ini juga sudah mendukung untuk aplikasi Android. Meski demikian, ternyata sistem baru ini tidak berbasis operasi milik Google itu.

Sistem operasi ini baru bisa pengguna nikmati pada negara Tiongkok saja. Sehingga bagi calon pengguna yang ada pada luar daerah tersebut harus menunggu produknya meluas untuk mencoba Harmony OS 2.0. Untuk mengatasi rasa ingin tahu, Anda bisa mengikuti update informasi terus tentang Huawei yang selalu muncul lewat sosial media. Sembari menyiapkan dana untuk rencana membeli ponsel dengan sistem operasi baru ini.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top