Tech & Auto

Bot Handy, Robot Samsung yang Rilis Awal 2021

Samsung Memperkenalkan Bot Handy Asisten Robot

This post is also available in: English

Samsung memperkenalkan beberapa produk di Show Electronics Consumer (CES) 2021 pada awal tahun ini, dimana diperkenalkanlah Bot Handy. Acara tersebut terselenggara secara virtual akibat pandemi Covid-19.

Melalui pameran elektronik terbesar itu, Samsung memperlihatkan beberapa produk smart home berbasis AI. Produk-produk yang tersebutmampu meningkatkan pengalaman pengguna saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari.

Bot Handy, Asisten Rumah Tangga Berbasis Kecerdasan Buatan

Samsung bekerja keras untuk menyajikan inovasi generasi berikutnya. Menggunakan AI sebagai drive utama dan tujuannya adalah untuk hari esok yang lebih baik. Hal tersebut terpaparkan oleh Sebastian Seung. Ia merupakan presiden dan kepala penelitian Samsung.

Salah satu produk yang mereka perkenalkan dalam pameran tersebut adalah Samsung Bot Handy. Inovasi tersebut merupakan asisten rumah tangga baru yang mendapat dukungan oleh teknologi intelijen buatan. Robot ini akan berguna untuk mengenali dan mengambil objek. Baik dengan berbagai ukuran, bentuk dan berat. Jadi, pengguna dapat menggunakannya untuk membantu pekerjaan rumah secara otomatis.

Bot Handy dan Beberapa Robot Serba Bisa Keluaran Baru dari Samsung

Samsung Memperkenalkan Bot Handy Asisten Robot
Samsung Memperkenalkan Bot Handy Asisten Robot

Yuk kenali beberapa pilihan robot lain baik Bot Handy maupun lainnya berikut.

1. Robot Tangan Serba Bisa, Bot Handy

Samsung Bot Handy mampu membedakan komposisi material dari berbagai objek. Selain itu juga dapat menggunakan tingkat kekuatan pegangan yang tepat untuk mengambil dan memindahkan barang-barang rumah tangga. Bot Handy mampu membantu pekerjaan rumah lainnya, seperti membersihkan kamar yang berantakan atau menyortir hidangan setelah makan.

2. Penyedot Debu yang Dengan Kamera AI

Robot ini adalah Smart Vacuum Cleaner. Samsung juga memperkenalkan penyedot debu yang mendapat sebutan Jetbot 90 AI Plus. Alat ini menggunakan teknologi pengenalan objek untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan objek untuk menentukan jalur pembersihan terbaik. Jetbot 90 AI Plus dilengkapi dengan sensor Lidar dan sensor 3D.

Hal ini memungkinkannya untuk menghindari kabel dan benda kecil. Khususnya saat membersihkan sudut yang sulit terjangkau pada rumah pengguna. Robot ini dilengkapi dengan kamera yang terintegrasi dengan aplikasi cerdas. Tentunya akan semakin membantu pengguna memantau rumah.

3. Robot Pendamping

Robot Pendamping
Robot Pendamping

Samsung juga memperkenalkan Samsung Robot Care. Robot ini juga memanfaatkan AI untuk mengenali dan menanggapi perilaku pengguna. Samsung Robot Care adalah asisten robot sekaligus pendamping.

Berbeda dengan Bot Handy, Robot Care bertugas membantu menangani kegiatan sehari-hari. Robot ini juga akan mempelajari jadwal dan kebiasaan pengguna. Selain itu juga mengirim pengingat kepada pengguna untuk membantu kegiatan mereka setiap hari.

4. Lemari Pendingin 4 Pintu

Selain Bot Handy, beberapa inovasi lain untuk produk elektronik dari Samsung termasuk kulkas empat pintu. Kulkas ini memiliki panel yang dapat diganti. Model 4 pintu terbaru mulai hadir di market Amerika Utara pada musim semi.

Kulkas ini memiliki fitur pusat minuman baru yang menyediakan akses cepat ke dispenser air dan pitcher air otomatis. Flex 4 pintu dilengkapi dengan pembuat es otomatis ganda. Inovasi ini dapat menghasilkan es batu standar.

Samsung juga memperkenalkan LED mikro 110 inci. Layar ini memiliki LED anorganik yang dapat menyalakan diri mereka sendiri. Membawa desain layar infinity, layar ini sangat tipis dan hampir tanpa bingkai. LED mikro 110 inci juga memiliki Quad View atau opsi tampilan empat layar. Jadi, pengguna dapat membagi layar menjadi empat bagian untuk menonton beberapa acara sekaligus.

5. Robot Kuliner yang Rilis Sebelum Bot Handy

Ada juga smarthings cooking. Ini merupakan layanan baru dari Samsung Smarthings yang dirancang untuk memfasilitasi kegiatan kuliner pengguna. Smarthings Cooking memiliki planer makan otomatis yang memanfaatkan makanan ai dari pengocok yang akan merekomendasikan makanan untuk minggu depan.

AI pada robot ini juga akan membantu membuat daftar perbelanjaan bahan yang dibutuhkan. Hal tersebut secara otomatis terhubung ke bahan makanan untuk proses belanja. Proses ini dapat Anda lakukan melalui smartphone.

Resep dan instruksi memasak juga akan terkirim ke Perangkat Cooking Samsung yang sudah sinkron.

6. Robot Trainer Olahraga

Samsung juga memperkenalkan Samsung Health Smart Trainer di Samsung TV 2021 yang membantu pengguna membuat ruang gym pribadi di rumah. Dilengkapi dengan  fitur Smart Trainer.

Fungsinya untuk memonitor dan menganalisa postur tubuh secara real time. Di samping itu juga membantu menghitung repetisi saat Anda latihan. Berbeda dengan Bot Handy, robot ini pun mampu memperkirakan berapa besar kalori yang terbakar.

7. Robot Pintar Berbentuk Bola

Bukan Bot Handy, robot ini bernama Ballie yang memiliki bentuk bulat dan kuning, sekilas seperti bola tenis. Namun, robot ini dilengkapi dengan kemampuan AI. Bahkan Ballie dapat teman hidup.

HS Kim, Presiden dan CEO Divisi Elektronik Konsumen Samsung Electronics mengatakan bahwa visi robot Samsung adalah Teman Hidup bagi konsumen. Sehingga Samsung terus berusaha memahami kebutuhan pemilik.

Ballie merupakan robot bergulir kecil yang memahami Anda. Selain itu juga dapat mendukung Anda, serta bereaksi terhadap segala kebutuhan Anda. Tujuannya untuk secara aktif membantu pada area sekitar rumah.

Dalam video pengantar Ballie yang Samsung unggah pada halaman YouTube, robot ini memiliki banyak kemampuan. Robot ini pun dapat melakukan berbagai hal menarik, khususnya dalam membantu mengelola rumah dengan cerdas.

8. Robot Asisten Koki

Robot Asisten Koki
Robot Asisten Koki

Sepasang lengan robot Chef Bot Samsung telah ada pada pameran CES 2020. Teknologi ini mereka buat untuk Smart Home. Meski berbeda dari Bot Handy, robot ini tetap unik dan bermanfaat pada bidangnya.

Robot Chef ini memiliki 35 resep dan terprogram untuk dapat ia buat. Mulai dari salad untuk mengetahui, salad Yunani, salad ayam alpukat, dan salad apel kenari.

Tetapi Robot Chef ini masih harus memiliki sistem sebagai sistem, untuk menyiapkan bahan untuk tujuan makanan dan memotong bahan yang Anda gunakan.

Lengan robot ini dapat membantu tugas koki dalam memasak, koki tidak perlu melakukan kerja keras seperti menambahkan mirnya, menyortir bahan dan menghitung bidang material.

Ketersediaan Samsung Samsung Bot Handy dan Robot Pintar Lainnya

Belum terdapat info lagi kapan tepatnya Robot Samsung tersebut akan tersedia. Setidaknya, dengan memamerkan robot buatan Samsung dapat memberikan gambaran masa depan. Tampaknya robot dapat Anda andalkan untuk membantu membersihkan rumah.

Nah, itu tadi beberapa pembahasan tentang Bot Handy dan robot asisten berbasis AI dari Samsung. Apakah Anda tertarik untuk memiliki salah satunya?

To Top