Tech & Auto

Fitur Baru, Buka WhatsApp Web Dengan Fingerprint Atau Face ID

WhatsApp Web Dengan Fingerprint Atau Face ID

Sering mengakses WhatsApp Web? Kini, akan ada fitur keamanan baru loh. Biasanya untuk menyambungkan ke whatsApp Web, pengguna menggunakan QR kode. Namun, saat ini untuk menyambungkan ke versi web tersebut bisa dilakukan melalui cara lain. Lalu, seperti apa fitur keamanan baru dari WhatsApp Web? Yuk simak baik-baik.

Fitur keamanan baru untuk WhatsApp Web

WhatsApp Web

Melalui akun twitternya, WhatsApp mengumumkan bahwa telah merilis sebuah fitur keamanan baru untuk menambahkan lapisan keamanan lain ke akun pengguna versi web-nya.

Baca Juga : WhatsApp Akan Hadirkan Beragam Fitur Baru Di Tahun 2021, Ada Fitur Panggilan Di versi Web

Biasanya untuk membuka akun WhatsApp Web hanya dilakukan melalui QR code. Namun, saat ini akan ada fitur keamanan baru yang membuat akun WhatsApp lebih privasi.

Fitur baru ini memanfaatkan autentikasi biometrik, baik itu fingerprint (sidik jari) maupun face id untuk mengakses WhatsApp Web. Melalu fitur tersebut, pengguna dapat membuka WhatsApp di dekstop yaitu menggunakan fingerprint (sidik jari) maupun face id.

Cara kerja fitur autentikasi biometrik, baik fingerprint maupun face id

Biometrik yang digunakan ini merupakan suatu proses untuk memastikan identitas seseorang dengan melakukan pemindaian bagian tubuh tertentu. Hasil biometrik yang dianggap sah adalah sidik jari atau wajah dari pengguna yang sudah terdaftar WhatsApp yang ada di ponsel. Sebelum itu, pengguna ponsel juga perlu mengaktifkan fitur autentikasi biometrik di ponselnya.

Setelah pemindaian sidik jari atau wajah pengguna dilakukan, pengguna bisa memindai QR code untuk membuka akun WhatsApp ke versi Web. Adanya fitur keamanan baru ini diharapkan bisa memperkuat keamanan pada WhatsApp sehingga komunikasi akan lebih aman dan kerahasiaannya akan terjaga dengan baik.

Fitur masih terbatas

Fitur keamanan baru untuk WhatsApp Web ini belum bisa tersedia di semua ponsel karena hanya bisa digunakan di ponsel dan sistem operasi yang sudah mendukung autentikasi biometrik.

Pihak dari WhatsApp mengatakan bahwa fitur keamanan baru ini kemungkinan akan mencegah seseorang bisa membuka WhatsApp Web ke perangkat lain tanpa diketahui pemilik akun sebenarnya.

Fitur aktif secara otomatis

Perlu diketahui bahwa fitur keamanan baru tersebut akan aktif secara otomatis. Dengan adanya fitur baru tersebut, pihak WhatsApp berharap agar pengguna bisa merasa tenang dan aman ketika menggunakan versi web tanpa khawatir akun WhatsApp dibobol orang lain karena akun hanya bisa dibuka dengan menggunakan sidik jari atau wajah dari pengguna yang sudah terdaftar di WhatsApp mobile. Namun, jika pengguna ingin menonaktifkannya, langsung menuju ke menu pengaturan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top