Tech & Auto

Bus Swiss Akan Didesain Tanpa Pengemudi

Mengenal Arti Stiker-stiker pada Bis

Kemajuan teknologi membuat banyak kemajuan di beberapa sektor. Salah satu sektor yang berkembang adalah bidang transportasi. Lalu tahukah Anda kalau Swiss akan punya bus tanpa pengemudi? Ya, wacana ini sudah banyak tersebar dan akan direalisasikan pada tahun 2016 mendatang.

Kendaraan tanpa pengemudi bukanlah hal yang tidak mungkin, bahkan hal ini akan menjadi hal yang sangat biasa di masa depan. Saat ini beberapa produsen kendaraan sudah sangat siap akan meluncurkan kendaraan tanpa pengemudi buatan mereka. Salah satunya adalah BestMile yang merupakan startup asal Swiss.

BestMile telah berhasil mengembangkan sistem yang bisa berfungsi untuk mengontrol armada kendaraan. Bahkan sistem ini sebanding dengan fungsi yang ada dari menara kontrol bandara. Software yang berhasil dikembangkan ini sangat memungkinkan untuk membuat kendaraan menjadi bisa memonitor, mengontrol, dan mengoptimalkan armada kendaraan dari jarak jauh.

BestMile sendiri telah menandatangani kontrak dengan PostBus yang merupakan operator bus utama yang ada di Swiss dan Prancis. Bus-bus ini nantinya bisa menghadapi hal-hal yang biasa ada di jalan, seperti rambu lalu lintas dan mendeteksi pejalan kaki. Hal ini didukung oleh alogaritma yang telah dikembangkan untuk sebuah transportasi umum.

Nantinya bus tanpa pengemudi ini akan diperkenalkan pertama kali di Kota Sion, Swiss. Bus ini pun akan menjalani uji coba selama 2 tahun lamanya. Uji coba akan dilakukan dengan melihat seberapa baik bus-bus tersebut beroperasi di jalanan.

Kapasitas yang dimiliki oleh bus ini pun tidak terlalu banyak, yaitu hanya bisa menampung sekitar 9 orang penumpang saja. Hal ini disebabkan oleh ukuran bus yang memang kecil, tidak seperti ukuran bus pada umumnya.

Walaupun ukurannya kecil, bus ini dapat melaju dengan kecepatan 12 mph. Dengan kecepatan yang seperti itu, bus ini dilengkapi dengan sistem navigasi yang sangat akurat. Sehingga keamanan penumpang yang ada di dalamnya akan sangat terjamin.

Terlepas dari teknologi yang ditawarkan, desain dari bus produksi BestMile ini cukup unik. Warna bus yang cerah dengan jendela yang besar menjadikan bus tersebut sangat ideal digunakan bagi para wisatawan. Siapapun akan nyaman ketika mengamati lingkungan di sekitar.

Tertarik untuk mencoba bus Swiss yang unik ini? Yuk, kita nantikan kehadirannya dan kita lihat seperti apa cara kerjanya. Semoga perkembangan teknologi di Indonesia pun semakin baik, sehingga bisa memiliki bus tanpa pengemudi juga

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top