Tech & Auto

Cara Blokir ‘Disturbing Notification’ Facebook via Android

Cara Blokir ‘Disturbing Notification’ Facebook via Android

Facebook merupakan aplikasi yang cukup ramah di ponsel. Hampir semua kalangan mengenalnya. Tak perlu harus membeli HP keluaran terbaru, siapapun dapat menikmati layanan media sosial ini.

Namun, selama ini orang lebih mengenal Facebook sebagai media sosial tempat ‘pamer’. Update status seringkali ditujukan untuk eksistensi diri. Pamer keberhasilan dalam perolehan sejumlah materi adalah hal yang paling sering dilakukan di Facebook. Hal lain yang seringkali kita temukan adalah menjadikan Facebook sebagai tempat ‘buka lapak’. Tak jarang kita menjadi jengkel tatkala wall kita dipenuhi informasi jualan. Bahkan kolom komentar status tak luput dari upaya promosi para penjual. Bahkan semakin ke sini, muncul berbagai spam notifikasi yang banyak menggangu pengguna facebook.

Facebook sebenarnya banyak memberikan kebebasan pengguna dalam mengatur apa saja yang bisa ditampilkan. Sayangnya, pengaturan terlengkap hanya bisa dilakukan melalui versi desktopnya saja. Sedangkan penggguna aplikasi Facebook dari perangkat mobile akan kesulitan karena tidak semua konfigurasi ditampilkan sama atau disediakan selengkap seperti pada versi desktop tersebut.

Meski demikian masih ada beberapa pengaturan yang tetap bisa dilakukan dari aplikasi versi mobile, utamanya dalm mengatur notifikasi.

Game Request

Bagi kamu yang merasa sebal dengan adanya notifikasi berupa game request, bisa menonaktifkannya melalui cara berikut ini:

  • Masuk ke akun Facebook. Pada tampilan awal (News feed), tekan More(ikon berlambang 3 garis di pojok kanan atas).
  • Pada Help & Settings, pilih App Settings. Geser ke bawah sampai kamu temukan pilihan Application requests. Hilangkan tanda centang untuk mematikannya.

Blokir teman

Jika memiliki salah seorang teman yang dirasa sering mengirimkan post yang mengganggu, blokir saja.

  • Tekan More(ikon berlambang 3 garis di pojok kanan atas). Pada Help & Settings, pilih Account Settings>Blocking. Pada halaman ini ketikkan nama atau alamat email orang yang hendak diblokir pada kolom Block. Dan jika dikemudian hari  ingin membuka kembali akses blokir tersebut, tinggal masuk ke halaman ini dan pilih Unblock pada orang yang dimaksud.

Notifikasi dari game/aplikasi

Tidak ingin menerima notifikasi dari game atau aplikasi yang ada, matikan saja dengan cara berikut ini:

  • Pada halaman utama, tekan More(ikon berlambang 3 garis di pojok kanan atas). Geser ke bawah pilihan yang ada ke Help & Settings. Tekan Account Settings>Notifications. Tekan Notifications from apps. Halaman ini akan menampilkan seluruh aplikasi yang terpasang beserta pengaturan notifikasi yang bakal tampil. Jika ingin mematikan notifikasinya, tinggal hilangkan tanda centang pada piilhan yang diinginkan.

Hilangkan posting yang mengganggu

Saat melihat atau mendapatkan posting yang mengganggu, kamu bisa mengatur agar Facebook menghilangkan atau menyembunyikannya agar post tersebut tidak ditampilkan lagi di masa datang.

  • Pada postingan tersebut, tekan ikon tanda panah ke bawah yang terletak di sisi kanan nama user tersebut. Nantinya akan tampil pilihan seperti I don’t wanna see this, Unfollow, Hide all, atau Turn On/Off, dan kamu bisa memilihnya sesuai keinginan.

Meniadakan seluruh notifikasi

Apakah kamu Sama sekali ingin membersihkan tampilan akun Facebook tanpa ada notifikasi? Tentu saja bisa.

Masuk ke akun Facebook. Pada tampilan awal (News feed), tekan More(ikon berlambang 3 garis di pojok kanan atas). Pada Help & Settings, pilihApp Settings. Cari pilihan Notifications, hilangkan tanda centang jika ingin mematikan fitur ini

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top