Tech & Auto

Cara Cerdas Memanfaatkan Internet Untuk Menjadi Netizen Cerdas

elearning

Apakah Anda menganggap diri Anda termasuk dalam golongan ‘kekinian’ yang tak bisa hidup tanpa internet atau yang lebih dikenal dengan sebutan netizen? Tak dapat dipungkiri teknologi internet memberikan banyak sekali manfaat terhadap kehidupan manusia dimana informasi didapat dengan relatif lebih mudah. Hanya saja, sangat disayangkan diantara banyaknya pengguna internet, hanya sedikit yang tergolong dalam ‘smart netizen’ atau ‘pengguna internet cerdas’. Jika Anda hanya menggunakan internet untuk membuka media sosial, mungkin Anda boleh mempertanyakan status Anda sebagai netizen, apakah sudah termasuk dalam golongan pengguna internet cerdas.

Internet Sebagai Sumber Informasi

Manfaatkan kemampuan internet yang dapat memberikan hampir informasi apa saja yang Anda butuhkan bahkan kebanyakan diantaranya tersedia secara cuma-cuma atau gratis. Internet bisa menjadi media pembodohan lewat berita hoax-nya tapi internet juga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk mencerdaskan. Berikut adalah beberapa website yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat Anda lebih cerdas atau setidaknya menambah pengetahuan setiap hari.

  1. CreativeLife

Bagi Anda yang merasa memiliki jiwa kreatif tapi masih merasa kurang pengalaman ataupun ilmu jangan khawatir karena di CreativeLife Anda bisa mengikuti workshop online tentang aneka topik kreatif seperti fotografi, video, musik, desain, kerajinan tangan dan lain-lain.

  1. Unplug the TV

Setiap kali Anda mengunjungi website ini, Anda akan disuguhi sebuah video secara acak dengan topik-topik menarik.

  1. Brain Pump

Di Brain Pump adalah Anda bisa mempelajari hal-hal baru tapi dengan topik yang jarang sekali di bahas bahkan cenderung dianggap tidak penting tapi sangat menarik untuk dipelajari.

  1. Skillshare

Skillshare lebih seperti kelas online dimana Anda akan belajar langsung dari ahlinya, tak hanya teori tapi pengetahuan tentang skill tertentu yang sudah terbukti berguna.

  1. Guides

Guides merupakan website dimana Anda bisa belajar banyak hal lewat pola ‘How to’ langsung dari para ahlinya dan tersedia banyak sekali topik untuk dipelajari seperti kesehatan, fitness, marketing, enterprenur dan masih banyak lagi.

  1. High Brow

Jika Anda bergabung di High Brow, Anda akan menerima video berdurasi 5 menit setiap hari di inbox Anda yang berisi tentang pengetahuan-pengetahuan baru yang menarik untuk Anda ketahui tentunya.

  1. Chalk Street

Saat ini terdapat lebih dari 60,000 topik pelajaran yang bisa Anda pelajari lewat Chalk Street mengenai aneka topik mulai dari bahasa, yoga, gaya hidup sampai rumus-rumus excel bisa Anda pelajari semua.

  1. Investopedia

Kebanyakan orang berfikir bahwa permasalahan ekonomi hanya urusan para ekonom padahal dalam segala aspek kehidupan pengetahuan tentang finance harus dimiliki oleh semua orang. Investopedia adalah tempat yang tepat untuk Anda mempelajari seluk beluk dunia finansial tanpa harus memiliki titel Sarjana Ekonomi.

  1. Makezine

Makezine diperuntukkan bagi Anda yang tertarik dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan DIY atau Buatan Sendiri mulai dari teknologi buatan sendiri sampai penemuan-penemuan dan topik tentang kerajinan tangan bisa ditemukan di sini.

  1. Spreeder

Tahukan Anda bahwa semakin cepat Anda membaca maka semakin banyak informasi yang akan Anda dapatkan. Spreeder akan membagikan cara kepada Anda bagaimana membaca dengan cepat tanpa melewatkan informasi yang penting.

  1. Quora

Tujuan Quora adalah menghubungkan para ahli dengan para pencari informasi. Sehingga pertanyaan yang Anda tanyakan tentang suatu topik akan dijawab langsung oleh ahlinya dengan akurat.

  1. Coursera

Jika Anda tertarik tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan data-data ilmiah dan dunia permesinan maka Coursera adalah tempat yang tepat.

  1. Hemingway Editor

Hemingway Editor adalah website yang menyediakan tutorial secara gratis bagaimana menulis dengan baik. Walaupun Anda bukan penulis tapi dunia internet mawajibkan Anda untuk bisa menulis.

  1. edX

Di edX Anda seperti menghadiri kelas yang diadakan oleh universitas-universitas ternama di dunia secara gratis tanpa harus hadir ke dalam kelas.

  1. Duolingo

Bahasa adalah alat komunikasi utama dan di Duolingo Anda seperti memilik tutor bahasa asing pribadi tapi tanpa harus membayar mahal karena di Duolingo Anda bisa belajar bahasa baru secara gratis.

Jadi mulai sekarang lupakan Facebook, dan kunjungi lima belas website di atas yang menawarkan kesempatan kepada Anda untuk mempelajari hal-hal baru secara mandiri. Belajar mandiri sangatlah tidak mudah diperlukan disiplin diri yang tinggi oleh karena itu agar sistem ini berhasil Anda harus memiliki target dan harus konsisten dalam mencapai target yang sudah Anda buat. Sebaiknya buatlah jadwal khusus setiap hari atau setiap minggu. Selama belajar!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top