Tech & Auto

Cara Membaca Ebook Dari Hasil Mengunduh di Google Play Books Secara Offline

Google Play Books

This post is also available in: English

Bagi kalian yang sedang mencari buku atau novel yang diterbitkan dalam bentuk eBook, mungkin kalian bisa mencarinya di Google Play Books. Google Play Books merupakan bagian dari Google Play Store yang menyediakan buku-buku digital atau e-book secara legal yang bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar. Kebanyakan buku-buku digital yang ada di Google Play Books bisa didapatkan secara berbayar.

Ebook yang diunduh melalui Google Play Books tidak bisa langsung dibaca oleh pengguna. Hal itu dikarenakan file hasil pengunduhan masih harus melalui proses convert file terlebih dahulu. Untuk itu, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kalian bisa membaca buku dari hasil mengunduh melalui Google Play Books. Cara yang dimaksud mulai dari proses pengunduhan melalui Google Play Books sampai dengan proses convert file agar eBook bisa dibuka dan dibaca dengan mudah di perangkat lain. Simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Cara Download Ebook di Google Play Books

Untuk bisa membaca eBook secara offline, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh eBook terlebih dahulu. Untuk menghindari pembajakan, eBook bisa diunduh melalui Google Play Book. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Google Play Store melalui website maupun aplikasi kemudian pilih “Book”. Agar lebih mudah dalam proses pengunduhan, sebaiknya buka melalui Website dengan URL https://play.google.com/books

2. Cari eBook yang diinginkan melalui kolom pencarian. Jika sedang mencari buku yang bisa didapatkan dengan gratis, maka langsung ketik “Free” maupun “Free Book”. Tunggu hingga situs menampilkan semua koleksi buku gratis yang ada di Google Play Books

3. Apabila eBook yang ingin diunduh sudah berada di pustaka, maka langsung pilih bagian “Buku Saya”. Tunggu hingga muncul tampilan yang menampilkan koleksi buku yang ada di pustaka pribadi.

4. Pilih buku yang ingin diunduh dengan klik pada tiga titik yang ada di pojok kanan bawah cover buku. Kemudian pilih “Download PDF”

5. Tunggu hingga proses download selesai. File yang terdownload berbentuk ekstensi .acsm

Proses tersebut belum bisa dikatakan selesai karena ekstensi masih berbentuk .ascm yang tidak bisa dibuka. Oleh karena itu perlu dilakukan pengubahan file dari file .ascm ke dalam bentuk pdf untuk mempermudah dalam membaca eBook yang sudah didownload. Sebelum mengulas mengenai cara convert file.ascm ke dalam bentuk pdf, alangkah baiknya diulas secara singkat mengenai apa itu file ascm.

ASCM merupakan kepanjangan dari Adobe Content Server Message dimana file ini hanya bisa dibuka dan dibaca dengan menggunakan software Adobe Digital Editions (ADE). File ini digunakan sebagai bukti jika dalam memperoleh buku digital dilakukan secara sah yaitu melalui proses pembelian sehingga ketika file ASCM dimasukkan ke dalam Adobe Digital Editions (ADE) maka secara otomatis software tersebut akan membuktikan jika file tersebut telah diperoleh secara sah. Adobe Digital Editions sendiri memiliki fungsi untuk mengunduh sebuah file berbentuk digital atau eBook yang memiliki proteksi hak digital yang biasa dikenal dengan DRM.

DRM sendiri merupakan kepanjangan dari Digital Rights Managements yang merujuk pada suatu teknologi pengaturan akses yang biasa digunakan oleh pemilik hak cipta untuk membatasi penggunaan suatu media. Dengan adanya DRM ini tentunya kegiatan mengakses dan membaca file yang sebelumnya melalui proses pembelian terlebih dahulu hanya bisa diakses pada satu perangkat saja yang sudah terverifikasi. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir adanya pembajakan konten digital.

Setelah mengulas singkat mengenai apa itu ASCM, maka kembali lagi mengulas mengenai hasil unduhan berupa file .ascm tadi. Langkah yang harus dilakukan setelah mengunduh adalah membuka file tersebut dengan menggunakan software Adobe Digital Editions (ADE). Untuk convert ke pdf maka perlu dilakukan penghapusan DRM dengan menggunakan aplikasi lain agar bisa diakses dan dibaca. Lalu, bagaimana cara menconvert file .ascm ke file pdf agar eBook bisa dibaca secara offline? Untuk itu, berikut ini cara conver file.ascm ke pdf:

Cara Convert File .ASCM ke PDF

Sebagai contoh eBook yang akan di convert berjudul “Wanita Dimata Wanita” yang telah melalui proses pembelian sebelumnya melalui Google Play Books. Pengubahan ke bentuk pdf ini bertujuan untuk dicetak guna dijadikan koleksi buku pribadi. Setelah melakukan pengunduhan, ekstensi file yang diperoleh adalah .ascm, maka dari itu perlu dilakukan pengubahan file dari bentuk .ascm ke pdf. Berikut langkah-langkahnya:

1. Setelah memiliki file .ascm yang telah didapatkan dari pengunduhan melalui Google Play Books, silahkan unduh dan install dua software yaitu Adobe Digital Editions untuk membuka serta membaca file dan software removal untuk menghapus proteksi yang terdapat pada file agar dapat dibuka diperangkat lain. Untuk software removal, sebaiknya menggunakan PDF ePub DRM Removal karena lebih mudah digunakan. Tunggu hingga proses install selesai.

2. Setelah itu, terlebih dahulu buka aplikasi Adobe Digital Editions (ADE) hingga muncul tampilan halaman software seperti gambar di bawah ini

3. Pilih menu “Help”. Pilih “Authorize Computer” dan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini kemudian klik “Continue”

4. Masukkan Adobe ID dan password. Jika belum memilikinya, maka pilih “Create Account”

5. Setelah itu, pilih “Authorize”. Tunggu hingga muncul kolom dengan tulisan “Your Computer Has Been Authorized” kemudian klik “OK”

6. Buka folder tempat penyimpanan hasil pengunduhan file .ascm kemudian drag file ke Adobe Digital Editions. Tunggu hingga proses unggah file .ascm selesai.

7. Setelah proses selesai, file .ascm dapat dibuka dan dibaca melalui Adobe Digital Editions.

8. Jika ingin membacanya diperangkat lain, maka perlu dilakukan penghapusan proteksi. Buka software PDF ePub DRM Removal yang telah terinstall. Klik “Continue” kemudian muncul halaman depan PDF ePub DRM Removal

9. Untuk mengubah file .ascm ke pdf, maka pilih “Digital Editions”. Kemudian akan muncul file yang telah dibuka melalui Adobe Digital Editions. Centang file yang ingin dijadikan pdf kemudian klik “convert”. Tunggu hingga proses selesai.

10. Proses convert sedang berjalan yang ditandai dengan tulisan “working”. Setelah selesai maka akan muncul kolom di bawah ini kemudian klik “OK”

11. Pada tahap ini akan muncul kembali kolom seperti saat awal membuka software pertama kali kemudian klik “Continue”. Setelah itu akan diarahkan langsung ke dalam folder penyimpanan hasil ePub DRM Removal dimana file tersebut telah berbentuk pdf.

12. eBook sudah bisa dibaca melalui perangkat lain.

Nah itulah ulasan mengenai cara membaca eBook dari hasil mengunduh di Google Play Books secara offline. Sebagai catatan bahwa ulasan ini bukan bertujuan untuk menyebar luaskan buku digital atau eBook tetapi ulasan ini hanya bersifat memberikan informasi bagi pembaca yang memang sedang membutuhkan tutorial mengenai cara agar bisa membaca eBook dari Google Play Books ke perangkat handphone maupun PC secara offline. Semoga bermanfaat!

To Top