Tech & Auto

Cara Membeli Koin Di Aplikasi Wattpad Untuk Membaca Cerita Berbayar

wattpad

This post is also available in: English

Siapa yang tidak mengenal Wattpad? Aplikasi paling populer untuk membaca maupun menulis karya dalam bentuk novel, cerita pendek, puisi, pantun, dan masih banyak lagi. Dulu, setiap cerita yang ada di dalam aplikasi ini bisa dibaca dengan gratis. Setelah dilakukan pembaruan, kini aplikasi Wattpad ada yang versi berbayar dimana ada beberapa cerita yang hanya bisa dibaca dengan menggunakan koin. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu. Pengguna harus membeli koin terlebih dahulu baru bisa membaca cerita favoritnya.

Nah kira-kira bagaimana cara membeli koin yang ada di Wattpad? Apakah sama seperti melakukan pembelian buku melalui Google Play Store? berikut ini akan diulas mengenai cara membeli koin untuk membaca cerita berbayar di Wattpad. Namun sebelum itu akan diulas secara singkat mengenai apa itu Wattpad. Simak baik-baik ya!

Aplikasi Wattpad

Wattpad merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya membaca maupun mengirimkan karyanya yang terdiri dari berbagai genre mulai dari novel, cerita pendek, puisi, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi bercerita yang paling disukai di dunia. Aplikasi ini berasal dari Toronto, Kanada yang berhasil menghubungkan banyak komunitas global dari 80 juta pembaca dan penulis melalui kekuatan cerita.

Wattpad dirilis pada tahun 2006 dan sebagian besar pengguna Wattpad berasal dari Amerika Serikat kemudian diikuti oleh negara-negara lain seperti Filipina, Inggris, Australia, Rusia, dan masih banyak lagi, termasuk juga Indonesia.

Dengan aplikasi ini membuat seseorang yang memiliki bakat menulis bisa menyalurkan bakatnya asalkan tetap mematuhi aturan-aturan yang diberlakukan oleh Wattpad dalam menulis. Selain itu,  seseorang yang menyukai bacaan novel, cerita pendek atau yang lainnya bisa menemukan jutaan cerita dari berbagai macam genre, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Setelah Wattpad mulai terkenal, kini banyak sekali aplikasi-aplikasi sejenis Wattpad yang tersebar di Google Play Store maupun App Store seperti Storial, Novelme, iBuk, dan masih banyak lagi yang juga digunakan seseorang untuk membaca maupun menulis sebuah karya. Sedari awal aplikasi-aplikasi selain Wattpad tersebut memang khusus untuk bacaan berbayar dan hanya Wattpad yang gratis. Kini, Wattpad mulai mengikuti jejak dari aplikasi sejenisnya dengan menyediakan cerita berbayar, namun masih juga ada cerita yang bisa dibaca secara gratis.

Sistem berbayar yang diterapkan oleh Wattpad sama dengan aplikasi Storial maupun Novelme yaitu menggunakan koin untuk membukanya. Meskipun demikian, di dalam cerita berbayar ada beberapa episode atau chapter yang bisa dibaca gratis. Di Wattpad dikenal dengan istilah “Pratinjau Gratis”. Biasanya ada sekitar 5-7 chapter yang tidak dikunci tetapi di episode selanjutnya terkunci dan bisa dibuka dengan menggunakan koin.

Biasanya cerita yang berbayar adalah cerita yang sudah complete atau ending dan hanya bisa dibuka dengan menggunakan koin. Penulis menerapkan sistem berbayar pada karyanya agar mereka mendapatkan keuntungan dari bakat menulis yang disalurkan. Sistem berbayar dalam aplikasi Wattpad sama halnya dengan menjual karya mereka, namun masih dalam bentuk digital. Oleh karena itulah, apabila karya yang dihasilkan tidak diterbitkan menjadi buku ataupun eBook, maka banyak penulis yang memilih untuk mengubahnya ke versi berbayar setelah cerita ending atau complete.

Cara membeli koin untuk membaca cerita berbayar di Wattpad

Untuk membuka cerita berbayar sangatlah gampang. Jika sudah memiliki koin, maka langsung bisa membaca setiap episode cerita yang terkunci. Sedangkan jika belum memiliki koin, maka harus membelinya terlebih dahulu. Hal pertama kali yang harus dilakukan sebelum membeli koin adalah harus memiliki aplikasi Wattpad terlebih dahulu serta pulsa provider yang cukup apabila ingin melakukan pembayaran dengan mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Unduh dan install aplikasi Wattpad melalui Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Tunggu hingga proses penginstallan selesai

2. Buka aplikasi Wattpad yang telah terinstall. Jika telah memiliki akun, maka langsung isi nama pengguna beserta sandi kemudian klik “Masuk”.  Nah, jika belum mempunyai akun, maka klik “Daftar” untuk membuat akun terlebih dahulu agar bisa masuk ke dalam aplikasi. Pembuatan akun bisa mengisi secara manual atau langsung menggunakan akun Facebook maupun akun Google.

3. Setelah itu akan muncul tampilan perizinan akses Wattpad ke akun Google apabila menggunakan akun tersebut untuk pembuatan akun. Jika setuju, klik “Izinkan”. Tunggu hingga proses selesai.

7. Setelah proses pembuatan akun selesai, maka akan muncul tampilan beranda aplikasi Wattpad. Pilih simbol lingkaran yang ada di pojok kanan atas.

8. Setelah itu akan muncul tampilan profil pengguna. Pilih “+” dibawah nama akun untuk menambah koin

9.  Di sini akan muncul tampilan daftar harga untuk setiap pembelian koin. Harga Rp. 5000 akan mendapatkan 9 koin. Harga Rp 21.000 akan mendapatkan 66 koin dimana harga ini paling populer. Harga Rp. 34.000 akan mendapatkan 120 koin. Yang terakhir harga Rp. 55.000 akan mendapatkan 230 koin. Pilih yang sesuai dengan budget.

10. Setelah memilih harga untuk pembelian koin, maka akan muncul pemberitahuan  mengenai jumlah yang harus dibayar beserta pajaknya dan metode pembayaran. Metode pembayaran yang tersedia adalah pulsa provider, kartu kredit atau debit, kode voucher maupun saldo Google Play. Pilih metode pembayaran yang diinginkan. Sebagai contoh dengan menggunakan pulsa provider dari kartu yang digunakan kemudian Klik “Beli”

11. Masukkan password yang dari email yang digunakan. Pilih “Verifikasi”. Tunggu hingga proses selesai

12. Selanjutnya akan muncul tampilan pemberitahuan “Pembayaran berhasil, wajibkan autentikasi pembelian” untuk mencegah pembelian yang tidak sah. Pilih “Ya Selalu”.

13. Pembayaran berhasil yang dibuktikan dengan masuknya notifikasi pembelian melalui pesan. Koin pun telah berhasil dibeli. Pengguna bisa melihat koin yang didapatkan di tampilan toko koin maupun tampilan akun profil.  

Setelah pembelian koin berhasil, maka pengguna bisa membaca cerita berbayar dengan menggunakan koin tersebut. Untuk membaca cerita yang berbayar pun sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Wattpad atau kembali tampilan beranda. Pilih simbol “Search” untuk mencari cerita berbayar yang ingin dibaca. Bisa juga langsung memilih di kategori “Paid Stories” yang ada di beranda dimana di kategori tersebut adalah kumpulan cerita-cerita berbayar terpopuler karena memiliki banyak viewer dan banyak vote.

2. Sebagai contoh cerita yang diinginkan berjudul “End Up With Him” karya Azizahazeha. Ketik judul cerita di kolom pencarian. Cerita ini termasuk salah satu cerita berbayar terpopuler yang memang direkomendasikan untuk pengguna yang menyukai bacaan romance, chicklit, dewasa, dan wife.

3. Pilih “Pratinjau Gratis”. Di cerita tersebut episode yang bisa dibawa gratis ada tujuh episode. Episode-episode selanjutnya telah terkunci dan bisa dibuka dengan koin

4. Pilih episode yang terkunci dan buka. Di sini akan muncul berapa koin yang harus digunakan untuk membuka episode tersebut. Untuk membuka akses seluruh episode membutuhkan 89 koin sedangkan untuk per episode membutuhkan 3 koin. Jika pengguna ingin membuka per episode atau di setiap episode selanjutnya, maka klik pilihan kedua.

5. Tunggu proses pembukaan episode selesai. Setelah itu, pengguna sudah bisa membaca episode selanjutnya dari cerita yang diinginkan. Lakukan cara yang sama ketika membuka episode selanjutnya yang terkunci

Sebenarnya cara untuk membeli koin di aplikasi Wattpad ini sangatlah mudah. Asalkan dari awal sudah memilih metode pembayaran apa yang akan digunakan. Dengan demikian, proses pembelian akan lancar karena sudah menyiapkannya dari awal. Dengan adanya koin ini tentunya pengguna bisa membaca kembali cerita-cerita favorit yang mulai dialihkan ke versi berbayar setelah ending atau complete. Semoga apa yang diulas di dalam tulisan ini bermanfaat bagi kalian pengguna Wattpad. Selamat mencoba!

To Top