Tech & Auto

Cara Membuat Desain Web Dengan Offline

Cara Membuat Desain Web Dengan Offline

Cara Membuat Desain Web Dengan Offline – Bagi anda yang ingin membuat website tapi masih dalam tahap pembuatan kode-kode yang cukup rumit, pasti anda mengira jika kegiatan itu harus dalam kondisi online, sebenranya tidak, kita bisa melakukannya tanpa harus online atau offline.

Banyak orang menganggap membuat website atau situs itu sangatlah susah, harus mengetahui bahasa pemrograman web, design web dan sebagainya. Dan itulah yang menjadi alasan banyak orang sampai enggan meluangkan waktunya untuk belajar membuat situs web. Tapi tanpa kita sadari ternyata sebagian orang dapat menghasilkan uang dari situs web mereka, bahkan konon ada yang menjadi milyarder dari bisnis online melalui blog atau website mereka. Tidak ada yang tidak mungkin gan apapun bisa terjadi jika Tuhan berkehendak.

Nah melalui tulisan ini saya akan memandu teman-teman untuk belajar dan bereksperimen membuat situs web sendiri tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman web dan 100% gratis serta teman2 juga dapat membuatnya secara offline, tanpa harus keluar rumah ataupun ke warnet. Memang bisa ya? seperti yg saya katakan dari awal tidak ada yang tidak mungkin gan.

Oke gan, saya mulai pembahasannya, pertama-tama untuk membuat situs web kita dapat dikerjakan secara offline, kita membutuhkan aplikasi server lokal (localhost). Salah satu aplikasi localhost yang sering digunakan adalah WampServer.

XAMPP merupakan suatu aplikasi gratis yang mendukung beberapa sistem operasi serta merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya merupakan sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas acara Apache HTTP Server, MySQL database, serta penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP serta Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP serta Perl. Program ini terdapat dalam GNU General Public License serta bebas, merupakan web server yang mudah dipakai yang bisa melayani desain halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya bisa mengunduh eksklusif dari web resminya.

Mengoperasikan WampServer

1. Download WampServer terlebih dulu
2. Setelah itu, double klik file WampServer.exe, serta pada menu awal klik Next.
3. Pilih I accept the agreement, serta klik Next.
4. Lalu timbul lokasi penginstalan, klik Next.
5. Tandai opsi untuk membikin icon di menu Quick Launch icon serta Destop icon, serta klik Next.
6. Muncul menu Ready to Install, klik Install.
7. Tunggu sampai proses installing selesai.
8. Kemudian timbul menu PHP mail parameters serta isi email anda, lalu klik Next.

9. Oke, instalasi WampServer selesai, tandai opsi Launch WampServer 2 now, serta klik Finish.
10. Oke gan, kini kita menjalankan software WampServer nya. Klik icon WampServer yang terletak pada taskbar windows anda.

Membuat Project baru Di Xampp

Membuat suatu project web memakai xampp, caranya tak rumit. Anda hanya wajib membuka folder xampp yang ada di komputer anda(Letaknya sesuai di partisi mana kalian meletakannya ketika pengistallan diatas). Setelah itu, carilah folder “htdocs”. Folder inilah yang akan menjadi daerah untuk meletakkan semua project web anda. Buatlah folder project web kalian di dalam folder htdocs ini. Sebagai percobaan pertama, buatlah suatu file berformat .php(misalnya “loperonline.php”) memakai suatu source code editor. Buka tamvan.php memakai source code editor itu serta ketikan didalamnya :
?php
echo “Ini web pertama saya”;
?>
Untuk melihat hasilnya di browser, lihatlah di halaman dengan alamat “http://localhost/namafolderprojectanda/loperonline.php”

blogging tips
blogging tips

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top