Tech & Auto

Cara Mendeteksi Aplikasi Boros Baterai Pada Android

Smartphone dengan Ketahanan Baterai Terbaik

Masalah baterai boros sepertinya sudah lazim dan semua pengguna smartphone berbasis sistem operasi Android sepertinya sudah tidak asing lagi. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya penggunaan smartphone yang tidak benar dan tidak sesuai aturan akan menyebabkan baterai menjadi sangat boros bahkan juga mengalami overheating yang berujung pada kasus fatal seperti ledakan beberapa ponsel cerdas yang sudah dilaporkan. Penyebab lain dari borosnya baterai smartphone Android Anda adalah penggunaan beberapa aplikasi secara bersamaan dan dalam waktu yang lama. Mengaktifkan notifikasi juga mendukung terjadinya pemborosan baterai smartphone. Untuk mengatasi hal itu kami sajikan ulasan mengenai cara mendeteksi aplikasi boros baterai pada Android sehingga Anda bisa mengatur dan lebih bijak dalam menggunakannya.

Salah satu aplikasi yang bisa membantu Anda mendeteksi penggunaan baterai yang boros pada Android Anda dalah menggunakan aplikasi Wakelock Detector. Wakelock Detector ini merupakan aplikasi Android yang berfungsi mendeteksi aplikasi apa saja yang berjalan tanpa terlihat dan sering wake up hingga menghidupkan layar dan menyerap konsumsi daya yang dihasilkan aplikasi tersebut. Penggunaannya cukup mudah. Install aplikasi ini dan biarkan smartphone menjalankan tugasnya selam kurang lebih 1 jam. Kemudian Wakelock Detector bisa dibuka dalam di dalamnya sudah terekam aplikasi apa saja yang berjalan secara otomatis dan menghabiskan baterai Anda.

Wakelock Detector ini bisa menampilkan data statistik berapa lama Android terjaga dan berapa lama suatu aplikasi menjalankan dirinya sendiri secara otomatis. Semakin tinggi posisinya berarti semakin besar penggunaan prosesor oleh aplikasi tersebut ketika Android sedang tidak digunakan. Wakelock Detector juga bisa menampilkan seberapa sering aplikasi tersebut menjalankan dirinya sendiri sehingga pengguna bisa mengambil tindakan untuk aplikasi tersebut.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara mendeteksi aplikasi boros baterai pada Android. Perhatikan bahwa ponsel cerdas Anda juga memiliki keterbatasan dalam bekerja sehingga upayakan untuk tidak mengaktifkan semua aplikasi secara bersamaa karena hal ini bisa memakan memori dan penggunaan baterai. Efek yang lebih fatal adalah terjadi overheating hingga peledakan smartphone. Anda tidak mau hal itu terjadi pada Anda bukan?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top