Tech & Auto

Cara Menggunakan Google Adwords Keyword Planner

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Cara Menggunakan Google Adwords Keyword Planner – Aspek peringkat rangking halaman website terbagi menjadi dua kategori yakni ; SEO on page dan seo off page.

Backlink merupakan salah satu faktor terbesar diluar SEO on page. SEO on page dimana terdiri dari beberapa elemen seperti konten, tag judul, deskripsi meta, tautan internal, dan model situs.

Kedua strategi tersebut tidak lengkap jika kita tidak menggunakan perencanaan kata kunci yang dapat dibilang hal tersebut sangat kuat dalam SEO.

Apa itu kata kunci?

Kata kunci atau keyword adalah kata atau frase yang digunakan oleh orang, saat melakukan pencarian suatu hal di google atau search engine lainnya. Sebagian besar kata kunci atau keyword memiliki data seperti berapa banyak orang yang menggunakannya, variasi kata kunci, trend, dan lain sebagainya. Data-data ini bisa kita lihat dan gunakan saat riset keyword.

Google mempunyai tools untuk mencari kata kunci dengan nilai CPC tertinggi, tools tersebut bernama Google Keyword Planner.

Bagaiman cara menggunakan Google Adwords Keyword Planner ?

Hal terbaik dari dari tools Google Keyword Planner adalah gratis yang dapat digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan. untuk menggunakan tools Google Keyword planner hanya dibutuhkan satu akun Google.

Perlu digaris bawahi, tujuan utama memakai Google Keyword Planner adalah untuk iklan PPC.

Jangan khawatir, tools Google Keyword Planner ini benar benar gratis, akan tetapi ada fitur yang tidak dapat digunakan yaitu pencarian bulanan yang tepat untuk keyword tertentu.

Jangan bersedih ya… lopers masih dapat melihat rentang rata-rata, disayangka, Google hanya menampilkan volume yang tepat ketika lopers menjalankan iklan pada tools Google Keyword Planner.

Lopers akan bahas manfaat dari cara menggunakan tools Google Keyword Planner untuk strategi SEO anda ke level yang lebih tinggi.

Fitur Google Keyword Planner

Penting untuk anda untuk memahami dengan tepat apa yang bisa digunakan pada tools Google Keyword Planner.

Tools Google Keyword Planner sebenarnya dirancang untuk para advertiser atau pengiklan. Setengah dari artikel ini akan diarahkan kepada pencarian kata kunci iklan berbayar. Berikut adalah beberapa manfaat dari Google Keyword Planner ;

  • Menemukan kata kunci terbaru dengan kata, frasa, situs web, dan kategori.
  • Menemukan tren volume pencarian dan data histori dari berbagai kata kunci.
  • Melihat perkiraan kinerja untuk kata kunci berdasarkan dana anda dan harga penawaran rata-rata.
  • Mempersempit hasil anda berdasarkan lokasi geografis, bahasa, dan periode.
  • Menyaring hasil berdasarkan pencarian rata-rata bulanan, tingkat kompetisi, tayangan organik, tayangan iklan, tawaran yang disarankan, dan posisi rata-rata organik.

Perlu diingat bahwa beberapa fitur hanya tersedia jika anda mensinkronisasika akun Google Adwords anda dengan akun Google Analytic. lopers akan fokus pada menemukan kata kunci yang dapat digunakan untuk meningkatkan strategi SEO on page pada website anda.

Temukan keywords baru

Pertama yang harus anda gunakan pada tools Google Keyword Planner adalah menemukan keywords terbaru.

Setelah anda tahu kata kunci apa yang terkait pada situs web, merek, niche, dan spesifikasi iklan maka anda dapat menggunakan keyword tersebut untuk dapat meningkatkan SEO atau peringkat pada konten anda. Jadi, masuklah ke akun Google Adwords.

Dari dasboard Google Adwords anda, klik ikon “Tools” di kanan atas, setelah itu muncul lima kategori tambahan. Sekarang pilih “Keyword Planner” pada sisi kiri (lihat gambar).

Selanjutnya, akan menampilkan dua pilihan, yakni ;

  1. Temukan kata kunci atau Keyword baru.
  2. Mendapatkan volume pencarian dan perkiraan.

Lalu pilih “Find new keywords”

google keywords planner

Selanjutnya, masukan kata kunci ke dalam kotak pencarian dan biarkan google melanjutkannya.

Apa manfaat riset keyword?

Tool Google Keyword Planner mempunyai manfaat yang besar untuk pencarian kata kunci atau riset keyword yang relevan untuk konten atau bisnis anda. Manfaatkan penggunaan Google Keyword Planner ini dengan maksimal untuk menghasilkan pencarian kata kunci yang berharga atau mempunyai CPC yang besar.

Berikut adalah contoh dari hasil penelitian dari kata kunci / keyword untuk konten SEO.

contoh keywords

Pada gambar diatas, Loper menggunakan kata tunggal seperti “SEO”, frasa dua kata seperti “Digital Marketing”, dan beberapa frasa kata seperti “Social Media Marketing”.

Analisa Hasil Pencarian

Setelah pencarian kata kunci awal, anda akan mendapatkan banyak informasi yang muncul.

Berikut Loper jelaskan bagaimana cara membaca dari hasil pencarian kata kunci tersebut.

pencarian keywords

Dari pencarian keywords diatas menghasilkan kata kunci yang berjumlah 4.403. Hasil yang anda lihat berdasarkan data pencarian dua belas bulan terakhir. Anda dapat melihat data tersebut mengalami perubahan untuk periode yang lebih lama atau pendek.

Sebelum anda mendapatkan kata kunci atau keywords terbaru, keyword planner menampilkan hasil dari apa yang anda cari. Kolom yang ingin anda lihat adalah pencarian dan kompetisi rata rata perbulan.

Ad impression share, top of page bids, dan status akun google adwords yang telah terbayar.

Jarak pencarian bulanan yang rata-rata cukup tinggi. Misalnya waktu pencarian untuk keyword “SEO” mencapai 100.000 sampai 1 juta.

Perbedaan besar dari pencarian keywords tersebut. Satu satunya cara menggunakan Google Adwords Keyword Planner untuk mendapatkan data yang valid adalah menjalankan program iklan pada tools Google Adwords.

Data persaingan sangat penting.

Kata kunci dalam persaingan tinggi akan lebih sulit untuk mendapatkan peringkat teratas, karena banyak pengiklan menggunakan kata-kata tersebut.

Keyword atau kata kunci persaingan yang rendah akan lebih mudah untuk mendapatkan posisi teratas pada halaman pencarian google.

View keyword forecasts / Lihat Perkiraan Kata Kunci

perkiraan kata kunci

Get Search Volume and Forecast. Sama dengan namanya, forecast, fitur ini fungsinya adalah untuk memberikan perkiraan. Dengan menggunakan fitur ini Anda bisa mendapatkan data tentang perkiraan klik, impression, dan Click Through Rate (CTR). 

Selain itu, fitur ini juga akan menyediakan estimasi biaya yang perlu Anda keluarkan untuk setiap klik atau Cost Per Click (CPC). Anda bisa mengatur hasil perkiraan data untuk satu minggu ke depan, satu bulan ke depan, atau satu kuartal ke depan.

Kesimpulan

Google Keyword Planner memang fungsi utamanya adalah untuk melakukan riset keyword untuk kebutuhan Google AdWords. Namun, Anda juga bisa menggunakannya untuk kebutuhan riset keyword yang lain, untuk bisnis atau website Anda.

Baca Juga : Cara Meningkatkan CPC Adsense

Butuh tools apa aja untuk riset keyword?

Anda tidak dapat menggunakan Google Keyword Planner saja. Anda sebaiknya juga menggunakan tool riset keyword lain agar hasil riset keyword Anda lebih akurat. Lopers bisa menggunakan tool riset keyword seperti Ahrefs, Ubersuggest, KWFinder, SEMRush, Keyword tool io, Google Trends, dan lain-lain.

To Top