Tech & Auto

Cara Menggunakan PayPal Sebagai Metode Pembayaran Transaksi Online

PayPal

This post is also available in: English

Saat ini, berbelanja online menjadi salah satu kegiatan yang sangat sering dilakukan oleh masyarakat. Apalagi ditambah dengan adanya virus Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia dimana mengharuskan semua orang untuk melakukan kegiatan dari rumah sesuai dengan himbauan pemerintah.

Berbicara mengenai kegiatan belanja online, tentunya tidak akan terlepas dengan adanya kemudahan dalam transaksi pembayaran di dalamnya. Beragam metode pembayaran yang ada akan sangat membantu seseorang ketika melakukan berbagai macam transaksi online. Salah satu metode pembayaran yang kerap kali digunakan adalah menggunakan PayPal.

Bagi orang yang sering melakukan transaksi online dengan menggunakan situs penjualan terbesar seperti Amazon,  tentunya tidak asing dengan PayPal ini. Namun masih ada beberapa orang yang masih asing dengan PayPal. Untuk itu, berikut ini akan diulas mengenai cara menggunakan PayPal untuk transaksi online. Sebelum itu, akan diulas secara singkat mengenai informasi dari PayPal beserta kegunaan. Baca dan simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Pengertian PayPal

Apa itu PayPal? PayPal adalah sebuah situs website berbentuk rekening virtual sebagai alat pembayaran daring terkenal di dunia yang digunakan untuk bisnis, pribadi maupun pedagang dengan menyediakan layanan jasa transfer dan pembayaran secara online. PayPal memiliki jaringan yang kuat dan melayani berbagai macam transaksi keuangan.  Sampai dengan saat ini, PayPal menjadi salah satu alat pembayaran online yang paling banyak digunakan. Hampir semua platform termasuk situs jual beli internasional seperti Amazon maupun eBay menggunakan PayPal sebagai metode pembayaran.

Selain itu, platform musik seperti Spotify dan Bandcamp pun juga menggunakan alat pembayaran ini. Hal itu dikarenakan memiliki aplikasi PayPal sama halnya dengan mempunyai rekening secara online yang digunakan untuk membeli barang dan menerima dana dari orang yang sama-sama mempunyai akun PayPal.

Tidak hanya terbatas pada transaksi satu negara saja, PayPal dapat digunakan transaksi online antar negara. Saat ini, PayPal telah digunakan di 202 negara termasuk Indonesia dengan dukungan sebanyak 25 mata uang negara. Dengan menggunakan PayPal menjadikan berbelanja online lebih mudah dan aman di 10 juta toko yang ada di seluruh dunia. Pengguna akan tetap terlindungi ketika berbelanja secara online.

Sebelum membuat PayPal, pengguna diharuskan menentukan jenis akun PayPal yang akan dibuat. Ada dua jenis akun yang tersedia yaitu akun pribadi dan bisnis dimana masing-masing akun memiliki manfaat dan kegunaan tertentu. Jika hanya ingin mengirim uang ke sesama pengguna atau berbelanja online, maka akun yang dipakai adalah akun pribadi. Lain halnya jika pengguna ingin menjual sebuah produk secara online dan menerima pembayaran kartu debit dan kredit dengan sedikit biaya maka akun yang digunakan adalah akun khusus untuk bisnis.

Kegunaan PayPal di Era Digital

Sebagai alat pembayaran, PayPal sangatlah berguna bagi penjual dan pembeli barang secara online. Adapun kegunaan PayPal untuk penjual dan pembeli, yaitu: 

a. Kegunaan PayPal untuk penjual

  • Sebagai alternatif pembayaran untuk pembeli yang tidak memiliki rekening bank
  • Menerima pembayaran melalui kartu kredit tanpa perlu melewati proses pengajuan ke bank lokal

b. Kegunaan PayPal untuk pembeli

  • Digunakan untuk melakukan pembayaran dengan aman tanpa batas pada wilayah
  • Lebih cepat dalam melakukan check out
  • Rekening online pengganti bank konvensional
  • Bisa menerima transaksi pembayaran dalam bentuk mata uang asing dari klien yang berasal dari luar negeri
  • Sumber pembayaran yang bisa berasal dari kartu kredit maupun kartu debit

Cara Menggunakan PayPal Untuk Transaksi Online

Sebelum PayPal bisa digunakan, terlebih dahulu yang harus dilakukan adalah membuat akun PayPal bagi yang belum memiliki. Dalam pembuatan akun, ada beberapa yang harus dipersiapkan diantaranya kartu identitas bisa berupa KTP, SIM atau Passport. Selain itu, harus memiliki alamat email dan nomor telepon yang aktif. Yang lebih penting dari itu semua adalah harus memiliki kartu kredit tahunan yang masih aktif sebagai sumber saldo untuk akun PayPal. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini langkah-langkah membuat akun PayPal:

1. Buka situs website resmi PayPal. Pilih “Daftar” jika belum memiliki akun PayPal

2. Pilih jenis akun PayPal yang diinginkan. Jenis akun terdiri dari akun pribadi dan bisnis. Jika menggunakan PayPal hanya untuk mengirim uang maupun berbelanja online, maka pilih “Rekening Pribadi”, sedangkan jika ingin berjualan online ataupun menerima pembayaran, maka pilih “Rekening Bisnis”. Kemudian klik “Berikutnya”

3. Isi data pribadi di kolom formulir secara lengkap mulai dari alamat email, nama depan dan belakang, dan password. Setelah selesai mengisi, klik “Berikutnya”.

4. Lengkapi data pribadi mulai dari alamat lengkap, kewarganegaraan, kartu identitas, kodepos, dan nomor telepon. Centang dua kolom yang disediakan kemudian klik “Setuju dan Buat Rekening”

5. Rekening telah dibuat. PayPal sudah bisa digunakan untuk berbelanja online maupun mengirim pembayaran. Namun, sebelum itu tambahkan rekening kartu kredit maupun debit untuk mulai menggunakan rekening akun PayPal.

6. Selanjutnya kembali ke tampilan beranda. Pilih “Login. Masukkan masukkan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya

7. Sebelum menggunakan PayPal, lengkapi data untuk akun PayPal dan lakukan konfirmasi email terlebih dahulu. Pilih simbol “Setting” di samping tulisan “Logout”. Pilih “Konfirmasi”.

8. Setelah akun PayPal selesai dibuat, pengguna bisa kembali ke tampilan beranda PayPal untuk melakukan berbagai macam transaksi online seperti pembelian, transfer hingga penarikan dana. Namun sebelum bisa digunakan untuk berbagai keperluan online, perlu melakukan verifikasi kartu kredit terlebih dahulu

Keuntungan Menggunakan PayPal

  • Mengirim, membelanjakan, dan mengelola dana lebih mudah dan aman
  • Pembayaran lebih cepat ke rekening sesama pengguna PayPal yang ada di 100 lebih negara dan pasar hanya dengan alamat email atau nomor telepon pengguna tersebut
  • Belanja akan lebih aman meskipun dilakukan di ribuan situs e-commerce maupun aplikasi
  • Mengelola semuanya bisa dilakukan dari satu tempat. Pengguna bisa melakukan pembayaran sekaligus belanja hanya dengan satu rekening.
  • Mengirim uang dengan cepat dan mudah ke sesama pengguna PayPal lainnya dengan proses pengirimannya sangat cepat dan mudah. Hanya dengan beberapa klik dan hitungan detik uang langsung sampai ke alamat rekening PayPal yang dituju
  • Tidak akan dikenakan biaya ketika melakukan pembayaran dengan PayPal karena biaya akan dikenakan ketika pengguna menjual barang atau meminta pembayaran
  • Adanya sistem pengembalian barang yang telah dibeli apabila barang tidak cocok dan akan mendapatkan refund dana hingga US$20 atas biaya pengirim.

Bagaimana? Mudah sekali bukan. Dengan PayPal tentunya kegiatan belanja online maupun mengirimkan barang akan lebih mudah, aman dan cepat. Apalagi di tengah Pandemi Covid-19 ini semua serba dibatasi. Jadi, meskipun di rumah, kalian tetap bisa melakukan transaksi dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

To Top