Tech & Auto

Cara Menggunakan Twitter Fleets

Cara Menggunakan Twitter Fleets

Setelah dinanti cukup lama, Twitter akhinya merilis secara global fitur Fleets-nya. Twitter Fleets ini memungkinkan pengguna Twitter untuk mengunggah video pendek mirip seperti Instagram Stories. Pengguna Twitter di Indonesia yang menggunakan platform Android maupun IOS dapat mencobanya. Bahkan, banyak pengguna Twitter yang sudah memamerkannya dengan mengunggah tangkapan layar Fleetsnya di linimasa.

Cara Mendapatkan Fitur Twitter Fleets

Cara Mendapatkan Fitur Twitter Fleets

Untuk mendapatkan fitur terbaru Twitter ini sendiri, pengguna harus memperbarui aplikasi Twitter mereka di PlayStore atau App Store menjadi versi 8.7.1.0. namun, jika masih belum bisa juga mendapatkannya setelah memperbarui aplikasi, kemungkinan fitur tersebut belum digulirkan secara merata. Karena, setelah aplikasi berhasil di update, Fleet akan muncul secara otomatis di bagian atas layar.

Tampilan fitur ini pun mirip dengan Instagram Stories, dimana bagian paling kiri adalah ikon tambah yang gunanya untuk membuat unggahan baru. sedangkan, pada sisi sebelah kanannya adalah unggahan dari akun-akun yang telah diikuti. Seperti Instagram, pengguna hanya perlu melakukan tap untuk bisa melihat unggahan fleets pengguna lain. Konten yang bisa diunggah pun terbilang cukup lengkap walupun belum terlalu kaya. Pengguna bisa mengunggah foto maupun video yang tersimpan di galeri ponsel maupun diambil langsung dengan kamera. Hanya saja, fitur Twitter satu ini belum memiliki GIF, atau filter yang bisa digunakan untuk mengedit foto atau video.

Fleets hanya memiliki pilihan untuk mengganti latar belakang foto saja. Pengguna juga bisa menghiasinya dengan teks dan mention ke akun pengguna lain. Selain itu, pengguna Twitter juga bisa menanggapi Fleets pengguna lain dengan member like, atau emoji.

Cara Menggunakan Fleets

Cara Menggunakan Fleets
  1. Tekan ikon plus “+” yang berada di bagian atas pada gambar kamera, atau tekan profile picture anda.
  2. Selanjutnya, anda akan diarahkan ke bagian untuk mengunggah Fleets. Perhatikan juga menu pada bagian bawah yang bisa digeser ke kanan atau kiri untuk memilih jenis konten apa yang ingin anda buat atau unggah ke Fleets.
  3. Jenis konten yang dapat diunggah ke fitur ini adalah foto atau video yang bisa dipilih dari menu Galeri atau memotretnya langsung. Untuk foto atau video yang diunggah dari Galeri atau dapat ditambahkan teks. Pilihlah menu Text yang berada di kiri jika ingin mengunggah Fleets dengan isi tulisan saja. Sedangkan pada menu paling kanan yaitu video yang menyediakan menu untuk merekam video berdurasi panjang tanpa harus menekan atau menahannya. Menu video di Twitter Fleets sendiri mirip dengan mode Hands Free pada Instagram Stories.
  4. Perhatikan juga ikon yang muncul pada bagian kanan atas paling sudut, ikon tersebut berguna untuk beralih dari kamera belakang dan depan. Selain itu, ikon tersebut juga bisa digunakan untuk menyalakan lampu flash.
  5. Langkah terkahir untuk mengunggah Fleet adalah dengan menekan tombol di sudut kanan paling atas. Setelah itu, fleets anda pun akan muncul di deretan atas lini masa. Jadi, fitur ini pun sangat mirip dengan Instagram Stories, hanya saja ada banyak fitur lain yang tidak dapat ditemukan di Twitter Fleets.

Wah, main Twitter sekarang jadi makin seru kan? Anda bisa upload atau mengunggah video maupun foto astetik layaknya di Instagram Stories. Biar tidak makin penasaran, yuk langsung update aplikasi Twitter di ponselmu dan coba fitur terbaru milik Twitter ini.

To Top