Tech & Auto

Cara Mengunci Flash Disk Dalam Lima Menit

mengunci flash disk

Anda sering memakai flash disk untuk menyimpan data pribadi? Membawa kemana saja anda pergi dan siap dicolokkan ke PC untuk membuka dan menyimpan file baru?. Apakah anda sudah merasa aman dengan menyimpan data probadi do flash disk tanpa password ?. Bagaimana jika ada rekan anda yang iseng lalu membuka flashdisk dan mengetahui semua isinya ?. Gawat. Bisa jadi semua data pribadi anda akan terbongkar dan apapun itu data anda dapat diakses dan apapun bisa terjadi dengan  data tersebut. Sebaiknya anda memiliki cara mengunci flash disk dengan benar agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan serta mengamankan data dari orang yang tidak berhak.

Memang, kejadian pencurian data secara sengaja maupun tidak bisa terjadi kapan saja, termasuk data atau file yang tersimpan dalam flashdisk. Memang semua tidak ada yang menginginkan terjadi pada kita semua. Masih ingat dengan peristiwa Ariel Noah ?. Dimana datanya yang tersimpan di laptop pribadinya dapat dikopi, digandakan dan disebar tanpa sepengetahuan pemiliknya. Bagaimana jika itu jika terjadi dengan anda ?. Bagaimana jika itu data penting perusahaan anda atau data laporan keuangan yang sangat rahasia ?.

Jika anda seorang yang awam tentang komputer, hanya perlu 5 menit untuk anda membaca dan mempraktekkan tips teknologi kali ini tentang cara mengunci flash disk dengan cepat tanpa software. Saya yakin, anda memiliki data yang penting dan pribadi. Tidak ingin orang lain dapat membuka dengan leluasa dan melihat isi flash disk anda.

Dari banyak situs mengenai keamaanan data, disebutkan ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengunci Flash disk atau proteksi flashdisk agar aman, termasuk menggunakan sofware. Namun kali ini tips teknologi akan memberikan cara cepat mengunci flash disk tanpa software. Tetapi cara ini bisa digunakan pada windows 7 atau pada versi yang di atasnya. Bit Locker adalah sebuah aplikasi security yang sebetulnya telah tersedia di dalam sistem operasi Windows. Dengan Bit Locker inilah kita bisa mengunci flashdisk tanpa menggunakan software khusus.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini langkah-langkah cara mengunci flash disk dengan bitlocker :

  • Ambil flash disk anda, dan colokkan ke port usb anda.
  • Buka aplikasi My Computer, lihat bagian kolom kanan dimana disitu ditampilkan drive dari flash disk yang telah anda colokkan tadi.
  • Gunakan cursor mouse, lalu klik tombol kanan mouse anda hingga muncul pop up menu yang salah satu diantaranya terdapat perintah Turn On Bitlocker. Klik pada perintah tersebut.
  • Setelah itu akan muncul pilihan cara / jenis enkripsi yang akan diterapkan pada flashdisk anda. Yaitu apakah dengan melalui penggunaan password tertentu atau dengan mempergunakan kartu pintar atau smart card. Tentu yang direkomendasikan adalah dengan mempergunakan password, selain mudah cara pengoperasiannya dan lebih luwes. Smart card memerlukan perlengkapan tambahan yang cukup ribet. Pada bagian ini, silakan anda memasukkan password yang diinginkan, dan ulangi untuk proses cek pengetikan yang benar.
  • Setelah anda memasukkan jenis password, dan klik next, maka ada pilihan / pertanyaan tentang bagaimana anda akan melakukan proses rekoveri jika anda lupa password. Ini untuk antisipasi jika anda lupa sama sekali password anda. Bahaya jika anda sampai lupa password. Pada bagian ini, ada pilihan apakah password anda akan disimpan di akun Microsoft secara online, simpan ke file atau akan di print. Ini dapat anda pilih mana yang paling anda rasa aman dan menjadi sistem rekoveri jika anda lupa password.
  • Tahap selanjutnya, anda akan dihadapkan tentang sistem enkripsi yang akan diterapkan pada data yang ada dalam flashdisk. Apakah secara keseluruhan isi flash disk atau hanya data yang akan dienkripsi. Jika hanya data saja yang akan dikodekan untuk menjaga kerahasiaan, maka prosesnya akan lebih cepat.
  • Tahap selanjutnya adalah, anda diminta menentukan jenis metode pengkodean data anda. Jika anda merasa bingung, tips teknologi merekomendasikan anda memiliki yang Compatible Mode yang lebih aman dan direkomendasikan oleh windows. Setelah klik Next, maka semua tahap sudah selesai dan flash disk anda telah terkunci.

Baca Juga : Masalah masalah yang sering muncul pada PC

Bagaimana jika ingin membukanya ?. Cukup mudah, saat anda ingin membukanya, cukup double klik pada drive flash disk yang muncul di My Computer. Saat itu juga anda muncul pop up window untuk anda memasukkan password yang telah anda setting tadi. Mudah bukan?. Selamat mencoba.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top