Tech & Auto

Cara Mudah Registrasi Ulang Kartu Simpati, AS, XL, Indosat Ooredoo, Tri, SmartFren

Semua pemilik telepon seluler harus segera mendaftar / registrasi ulang kartu SIM pra bayar ke Kementerian Komunikasi dan Telekomunikasi. Jika tidak mendaftar ulang, kartu SIM kamu akan diblokir.

Registrasi ulang kartu SIM bisa dilakukan dengan mudah, namun untuk setiap provider mungkin memiliki cara yang sedikit berbeda. Nah bagi sobat yang ingin melakukan pendaftaran ulang nomor SIM card baik untuk pengguna baru maupun lama, kali ini kami akan memberikan tutorial bagaimana cara registrasi ulang kartu SIM prabayar dengan menggunakan KTP dan KK untuk semua operator (Simpati, AS, XL, Indosat Ooredoo, Tri, SmartFren, dll).

setiap orang hanya bisa melakukan registrasi ulang oleh pelanggan sendiri maksimal 3 kartu SIM prabayar di satu operator. Jika lebih dari itu, registrasi nomor ke-4 dan seterusnya dapat diregistrasi melalui gerai penyelenggara jasa telekomunikasi atau gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi.

Kewajiban ini berlaku berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2016 beserta perubahannyatentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Meskipun terdapat keberatan dari masyarakat, antara lain dari lembaga swadaya masyarakat bidang HAM, yakni ELSAM, karena peraturan ini lemah, namun pemerintah belum mengurungkan kewajiban registrasi ulang ini.

Kewajiban ini berlaku untuk semua pelanggan lama kartu SIM prabayar semua operator maupun pelanggan pasca bayar dan calon pelanggan pasca bayar, kartu milik perorangan maupun milik perusahaan. Registrasi kali ini melalui proses verifikasi dan validasi kartu identitas yang terdaftar di database DUKCAPIL (Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil).

Cara Mudah Registrasi Ulang Kartu Simpati, AS, XL, Indosat Ooredoo, Tri, SmartFren Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar via SMS

Cara registrasi ulang SIM Prabayar bagi pelanggan lama dan pelanggan baru cukup mudah. Kamu hanya perlu mengirimkan SMS ke nomor operator kartu. Hanya saja kamu harus menyertakan nomor KTP (16 digit) dan nomor induk kependudukan (16 digit). Lalu kamu mengirim SMS ke nomor 4444.

Berikut ini cara registrasi ulang kartu SIM prabayar untuk semua operator via SMS bagi pelanggan baru dan pelanggan lama:

Pelanggan Lama

Tata cara registrasi ulang via SMS bagi pelanggan lama dengan format sebagai berikut:

1. Indosat, Smartfren, dan Tri

Ketik SMS: ULANG#NIK#NomorKK#
Contoh: ULANG#1234567891011134#5566778899110022. Lalu SMS kirim ke nomor 4444

2. XL Axiata

ULANG#NIK#NomorKK

3. Telkomsel & Simpati

ULANG(spasi)NIK#NomorKK#

Registrasi bagi Pelanggan Baru

Format registrasi via SMS bagi pengguna yang membeli kartu SIM perdana adalah sebagai berikut:

1. Indosat, Smartfren, Tri

NIK#NomorKK#

2. XL Axiata

Daftar#NIK#Nomor KK

3. Telkomsel & Simpati

Reg(spasi)NIK#NomorKK

Jika sudah mengetik format di atas, kirim SMS kamu ke nomor 4444.

Alasan harus registrasi ulang SIM Prabayar

Dengan kewajiban registrasi ulang kartu SIM ini pemerintah beralasan bisa menangkal penyalahgunaan layanan telekomunikasi untuk kriminalitas dan penyalahgunaan kartu untuk kepentingan yang merugikan konsumen, hingga menangkal jaringan terorisme.

Bentuk kriminalitas dengan kartu SIM, misalnya, penipuan keuangan. Banyak terjadi penipuan dari orang yang tak dikenal melalui telepon yang meminta mentransfer uang ke rekening seseorang. Pemerintah berjanji, penipuan semacam itu bisa ditangkal karena nomor telpon bisa dilacak sesuai dengan identitas asli penggunanya. Kita tunggu saja ya janji pemerintah ini.

Periode Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar

Kewajiban ini berlaku mulai akhir Oktober 2017, tepat mulai tanggal 30 Oktober 2017. Paling lambat, kamu harus registrasi ulang kartu SIM prabayar hingga 28 Februari 2018 mendatang.

Jika terlambat mengantisipasi kewajiban ini, dan kartu SIM kamu diblokir, dampak keuangannya cukup besar. Dari mulai tidak bisa melakukan panggilan keluar, panggilan masuk dan tidak bisa internet. Misalnya, fasilitas pembayaran di salah satu aplikasi pembayaran seperti GoPay yang sudah tercatat dengan nomor telepon kamu akan hilang, termasuk segala poin yang sudah terkumpul. Dan masih banyak lagi kerugiannya.

Perlu dicatat, nomormu tidak akan hangus selama masih ada jangka waktu aktif walaupun dalam status diblokir. Tapi begitu jangka waktu aktif nomor tersebut habis, otomatis nomor kartunya tidak bisa digunakan lagi.

Jika Melewati 28 Februari 2018
Antara 31 Oktober 2017 hingga 28 Februari 2018, registrasi ulang bisa dilakukan lewat SMS di nomor 4444. Setelah tanggal 28 Februari 2018, pemilik kartu prabayar mesti melakukan registrasi ulang di gerai customer service operator masing-masing. Tidak lagi langsung menggunakan SMS.

Registrasi Pelanggan Prabayar merupakan pendaftaran identitas diri yang wajib dilakukan oleh calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar yang datanya belum divalidasi (“Pelanggan”) dengan menggunakan data identitas kependudukan yang valid sebagaimana yang tercatat di Direktorat Jenderal Kependudukan & Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (“Ditjen Dukcapil”). Ketentuan registrasi pelanggan ini juga berlaku bagi calon pelanggan pascabayar.

Memberikan perlindungan kepada masyarakat pengguna jasa layanan telekomunikasi terhadap tindakan kejahatan dan aksi-aksi penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (kejahatan terorisme, penipuan,informasi spamming, kejahatan siber) dan sebagainya, sehingga masyarakat/pelanggan juga semakin nyaman dalam menggunakan jasa layanan telekomunikasi.

Kemudahan penyediaan layanan bagi pelanggan layanan telekomunikasi misalnya untuk transaksi online dan non tunai.

Data pelanggan tersebut dapat digunakan untuk kepentingan keuangan inklusif seperti pinjaman online atau penyaluran dana atau bantuan pemerintah dan hal hal lain sejenisnya.

Perbedaan registrasi kartu prabayar sekarang dengan registrasi sebelumnya?

No Ketentuan Registrasi Sebelumnya Ketentuan Registrasi Baru
1 Registrasi menggunakan data Nomor Identitas, Nama, Alamat, Tempat/Tanggal Lahir, ROID (Retail/Outlet ID), Kode Pos Registrasi menggunakan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK yang tercantum pada KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK).
2 Tidak terdapat proses validasi Harus melalui proses validasi ke data yang tercatat di Ditjen DUKCAPIL
3 Hanya dapat dilakukan oleh gerai penyelenggara jasa telekomunikasi dan gerai milik mitra Dapat dilakukan oleh pelanggan yang bersangkutan, gerai penyelenggara jasa telekomunikasi, gerai milik mitra, menghubungi layanan contact center.

Selain itu, Persyaratan apa yang harus disiapkan pelanggan untuk melakukan registrasi kartu prabayar?

Persyaratan yang harus disiapkan pelanggan yaitu:

Cara Mudah Registrasi Ulang Kartu Simpati, AS, XL, Indosat Ooredoo, Tri, SmartFrenBagi WNI (Warga Negara Indonesia):

KTP-Elektronik
Kartu Keluarga (KK)

Bagi WNA (Warga Negara Asing):

Paspor
KITAP (Kartu Ijin Tinggal Tetap)
KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara)

 

jika calon pelanggan dan pelanggan lama yang belum memiliki KK dan KTP elektronik juga dapat melakukan registrasi?
Ya dapat. Jika belum memiliki KTP elektronik tetap dapat melakukan registrasi dengan menggunakan NIK yang informasinya terdapat dalam KK. Jika belum memiliki KK, tidak dapat melakukan registrasi.

 

Jika pelanggan mengalami kendala data kependudukan, silakan menghubungi layanan pelanggan Ditjen Dukcapil atau kunjungi www.dukcapil.kemendagri.go.id atau melalui Call Center 1500537 (pada hari dan jam kerja).

Apakah ada sanksi bagi pelanggan yang tidak melakukan registrasi? Ya, ada sanksi bagi pelanggan yang tidak melakukan proses registrasi.

Untuk calon pelanggan, kartu tidak dapat aktif. Untuk pelanggan lama, akan dilakukan pemblokiran secara bertahap.

Pemblokiran layanan panggilan keluar (outgoing call) dan layanan pesan singkat keluar (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalendar sejak tanggal pemberitahuan diberlakukan ketentuan registrasi ulang.oleh penyelenggara jasa telekomunikasi.

Pemblokiran layanan panggilan masuk (incoming call) dan layanan pesan singkat masuk (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan.

Pemblokiran layanan internet jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin kedua.

Jumlah nomor yang dapat diregistrasi untuk setiap calon pelanggan dan pelanggan lama?
Jumlah nomor yang dapat diregistrasi oleh calon pelanggan dan pelanggan lama dapat diregistrasi oleh pelanggan yang bersangkutan (self registration) maksimal 3 (tiga) nomor untuk setiap NIK pada setiap penyelenggara jasa telekomunikasi. Jika lebih dari 3 nomor, maka nomor ke-4 dan seterusnya dapat diregistrasi melalui gerai penyelenggara jasa telekomunikasi atau gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi.

Perlu diketahui, KEMENKOMINFO mewajibkan semua pemilik nomor melakukan registrasi ulang dengan pengisian data yang benar, jadi tidak boleh di buat asal-asalan agar SIM Card anda tidak di blokir. Sedangkan untuk batas pendaftaran ulang tersebut berakhir sampai tanggal 28 Februari 2018.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top