Tech & Auto

Cara Promosi Melalui Aplikasi Tik Tok

Cara Promosi Melalui Aplikasi Tik Tok

Saat ini, trendnya adalah online shop. Banyak sekali orang-orang yang beralih untuk menekuni bidang online shop yang mulai memasarkan produknya ke sosial media. Mungkin banyak orang yang sudah mengetahui jika sosial media menjadi salah satu alat yang digunakan dalam memasarkan produk dengan cepat. Tidak hanya Facebook maupun Instagram, mereka juga mulai memasarkan produknya melalui aplikasi yang sedang ramai diperbincangkan yaitu aplikasi Tik Tok.

Aplikasi Tik Tok Untuk Bisnis

Saat ini, TikTok menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Mengingat semakin banyaknya pengguna Tik Tok,  hal itulah yang bisa dijadikan peluang bagi pelaku bisnis untuk mengenalkan kepada publik terkait produk yang dijual.

Mereka bisa menggunggah konten-konten kreatif yang berhubungan dengan produk yang dijualnya seperti mengunggah cara pembuatan, cara untuk memesan hingga cara packing ketika menerima pesanan. Saat ini, packing produk termasuk salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan apakah ingin membeli produk itu ataupun tidak. Semakin kreatif dan bagus cara packing sebuah produk, maka dijamin produk yang dijual akan semakin dilirik oleh publik.

Memasarkan sebuah produk melalui Tik Tok cukup mudah, hanya butuh kesabaran dan kreatif dalam  memasarkan  sebuah produk yang dijual. Mungkin akan sedikit sulit bagi seorang pemula karena mungkin itu adalah pertama kalinya dalam memasarkan produk yang dijualnya di aplikasi ini. Namun, semua proses itu akan terlewati dengan mudah, asalkan sabar dan memiliki semangat untuk terus mempelajari tentang cara promosi produk di tiktok. Berikut ini tips bagi pemula yang ingin memasarkan produk yang dijualnya melalui Tik Tok. Simak ulasannya di bawah ini!

Install aplikasi Tik Tok dan jadikan akun bisnis

Akun Bisnis TikTok

Sebelum kalian memasarkan suatu produk, terlebih dahulu install aplikasi Tik Tok melalui Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Unduh dan install aplikasi Tik Tok
  • Buka aplikasi TikTok
  • Daftar dulu untuk membuat akun bisnis online shop. Untuk mendaftar akun bisa menggunakan email, nomor telepon, Facebook, akun Google, maupun Line dari bisnis yang dimiliki
  • Buat nama pengguna yang sesuai dengan nama online shop
  • Alihkan ke akun bisnis dengan klik “saya” di bagian kanan bawah
  • Pilih tanda titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih “Kelola Akun”
  • Klik “Alihkan ke Akun Pro”. Tunggu hingga proses loading selesai
  • Pilih jenis akun yang diinginkan. Jika untuk bisnis, maka pilih “Bisnis”. Jika ingin menjadi kreator Tik Tok, pilih “Kreator”
  • Pilih kategori bisnis yang sesuai dengan produk yang dijual
  • Pilih “Edit Profil” dengan melengkapi data akun bisnis mulai dari pasang foto profil dan isi biodata terkait bisnis yang dimiliki serta produk yang dijual dengan lengkap.
  • Tambahkan juga link dari bisnis yang dimiliki jika memasarkan produk yang dijualnya di e-commerce lain

Susun ide Untuk Menciptakan Konten

Sebelum mulai untuk memasarkan sebuah produk, alangkah baiknya jika memikirkan konten apa saja yang ingin diunggah di akun Tik Tok seperti melakukan riset terlebih dahulu tentang konten apa yang sedang viral di aplikasi ini. Dengan demikian, konten yang sedang viral tersebut bisa dijadikan sebuah referensi. Jika konten disusun dengan matang, hal itu akan sangat membantu kalian memasarkan produk dengan menggunakan TikTok.

Tik Tok Trends

Setelah melakukan riset, selanjutnya adalah buatlah konten yang menarik yang mengikuti trend di Tik Tok . Selalu up to date tentang tren yang sedang viral termasuk salah satu cara untuk membantu dalam pembuatan konten.

Jika ingin membuat konten tentang sebuah produk yang dijual, alangkah baiknya buatlah konten yang memperkenalkan tentang produk tersebut, kemudian produk apa saja yang dijual, bagaimana sistem pemesanan dan pembayaran hingga cara packing produk. Kalian juga bisa membuat konten tentang awal mula kalian menggeluti usaha tersebut, perjuangan kalian mulai dari riset bahan hingga produk tersebut siap untuk dikirim dan sebagainya.

Buat konten semenarik dan sekreatif mungkin. Agar cepat viral dan masuk ke dalam fyp, sisipkan musik maupun filter yang sedang tren di kalangan pengguna Tik Tok yang biasanya digunakan untuk konten tentang usaha jualan online.

Buatlah konten video dengan caption

Sama halnya dengan Instagram, video yang diunggah di Tik Tok harus berdurasi maksimal satu menit. Dengan adanya batasan durasi ini tentunya perlu dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Ketika membuat konten video, jangan membuatnya dengan asal. Buatlah konten video yang menarik kemudian sertakan juga caption yang menggambarkan tentang apa yang ada di dalam konten video dengan jelas.

Ketika membuat caption untuk video yang diunggah, gunakan kalimat yang ringkas, baik, dan menarik. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan nilai jual terhadap produk yang sedang dipasarkan di Tik Tok.

Tik Tok hashtag

TikTok Hashtag

Cara ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan bisnis online shop melalui Tik Tok. Perlu diketahui bahwa penggunaan hashtag ternyata sangat berpengaruh pada luasnya wilayah penyebaran dalam memasarkan bisnis. Hal itu pula dimanfaatkan pelaku bisnis yang menginginkan produk yang dijual cepat dikenal orang.

Oleh karena itu, gunakan hashtag yang relevan dengan isi dari konten video yang dibuat atau nama dari produk yang dijual. Hindari menggunakan hashtag yang terlalu umum dan populer karena hal itu bisa membuat konten video yang dibuat tenggelam oleh video-video lain .

Akan lebih baik lagi jika menggunakan hashtag yang spesifik dan tidak terlalu banyak digunakan agar konten video yang berisikan produk yang dijual mendapatkan spotlight. Ketika membuat hashtag, jangan lupa untuk menyertakan #fyp agar video yang diunggah muncul di beranda pengguna-pengguna Tik Tok.

Pilih waktu yang tepat mengunggah konten

Jika ingin memasarkan produk dalam bentuk video ke aplikasi Tik Tok, sebaiknya pilihlah waktu yang tepat. Hal itu dikarenakan akan berpengaruh pada banyaknya orang yang akan melihat dan lebih cepat viral. Apabila mengunggah video secara asal, maka itu bisa menjadi hal yang sia-sia.

Waktu terbaik untuk mengunggah sebuah konten adalah pukul 12 sampai dengan 5 sore. Bisa juga pada malam hari. Waktu-waktu yang disebutkan adalah waktu terbaik dimana pada waktu itu mulai dari anak-anak sekolah, kuliah hingga pekerja akan memiliki waktu luang untuk melihat video yang ada di Tik Tok

Influencer Tik Tok

Pengguna Tik Tok terutama yang masih muda lebih berminat dengan influencer. Oleh karena itu, menjalin kerjasama dengan seorang influencer adalah hal yang perlu dipertimbangkan jika ingin meningkatkan penjualan bisnis online sehingga produk yang dijual akan dikenal banyak orang.

Meskipun demikian, ada hal yang harus diperhatikan ketika akan mengajukan kerjasama, salah satunya adalah carilah informasi terlebih dahulu mengenai siapa influencer yang hendak diajak kerja sama. Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah target pemasaran produk  sejalan dengan influencer tersebut.

Posting video sesering mungkin

Seringnya dalam memposting video termasuk salah satu cara untuk memasarkan sebuah produk yang dijual untuk meningkatkan penjualan bisnis online di Tik Tok. aplikasi tersebut akan memberikan penghargaan bagi akun bisnis yang sering memposting konten. Semakin banyak yang diposting dengan beragam hashtag, maka akan semakin luas persebaran konten yang dibuat guna memasarkan produk yang dijual.

Dalam satu hari, setidaknya posting minimal dua konten. Untuk mempermudah, buatlah rencana terkait jadwal memposting konten serinci mungkin sehingga pembuatan konten akan terkontrol dengan baik.

Tik Tok Ads

Strategi lain dalam memasarkan sebuah produk melalui Tik Tok adalah memasang iklan dengan menggunakan sistem periklanan yang ada di dalam aplikasi yaitu Tik Tok Ads. Dengan fasilitas tersebut, tentunya pelaku bisnis dapat memasang iklan terkait produk yang dijualnya dengan mudah. Buatlah iklan yang tidak hanya mencuri perhatian pengguna, tetapi juga meningkatkan rasa penasaran mereka sehingga memiliki keinginan untuk mencoba produk yang dijual oleh para pelaku bisnis.

Ada beberapa jenis Ads yang disediakan oleh Tik Tok diantaranya:

  • Infeed Native Content : jenis iklan ini mirip dengan iklan yang ada di Snapchat maupun Instagram Story yang mana iklan ini muncul di tengah feed akun. Iklan ini berisikan sebuah link yang dengan sekali klik akan langsung tersambung ke website yang dituju
  • Hashtag Challenge : pelaku bisnis bisa memasarkan produk yang dijual dengan membuat sebuah hashtag challenge agar bisa diikuti banyak pengguna sehingga produk yang dipasarkan akan diketahui pengguna yang mengikuti challenge tersebut
  •  Pre-roll ads : sebuah iklan berbentuk video yang akan muncul setelah membuka aplikasi
  • Branded effects : iklan yang menyediakan filter yang dapat menampilkan informasi sebuah brand tertentu

Perlu diingat kembali bahwa membuat strategi yang matang adalah salah satu hal penting dalam berbisnis terutama untuk meningkatkan penjualan. Segala sesuatu memang perlu dipertimbangkan. Ketika memutuskan untuk memasarkan suatu produk ke aplikasi Tik Tok tentunya harus ada yang dipertimbangkan mulai dari trend yang sedang berkembang, seperti apa konten video yang cepat viral, target pemasaran, dan sebagainya. Hal ini sangat penting dilakukan terutama bagi pelaku bisnis pemula yang baru mencoba memasarkan produk yang dijualnya di Tik Tok.

To Top