Tech & Auto

Cara Uninstal Aplikasi Yang Tidak Diinginkan Dari Windows 10?

Cara Uninstal Aplikasi Yang Tidak Diinginkan Dari Windows 10?

Aplikasi seperti Cortana, Edge, Xbox, Groove dan ingin anda uninstal / delete. Haruskah membuang aplikasi tersebut?

Setiap sistem operasi mencakup fitur yang tidak disukai atau diinginkan oleh beberapa orang. Ini bahkan lebih menjadi masalah dengan Google Android, yang saya gunakan, jadi sangat mengganggu. Namun, pada surface Pro 4, menghapus aplikasi Microsoft tidak akan menghemat banyak ruang (disk space), juga tidak akan membuat perbedaan sedikit pun pada kinerja.

Waktu dan usaha yang Anda habiskan untuk menghapus program ini tidak akan memiliki manfaat yang praktis, dan Microsoft dapat menginstal ulang mereka dengan setiap upgrade sistem operasi, yaitu dua kali setahun, jika tidak sebelumnya. (Windows 10 menjalankan SIHClient – untuk Server-Initiated Healing – setiap hari untuk memperbaiki kerusakan pada sistem operasi.) Oleh karena itu Anda akan berkomitmen untuk membuang lebih banyak waktu lagi di masa mendatang.

Meskipun demikian, Anda dapat menyembunyikan atau menghapus banyak program, termasuk program yang sangat lama seperti Windows Media Player dan Internet Explorer 11. Anda pasti bisa menghapus salinan percobaan Microsoft Office, yang mungkin sudah terinstal di PC Anda. Setidaknya itu menghemat ruang. Begitu juga uninstal game gratis. Namun, sebaiknya Anda tidak menghapus aplikasi Windows Store atau browser Edge.

Aplikasi dan placeholder

Beberapa program Microsoft memiliki tiles atau muncul pada menu Start. Anda bisa membuatnya hilang dengan mengklik kanan dan memilih “Uninstall” atau paling tidak “Lepas pin dari Start” dari menu drop-down.
fitur Windows 10
Jika tidak, jalankan aplikasi Setelan dan klik “Aplikasi & fitur”. Ini berisi daftar aplikasi dan program Anda dan memberi tahu Anda berapa banyak ruang yang Anda gunakan. Klik pada program yang tidak Anda inginkan dan Anda mungkin akan diberi opsi untuk mencopot pemasangannya.

Jika tidak, Piriform’s CCleaner Free menyediakan cara mudah untuk menghapus sebagian besar aplikasi yang dibundel. Jalankan CCleaner Free dan klik Tools (ikon kunci pasak) untuk mendapatkan daftar program. Klik Publisher untuk mengurutkan kolom itu sehingga semua aplikasi Microsoft digabungkan.

Edge

Browser Edge adalah bagian dari Windows 10, dan komponennya dapat digunakan oleh perangkat lunak lain untuk menampilkan file HTML. Mesin rendering EdgeHTML juga tersedia untuk program pihak ketiga, yang menghemat semua orang dari pengiriman mesin rendering mereka sendiri dengan setiap aplikasi. Oleh karena itu harus menghemat ruang dalam jangka panjang. Melepaskannya bisa merusak fungsi.

Edge adalah browser yang bagus, dan layak disimpan jika hanya sebagai cadangan. Ini memiliki Adobe Flash Player dan pembaca PDF yang terpasang, dan sangat bagus untuk melihat video online. Ini tidak memiliki banyak fitur sebagai pesaingnya, atau banyak ekstensi, namun terus meningkat. Ini juga mengikuti standar web. Apa yang tidak dilakukannya adalah mendukung situs web yang ditulis untuk Internet Explorer, karena itulah IE11 masih disertakan di Windows 10.

Edge juga merupakan bagian dari sistem “asisten cerdas” Microsoft, yang mencakup Cortana, Edge dan mesin pencari Bing. Baik Google dan Apple menggunakan jenis arsitektur yang sama dengan asisten, browser, dan ujung belakangnya sendiri.

Cortana

Cortana melakukan dua hal di Windows 10. Pertama, ia menjalankan sistem pencarian lokal. Kedua, Cortana adalah asisten digital berbasis cloud, seperti Amazon Alexa yang berbasis cloud. Tidak ada gunanya menghapus yang pertama, dan sebagian besar yang terakhir tidak ada di PC Anda. Yang bisa Anda lakukan adalah menghentikan Cortana mengumpulkan informasi tentang Anda.
cortana windows 10
Jalankan aplikasi Settings, klik ikon Cortana, dan kerjakan semua pilihannya. Bagian yang disebut Permissions & History mencakup “Ubah apa yang Cortana ketahui tentang saya di awan”. Mengklik ini akan menghasilkan pop-up “Informasi Pribadi”. Gulir ke bawah dan klik tombol bertanda Clear untuk menghapus semuanya. Sebagai alternatif, Anda bisa online untuk melihat dan menghapus semua informasi yang dimiliki Microsoft di awan, termasuk Cortana.

Halaman bantuan Microsoft, Cortana dan privasi, memberikan panduan yang baik untuk mematikan sumber informasi Cortana, jika mereka telah dihidupkan.

Cortana bisa menyebalkan saat dia mengisi Edge untuk mencari web, tapi Anda bisa menghindarinya. Saat Anda mengeklik di kotak telusur, pilih Apps atau Documents dan hindari Web. Jika Anda pergi ke puncak dan mengeklik panah bawah di samping Filter, Anda dapat membatasi pencarian lebih jauh lagi dengan memilih Email, Musik, Orang, Foto, Video, dll dari daftar.

Namun, Anda dapat dengan mudah mengubah Cortana dengan keluar, itulah bagaimana Cortana bekerja pada Android dan Apple iOS juga. Klik pada Cortana’s Notebook, pilih About Me, klik pada alamat email anda lalu klik “Sign out”.

Jika semua ini tidak cukup, Anda bisa menonaktifkan Cortana dengan mengedit registri di Windows 10 Home, dengan risiko Anda sendiri. Lihat How-To Geek untuk rinciannya. Pada versi Pro dan Enterprise Windows 10, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Cortana dengan mencentang entri “Allow Cortana” di editor kebijakan grup, yang melakukan hal yang sama.

Program dan fitur

Seperti disebutkan, aplikasi pemasangan aplikasi unduhan, namun belum sepenuhnya menggantikan Panel Kontrol lama. Untuk menjalankan ini, ketik “co” di kotak pencarian dan jalankan program saat muncul.

Panel Kontrol hanya mencantumkan program yang berjalan di subsistem Windows tradisional, yang dikenal sebagai Win32. Ini tidak daftar aplikasi gaya baru yang berjalan di cross-platform Windows Runtime subsistem, WinRT, tapi periksa daftarnya, untuk melihat apakah ada sesuatu yang ingin Anda hapus.

Setelah itu, masuk ke menu lefthand dan klik “Turn Windows features on or off”. Ini akan menampilkan kotak di mana Anda dapat menambahkan fitur yang mungkin Anda inginkan – Server FTP, klien Telnet, subsistem Linux – dan menghapus yang tidak Anda inginkan. Windows Media Player dan IE11 muncul di sini, meskipun saya sarankan untuk menjaga keduanya.

Namun, jika SMB 1.0 diaktifkan, untick untuk menghapusnya. Ini tidak aman dan Anda tidak membutuhkannya.

Perhatikan bahwa Notepad maupun WordPad tidak disebutkan dalam daftar ini, dan juga tidak muncul di menu Start. Keduanya disertakan dalam Windows 10 sehingga Anda dapat membaca dokumen dan file log tanpa harus mendownload aplikasi lain, dan Anda dapat menjalankannya dari kotak pencarian.
Berhenti membenci aplikasi!

Banyak pengguna tampaknya tidak menyukai aplikasi modern (WinRT), tapi itu tidak masuk akal. Aplikasi modern lebih aman dijalankan dan lebih mudah dipasang dan dihapus, karena tidak menggunakan registri. Mereka dijaga jarak jauh tanpa menjalankan updater di latar belakang, dan bekerja dengan baik dengan sentuhan. Banyak berjalan sama baiknya pada prosesor Intel dan ARM. Apa yang tidak disukai?

Jika Anda berubah pikiran, Anda dapat menginstal ulang aplikasi Windows 10 dari Windows Store. Anda juga dapat menambahkan aplikasi dari Microsoft dan pemasok lainnya. Aplikasi gratis yang berpotensi berguna termasuk OneDrive dan Dropbox Mobile, Facebook dan Facebook Messenger, Twitter, Unigram (klien Telegram), Todoist, Adobe Photoshop Express, Xodo PDF Reader & Editor, Netflix, TuneIn Radio, Deezer Music, SoundByte (untuk SoundCloud dll) , Grover Pro (untuk podcast), Tubecast untuk YouTube, Audiobook dari Audible, Plex dan Microsoft Remote Desktop. Aplikasi berbayar untuk aplikasi termasuk Nebo, untuk membuat catatan tulisan tangan di Surface Pro 4, dan Staffpad untuk menulis musik.

Setelah Anda menggunakan beberapa aplikasi bagus, Anda mungkin bahkan menyukai aplikasi tersebut …

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top