Tech & Auto

CCleaner, Kelebihan dan Kekurangan Upgrade Ke Versi Pro

CCleaner

This post is also available in: English

Setiap handphone pastinya akan mengalami penurunan kinerja, apalagi jika disebabkan kapasitas RAM yang penuh sehingga akan berdampak pada lambatnya performa handphone. Salah satu faktor lambatnya performa handphone adalah banyaknya sampah atau cache dari aplikasi maupun game yang diinstal di handphone. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya handphone pasti membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membersihkan semua sampah atau cache yang ada. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah CCleaner Pro.

CCleaner Pro merupakan bagian dari aplikasi CCleaner tetapi versi berbayar. Meskipun demikian, fitur yang disediakan jauh lebih lengkap daripada versi gratis. Jika kalian penasaran mengenai aplikasi yang satu ini, berikut ini akan diulas mengenai cara upgrade ke akun Pro. Namun sebelum itu akan dijelaskan secara singkat mengenai seperti apa akun CCleaner Pro. Simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

CCleaner Pro pada Aplikasi CCleaner

CCleaner

CCleaner Pro termasuk versi berbayar dari aplikasi CCleaner dengan fiturnya yang lebih lengkap daripada yang versi gratis. Secara keseluruhan, penggunaan akun CCleaner Pro ini dapat memaksimalkan seluruh kinerja sistem yang ada di handphone yang mengalami masalah terkait lambatnya performa handphone.

Fungsi utama versi pro dari aplikasi CCleaner ini adalah pembersihan secara otomatis sehingga dapat segera mendeteksi file-file yang tidak diperlukan dalam aplikasi yang telah terinstall dengan pemindaian yang cepat. Selain itu, versi Pro ini bisa menghemat daya baterai serta memblokir setiap iklan-iklan yang tidak berguna.

Cara Upgrade Ke Akun CCleaner Pro

Sebelum pengguna bisa mengubah dari versi gratis ke versi berbayar, tentunya yang harus dilakukan adalah menginstall terlebih dahulu aplikasi CCleaner. Nah, setelah itu baru bisa di upgrade ke versi Pro. Berikut langkah-langkahnya:

1. Download dan install aplikasi CCleaner melalui Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Tunggu hingga proses download dan install selesai.

2. Setelah terinstall, buka aplikasi CCleaner dan klik “Mulai”.

3. Pada langkah ini muncul tampilan dengan pilihan “Lanjutkan Dengan Iklan” dan “ Tingkatkan Sekarang”. Pilih “Lanjutkan Dengan Iklan” kemudian klik “Mulai Di sini”

5. Pilih “Beri Kami Akses” di mana aplikasi memerlukan izin untuk bisa membersihkan foto, media, dan file yang ada di handphone. Kemudian klik “Izinkan”

6. Aktifkan aplikasi CCleaner dengan menggeser ke kanan yang artinya pengguna mengizinkan aplikasi CCleaner. Lakukan hal yang sama pada tampilan berikutnya.

7. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini dan pilih menu “Tindakan Cepat Bebas Halangan” dan aktifkan.

8. Ketika telah mengaktifkan “Tindakan Cepat Bebas Halaman”, maka secara otomatis akan muncul beberapa pilihan di bawahnya. Pilh “Layanan Pintasan”. Aktifkan bagian “CCleaner” dengan mengkliknya kemudian klik “Oke”

9. Langkah terakhir terkait perizinan, scroll hingga ke bawah kemudian pilih “CCleaner”. Klik tombol di kanan atas untuk menggunakan layanan aksesbilitas. Pilih “Oke”.

10. Setelah langkah terakhir, tampilan akan kembali di awal ketika meminta perizinan. Selanjutnya pilih “Pindai Sampah”. Tunggu hingga proses pemindaian selesai dan jika telah selesai klik “Lanjutkan”. Di sini akan muncul aplikasi-aplikasi apa saja yang harus dilakukan pembersihan. Pilih “ Selesaikan Pembersihan”.

11. Di langkah ini akan muncul tampilan dengan tulisan “Mulai Pembersihan Mendalam”. Klik “Teruskan”. Tunggu hingga proses pembersihan secara lebih lanjut selesai. Kemudian pilih “Mari Kita Lihat”

12. Setelah itu muncul tampilan dan pilih “Lihat Aplikasi”. Kemudian akan muncul tampilan “Hibernasi”. Jika ingin melewati bagian ini, pilih tanda panah yang ada di pojok kiri atas dan secara otomatis akan muncul pilihan antara “Lanjutkan Secara Gratis”dan “Upgrade”. Pilih “Lanjutkan Secara Gratis”, terlebih dahulu agar bisa melihat tampilan dari aplikasi CCleaner

13. Setelah muncul tampilan aplikasi, pilih bagian terbawah yang bertuliskan “Dapatkan CCleaner Pro” atau langsung klik “Upgrade” pada pojok kanan atas.

14. Di sini akan muncul tampilan tentang penawaran harga untuk menikmati fitur dari CCleaner Pro. Pengguna bisa memilih pembayaran dengan tagihan setiap tahun atau setiap bulan. Jika telah memilih, maka klik “Berikutnya”

15. Setelah itu muncul tampilan metode pembayaran yang akan digunakan. Pengguna bisa memilih akan menggunakan metode apa. Metode pembayaran yang disediakan bisa melalui pulsa dari provider yang digunakan seperti Three (3), kartu kredit atau debit, tukarkan kode voucher Google Play maupun membeli saldo Google Play di Alfamart. Pilih mana yang kalian inginkan.

16. Setelah pengguna selesai melakukan pembelian, aplikasi CCleaner sudah terupgrade ke versi Pro

Kelebihan dan Kekurangan Akun CCleaner Pro

Setiap upgrade ke versi yang berbayar pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan di dalam penggunannya. Begitupun juga akun CCleaner Pro. Adapun kelebihan dan Kekurangannya sebagai berikut:

Kelebihan:

  1. Dapat menghilangkan atau memblokir iklan sehingga aplikasi akan bebas iklan
  2. Pmebersihan file secara otomatis tanpa perlu menunggu keputusan dari pengguna aplikasi meskipun hanya mengaturnya satu kali
  3. Kontrol ukuran dan kualitas foto lebih optimal
  4. Adanya fitur  Duplicate yang dapat mendeteksi file-file duplikat yang ada di handphone untuk menghemat kapasitas memori penyimpanan
  5. Menganalisa semua aplikasi yang terdeteksi banyak memakai daya baterai
  6. Dapat menghapus file video yang memiliki ukuran sangat besar dengan cepat
  7. Mempercepat kinerja sistem sehingga akan nyaman dalam mengoperasikan  
  8. Dapat memeriksa suhu dan level baterai pada perangkat handphone
  9. Dapat menemukan file atau aplikasi yang terkena hidden
  10. Adanya fitur “Active Monitoring”
  11. Memeriksa keamanan dan menghapus history internet yang menjadi sumber masuknya sampah-sampah yang tidak penting
  12. Tidak boros daya baterai meskipun melakukan pembersihan pada seluruh sistem maupun aplikasi yang ada di handphone
  13. Layanan bantuan yang disediakan CCleaner Pro aktif selama 24 jam

Kekurangan:

  1. Meskipun banyak keuntungan yang didapatkan ternyata versi pro ini dapat membawa malware yang berbahaya ke sistem handphone sehingga akan menyebabkan data-data penting sistem akan terkirim ke server peretas

Demikian pembahasan mengenai cara upgrade ke akun CCleaner Pro. Pembahasan ini tentunya sangat penting untuk seseorang yang ingin mendapatkan fitur lebih terkait pemindaian dan pembersihan sistem dari sampah atau cache yang ada pada handphone. Semoga apa yang dibahas dalam tulisan ini bermanfaat. Selamat mencoba!

To Top