Tech & Auto

Menu Control Panel Akan Dihilangkan Oleh Microsoft Di Upgrade Terbaru Windows 10

Control Panel WINDOWS 10

This post is also available in: English

Ketika kalian membuka PC maupun laptop, pastinya kalian akan sering berurusan dengan menu “Control Panel” Windows 10. Bisa dikatakan bahwa menu ini adalah pusat pengaturan semua komponen yang ada di Windows.

Menu Control Panel Windows 10

Control Panel sendiri berfungsi sebagai menu untuk melakukan beberapa pengaturan yang ingin diterapkan di Windows pengguna. Meskipun nantinya akan dihilangkan, kalian sebagai pengguna Windows wajib mengetahui beberapa fungsi dari menu yang ada di Control Panel.   Berikut ini beberapa menu yang ada di Control Panel:

1. System and Security
Menu System and Security

Menu ini berisikan semua alat yang berhubungan dengan sistem, administrasi, dan keamanan Windows. Di dalam menu ini terdapat beberapa fitur seperti Security and Maintenance, Windows Defender Firewall, System, Power Option, Backup and Restore, File History, BitLocker Drive Encryption, Storage Spaces, Work Folders, Administrative Tools, dan Flash Player.

2. Network and Internet
Network and Internet

Menu ini berhubungan dengan pengaturan jaringan seperti mengubah pengaturan jaringan yang digunakan dan melakukan konfigurasi internet yang akan terhubung dengan PC maupun laptop. Di dalam menu ini terdapat beberapa fitur seperti Network and Sharing Center dan Internet Options.

3. Hardware and Sound
Hardware and Sound

Menu ini berhubungan dengan pengaturan perangkat hardware pada komputer seperti printer, sound hingga pengaturan tentang perubahan suara. Bagian dari menu ini diantaranya Device and Printers, Autoplay, Sound, Power Options, Windows Mobility Center, SmartAudio.

4. Program
Program Menu

Menu ini berhubungan dengan pengaturan pada aplikasi yang terpasang di Windows. Menu ini berisikan tentang segala program maupun fitur yang ada di Windows yang dapat diatur pengguna sesuai dengan keinginannya. Fitur-fitur yang ada di dalam menu Program seperti Program and Features dan Default Program,

5. User Account and Family Safety
User Account

Menu ini berhubungan dengan pengaturan account pengguna. Dengan adanya menu ini tentunya pengguna bisa mengatur mulai dari keamanan, identitas dan tugas-tugas lainnya yang ada hubungan dengan account pengguna yang menggunakan perangkat tersebut. Di dalam menu ini terdapat dua fitur yaitu User Account dan Credential Manager.

6. Appearance and Personalization
Appearance and Personalization

Menu ini berisikan alat yang bisa digunakan untuk mengubah setiap tampilan yang ada di dekstop perangkat mulai dari tema, dekstop background, sound effect, screen saver, dan windows glass color. Di dalam menu ini terdapat beberapa fitur seperti  Taskbar and Navigation, Ease of Access Center, File Explorer Options, dan Fonts.

7. Clock, Language, and Region
Clock, Language, and Region

Menu ini berhubungan dengan jam, bahasa, mata uang, angka yang harus diatur sesuai dengan posisi pengguna perangkat. Menu ini memiliki dua fitur seperti Date and Time dan Region and Language.

8. Ease of Access

Ease of Access

Dengan adanya menu ini pengguna bisa mengatur yang berhubungan dengan penggunaan indera seperti menyesuaikan komputer dengan penglihatan, pendengaran maupun mobilitas. Dengan menu ini pengguna juga bisa mengatur suara agar bisa melakukan perintah pada komputer. Di dalam menu ini terdapat pengaturan Ease of Access Center dan Speech Recognition

Belakangan beredar kabar bahwa pihak pengembang Windows, Microsoft memutuskan untuk akan menghilangkan Control Panel di Windows 10. Hal itu dikarenakan agar pengguna lebih banyak memanfaatkan menu “Settings” yang ada di Windows 10 dimana letaknya berdampingan dengan Control Panel.

Hilangnya menu ini akan berlaku di update Windows terbaru yang akan datang. Pengguna tidak bisa menemukan Control Panel di update Windows 10 versi Oktober 2020. Kabar ini tentunya cukup mengagetkan banyak orang karena Control Panel sendiri memudahkan pengguna mengoperasikan komputer.

Selain itu, dilansir dari Techradar (9/11/2020) Microsoft juga turut serta memblokir akses dari setiap menu yang menyediakan shorcut ke Control Panel seperti akses dari menu Properties di Windows Explorer dan aplikasi pihak ketiga yang digunakan sebagai solusi mengakses halaman sistem yang dihentikan. Dalam Windows 10 versi preview build, menu Program and Features dikabarkan akan dialihkan ke menu Apps and Features yang berada di menu Settings.

Kenapa fungsi Control Panel dialihkan ke Settings? Karena menu Settings sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang sama namun berbeda tampilan. Control Panel tampilannya berupa tabel sedangkan Settings berupa daftar (list). Mungkin karena itulah Microsoft akan menghilangkan Control Panel dalam Windows 10 agar di dalam satu Windows tidak terdapat dua menu yang berfungsi sebagai pengaturan perangkat.  Windows sendiri bisa beroperasi dengan lancar meskipun dengan satu menu pengaturan saja.

Meskipun Control Panel akan dihilangkan di Windows 10, pengguna tetap bisa mengatur semua hal yang berhubungan dengan perangkat dengan mengklik ikon System Page dari Control Panel. Setelah mengklik ikon tersebut, maka secara langsung akan terbuka menu Windows 10 Setting Apps. Hal itu dikarenakan Microsoft telah menambah flag untuk mengalihkan pengguna ke halaman “About” di menu Settings kemudian System.

Pengalihan ini sebagai bentuk pembaruan dari Windows 10 di tengah perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih. Meskipun demikian, pastinya masih banyak pengguna yang akan merasa kebingungan karena sudah terbiasa menggunakan Control Panel jika ingin mengubah pengaturan perangkat.

Dengan adanya tulisan ini, tentunya kalian sebagai pengguna mulai mempersiapkan diri dari awal sebelum Control Panel benar-benar dihilangkan. Sebenarnya kabar akan dihilangkannya menu Control Panel ini sudah beredar sejak Maret 2020 lalu. Kabar itu beredar setelah Control Panel disembunyikan di OS Windows 10 versi insider untuk keperluan pengujian. Namun, masih belum pasti mengenai kapan menu Control Panel akan segera dihilangkan di Windows 10.

Nah itulah informasi terbaru mengenai menu Control Panel yang akan dihilangkan di versi pembaruan Windows 10. Semoga apa yang diulas di dalam tulisan ini bermanfaat bagi kalian. Selamat membaca dan jangan lupa tinggalkan komentar ya!

To Top