Tech & Auto

Daftar Handphone Android dan iOS Yang Tidak Bisa Lagi Gunakan WhatsApp Di Tahun 2021

Android dan iOS Yang Tidak Bisa Lagi Gunakan WhatsApp Di Tahun 2021

This post is also available in: English

Baru-baru ini, pihak WhatsApp telah mengkonfirmasi bahwa mulai tahun 2021 mendatang, mereka akan mencabut dukungan platform layanan aplikasi chattingnya di sejumlah ponsel Android dan iOS. Hal ini tentunya mengakibatkan beberapa handphone tidak bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi.

Memang tidak semua handphone, hanya beberapa handphone baik Android maupun iOS yang masih menggunakan sistem operasi (OS) lawas yang tidak akan bisa lagi menggunakan WhatsApp. Melalui situs resmi WhatsApp diketahui bahwa pihaknya telah memperbarui FAQ mengenai sistem operasi pada handphone apa saja yang masih bisa menggunakan WhatsApp di tahun 2021 mendatang, diantaranya:

  • Handphone Android dengan OS Android 4.0.3 atau yang lebih baru
  • iPhone dengan iOS 9 atau versi yang  lebih baru
  • KaiOS 2.5.1 atau versi yang lebih baru, termasuk JioPhone dan JioPhone 2

Selain OS yang disebutkan di atas, handphone Android maupun iOS dengan OS di bawahnya tidak akan bisa lagi menggunakan WhatsApp. Jika kalian memiliki handphone dengan OS yang lawas, kalian masih bisa menggunakan WhatsApp asalkan OS yang saat ini dipakai di upgrade ke versi terbaru.

Daftar ponsel Android yang tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp

Semua handphone Android yang masih menggunakan OS yang lebih lawas daripada versi 4.0.3 tidak akan bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp. Berikut daftar handphone Android yang masih menggunakan OS yang lebih lawas dari versi 4.0.3 antara lain:

  • HTC Desire
  • LG Optimus Black
  • Motorola Droid Razr
  • Samsung Galaxy S2
  • Samsung Galaxy S Duos
  • dan handphone-handphone Android lain dengan versi OS lawas

Pengguna handphone Android dengan OS lawas mungkin masih bisa menggunakan WhatsApp apabila pengguna tersebut mengupgrade-nya ke versi OS terbaru. Hal ini dilakukan agar pengguna tetap bisa berkomunikasi dengan aplikasi chatting terpopuler tersebut. Namun sebelum itu, untuk mengetahui OS Android yang saat ini digunakan, pengguna bisa mengecek dengan membuka menu “Settings”, kemudian pilih opsi “About Phone”.

Dalam opsi tersebut, pengguna akan diberikan tampilan yang memuat segala informasi tentang handphone termasuk info tentang OS yang digunakan. Perlu diketahui, cara pengecekan seperti ini bisa saja berbeda di setiap langkah-langkahnya. Hal itu tergantung pada handphone Android yang digunakan.

Daftar ponsel iOS yang tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp

Sama seperti Android, pada iPhone juga berlaku demikian jika yang digunakan masih menggunakan iOS lawas, maka tidak akan bisa lagi menggunakan WhatsApp seperti pada iPhone 4 maupun model iPhone-iPhone sebelumnya. Sementara itu, untuk beberapa iPhone di bawah ini diantaranya:

  • Apple iPhone 4S
  • iPhone 5
  • iPhone 5S
  • Apple iPhone 5C
  • iPhone 6
  • iPhone 6S

Keenam iPhone di atas  masih bisa menggunakan WhatsApp lagi apabila penggunanya memperbarui sistem operasi ke versi iOS 9 atau yang lebih baru.

Sebelum melakukan upgrade, pengguna disarankan untuk mengecek iOS berapa yang sedang digunakan. Untuk mengetahui hal tersebut, pengguna bisa membuka menu “Settings” kemudian pilih “General”, setelah itu klik “Software Update”. Di menu tersebut, pengguna bisa melihat semua informasi yang berkaitan dengan iPhone termasuk versi iOS dari handphone tersebut.

Baca Juga : Cara Merawat Ponsel Android Yang Sering Panas

Nah itulah informasi mengenai akan ada beberapa handphone Android maupun iOS yang tidak bisa lagi mengakses WhatsApp apabila masih menggunakan OS versi lawas di tahun 2021 mendatang. Informasi ini dijelaskan oleh pihak WhatsApp melalui situs WABetainfo. Kalian masih bisa menggunakan aplikasi chatting tersebut asalkan mengupgrade OS ke versi terbaru. Jika tidak ingin ribet, maka cara terakhir adalah ganti handphone.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top