Tech & Auto

Demam Game ‘Duel Otak’ Pada Pengguna Gadget

Portal Berita

Saat ini game digital semakin berkembang pesat, khususnya game mobile interaktif. Beberapa game yang sempat digandrugi dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini antara lain game Angry Birds, Flappy Bird, Clash of Clans, Candy Crush, Temple Run, hingga kini Duel Otak. Game ini mengusung gameplay kuis seperti ‘Who Wants to Be a Millionaire’ yang menyajikan berbagai pertanyaan umum yang harus dijawab oleh pemainnya. Game ini tentu saja membuat pemainnya menjadi interaktif serta dapat mengasah otak.

Kita bisa melihat beberapa waktu terakhir ini jejaring sosial diramaikan dengan gambar pemindaian tentang skor di permainan Duel Otak. Bahkan di Twitter juga telah diramaikan dengan hastag #duelotak. Hingga kini, game buatan FEO Media – developer game asal Swedia ini mampu menduduki peringkat pertama di kategori free games yang ada di Google Play Store.

Sebenarnya game kecerdasan ini telah hadir di Indonesia pada pertengahan tahun 2015 lalu. Namun baru saja meledak pada bulan Oktober 2015. Kuis yang ada pada game ini dibagi menjadi dua mode, yaitu klasik dan taktis. Dalam mode klasik, pemain tidak akan bisa memilih ‘alat bantu’ untuk menjawab pertanyaan. Sedangkan pada mode Taktis, pemain bisa memilih beberapa alat bantu seperti ‘presentasi’, ’50:50’, atau ‘dua pilihan’. Beberapa ketegori pertanyaan juga bisa dipilih sendiri, meliputi film, musik, sejarah, hewan, tumbuhan, teknologi, kesehatan, hingga pengetahuan umum. Lebih serunya lagi, pemain bisa ditantang dengan pemain lain – teman Anda yang juga memainkan game ini untuk diadu dan ditentukan siapa yang lebih hingga paling cerdas.

Nantinya pemain dapat meng-invite teman lainnya untuk berdua di beberapa waktu tertentu. Jika ingin meng-invite, pemain bisa mengetik nama user langsung di dalam game atau bisa via Facebook. Selain itu, pemain juga bisa langsung memilih lawan secara acak yang akan dipilihkan oleh sistem yang ada pada game ini.

Di dalam kuisnya, pemain akan dihadapkan dengan 18 pertanyaan yang harus dijawab. Setiap tiga pertanyaan, pemain akan bergantian memilih kategori pertanyaan. Misalnya, jika Anda memilih pertanyaan tentang musik, maka akan ada tiga soal pilihan ganda yang diberikan oleh kategori musik. Setelah ketiga pertanyaan dijawab, maka kedua pemain dapat melihat skor satu sama lain. Nantinya si lawan akan menentukan kategori lain, begitu seterusnya hingga enam ronde permainan berjalan.

Saat ini Duel Otak sudah tersedia di berbagai perangkat seperti Android dan iPhone. Game ini bisa diunduh secara gratis. Nampaknya Indonesia tidak menjadi negara satu-satunya yang dapat menikmati game ini. Beberapa negara lain seperti Spanyol, Jepang, Jerman, dan Tiongkok juga memiliki versi ‘Duel Otak’ lain.

Sebenarnya game Duel Otak mengandalkan kemampuan pengetahuan si pemain sebesar 75%, sedangkan 25% sisanya hanya mengandalkan keberuntungan saja. Untuk bermain game ini, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan. Pertama, dalam strategi menyerang sebaiknya kita mencoba menjawab pertanyaan dengan benar sebanyak mungkin tanpa memperdulikan musuh. Strategi yang satu ini sangat cocok dipakai saat melawan musuh baru yang tidak kita ketahui kelemahannya.

Kedua, strategi bertahan. Strategi ini tidak dapat kita lakukan pada sembarang musuh. Anda harus mengetahui terlebih dahulu topik apa saja yang tidak dikuasai maupun tidak disukai oleh lawan. Kemudian gunakan bantuan pada saat-saat tertentu yang mendesak saja. Intinya, jika Anda ingin memenangkan game ini, sebaiknya perluas pengetahuan Anda terlebih dahulu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top