Tech & Auto

Dikabarkan Tutup, Media Sosial Friendster Kembali Lagi!

Portal Berita

Sebelum beberapa media sosial eksis saat ini muncul, seperti Facebook, Twitter, Path, dan Instagram, jauh-jauh hari Friendster sudah terlebih dahulu muncul. Media sosial yang satu ini sempat mewabah di kalangan remaja karena menjadi tonggak kehadiran media sosial di dunia. Sekitar kurang lebih 10 tahun yang lalu, banyak anak muda menghabiskan waktu berjam-jam untuk berselancar di Friendster pada bilik-bilik warnet.

Namun sayangnya setelah Facebook muncul, masa kejayaan Friendster pun surut bahkan berakhir pada tahun 2009. Facebook mendominasi menjadi media sosial yang digandrungi oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Friendster pun dibeli taipan Malaysia, kemudian beralih fungsi menjadi portalsocial game online pada tahun 2011. Namun nampaknya strategi yang dilakukan tidak berhasil mengembalikan kejayaan Friendster. Hingga akhirnya pada pertengahan 2015, media sosial ini benar-benar ditutup.

Beberapa waktu terakhir ini, masyarakat malah dikejutkan dengan kehadiran situs Friendster dengan domain .id (dot id). Situs tersebut mengusung tagline, “Temukan tema lamamu,” pada homepage-nya. Kemudian ada pilihan “masuk” atau “daftar” di tengah-tengah halaman. Mungkin hal ini bisa menandakan bahwa Friendster kemungkinan beroperasi kembali. Namun ternyata tidak. Friendster terdahulu merupakan media sosial yang berpusat di Mountain View, AS. Sementara Friendster yang baru diluncurkan memiliki domain “dot id” yang notabene adalah domain Indonesia. Dalam laman “tentang kami” pun, Friendster.id juga memperkenalkan diri sebagai karya lokal dari Indonesia.

“Sebagai situs jejaring sosial karya anak bangsa, Friendster merupakan sebuah manifestasi dari karakter rakyat Indonesia,” tulis pendiri Friendster.id.

Hal ini menunjukkan bahwa Friendster.id tidak berafiliasi secara langsung dengan Friendster yang asli. Namun meski tidak sama dengan Friendster yang dulu, Friendster.id tetap merupakan jejaring sosial. Situs ini diharapkan dapat membantu penggunanya dalam berbagi segala momen bersama orang-orang terdekat. Namun bagi pengguna Friendster lama, sebaiknya jangan pernah berharap bisa masuk dengan informasi login yang dulu dipakai untuk masuk ke Friendster.com, kemudian menemukan teman-teman “FS” lama di sana. Friendster.id merupakan media sosial yang benar-benar baru dan tidak terafiliasi dengan Friendster yang “asli”.

Untuk masuk ke jejaring sosial ini, Anda bisa log in menggunakan akun Facebook, Twitter, Google, dan Instagram. Memang proses pendaftaran dan log in di Friendster baru ini dibuat cukup sederhana dan tidak ribet seperti harus mengisi banyak kolom ke dalamnya. Pengguna hanya perlu memilih nama yang akan dipakai, mengunggah foto profil, dan memilih lokasi. Informasi-informasi lain dan setting tampilan bisa ditambahkan belakangan saat sudah memakai.

Tapi harus diakui bahwa pengalaman menggunakan Friendster.id ini mirip sekali dengan pengalaman menggunakan jejaring sosial Facebook. Website ini saat diakses terkadang masih lambat dalam menampilkan halaman.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top