Tech & Auto

Disenggol Elon Musk, Harga Uang Kripto Shiba Inu Meroket

Disenggol Elon Musk, Harga Uang Kripto Shiba Inu Meroket

Shiba Inu saat ini menjadi mata uang kripto yang nilainya meroket berkat cuitan CEO Tesla, Elon Musk di Twitter. Dalam sepekan terakhir mata uang kripto ini telah naik lebih dari tiga kali lipat. Dilansir dari Fortune, harga koin mata uang ini meningkat lagi sebesar 69% dalam 24 jam terakhir, menurut harga dari CoinGecko. Sedangkan nilai pasarnya lebih dari US$ 10 miliar.

Kenaikan itu terjadi usai cuitan Elon Musk di Twitter pribadinya yang mengunggap foto anak anjing miliknya yang bernama Floki berada di mobil Tesla dengan keterangan “Floki Funkpuppy”. Dari unggahan itu diketahui bahwa anak anjing tersebut adalah jenis Shiba Inu yang merupakan ras anjing terpopuler di Jepang.

Mata Uang Kripto Yang Baru Diluncurkan Setahun

Mata uang kripto ini baru diluncurkan oleh seseorang bernama Ryoshi pada Agustus 2020 lalu. Penamaannya sendiri berasal dari salah satu jenis anjing. Merangkum dari Fortune, mata uang kripto ini diposisikan sebagai pesaing Dogecoin dengan nama dagang SHIB. Awalnya, Shiba Inu dijadikan sebagai lelucon atau koin meme karena nilainya yang tak berharga.

Koin itu dinilai tak dapat menjamin harganya dan masih tak dapat digunakan. Namun, volume perdagangannya meningkat pesat usai masuk ke platform perdagangan cryptocurrency Binance serta OKEx. Selain itu, para trader dari China juga menyumbang kontribusi pada kenaikan harga Shiba Inu lewat platform perdagangan asset kripto dari China, yaitu Huobi.

Lihat Juga: Kondisi Pasar Crypto Kacau? Lakukan Ini

Ryoshi sendiri mengenalkan Shiba Inu sebagai “Degocoin killer”, alasannya karena teknologi SHIB digerakkan oleh komunitas. Perbedaan uang kripto ini dengan Dogecoin yaitu Shiba Inu mempunyai ekosistem yang terdiri dari developer alias pengembang, pemegang koin dan penggemar yang bernama Shib Army.

Menurut Ryoshi, koin Shiba Inu adalah ‘anjing luar biasa’. Bukan hanya itu ia juga membujuk agar orang-orang berdonasi ke Shiba Inu Rescue Association. Sejak awal, Ryoshi sendiri sudah mengatakan bahwa nilainya sangat kecil.

“Kami mempunyai kemampuan untuk melebihi nilai Dogecoin, secara eksponensial, tidak pernah melebihi batas $0,01,” tulis pendirinya dalam “woofpaper” SHIB, yang merupakan dokumen perkenalan yang dikenal dengan nama white paper.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top