Tech & Auto

Fitur Baru Aplikasi PeduliLindungi, Bisa Untuk Check-In Di Bandara

Fitur Baru Aplikasi Peduli Lindungi

Aplikasi contact tracing atau pelacakan kontak COVID-19 milik Kementerian Komunikasi dan Informatika, PeduliLindungi kini memiliki beberapa fitur baru. Salah satunya yaitu QR Code yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk check-in maupun check-out saat berkunjung ke mall, lokasi wisata, hingga bandara.

Kementerian Kesehatan RI memang sudah membuka akses bagi operator transportasi udara untuk mengecek kesehatan para penumpangnya secara otomatis. Yaitu dengan QR Code di aplikasi PeduliLindungi maupun dengan menunjukkan NIK di counter check-in. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menuturkan, dengan mekanisme tersebut maka dapat dipastikan bahwa hanyalah penumpang sehat saja yang dapat memasuki pesawat.

“Dengan mekanisme anyar ini, jadi pengecekan kesehatan penumpang dilakukan waktu keberangkatan bukan waktu kedatangan. Jadi dapat membuat penumpang merasa lebih nyaman serta aman,” kata Menkes di laman Kementerian Kesehatan.

Lihat Juga: Aplikasi Laut Nusantara Rilis Fitur Baru Dapat Mendeteksi Ikan Mahal

Mengutip dari KompasTekno.com, fitur QR Code telah tersedia di aplikasi PeduliLindungi pada ponsel Android. Setidaknya, 742 laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan telah memasukkan data ke dalam big data milik Kemenkes yang bernama New All Record (NAR). Sehingga, hanya penumpang yang telah melakukan swab PCR/Antigen di lab yang terafiliasi saja yang dapat digunakan sebagai syarat penerbangan.

Proses check-in menggunakan aplikasi PeduliLindungi ini bakal diuji coba pada penerbangan rute Jakarta-Bali. Mulai Senin, 5 Juli 2021 hingga 12 Juli 2021. Sedangkan untuk lab yang belum memasukkan data ke NAR, mulai 12 Juli 2021 hasil swab PCR atau antigen tak lagi berlaku untuk penerbangan. Mekanisme pengecekan menggunakan NAR ini ke depannya juga bakal dilakukan pada waktu pemesanan tiket baik offline maupun online. Selain itu, mekanisme tersebut juga bakal diperluas ke transportasi lain, yaitu darat dan laut.

Secara terpisah, Johnny Plate, Menkominfo RI menuturkan, aplikasi tersebut bakal terintegrasi dengan hasil pemeriksaan RDT (Rapid Diagnostic Test) Antigen, dan PCR. Menkominfo berharap adanya fitur QR Code pada aplikasi PeduliLindungi bisa digunakan oleh masyarakat. Khususnya yang akan melakukan perjalanan maupun saat berkunjung ke fasilitas publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top