Tech & Auto

Fitur Baru dan Teknologi Android 12 yang Tercanggih

Fitur Baru dan Teknologi Android 12 yang Paling Canggih

This post is also available in: English

Tampaknya Google akan segera memperkenalkan sistem operasi terbarunya untuk Anda, yaitu Android 12 yang siap menggantikan Android 11. Perkenalan Android seri 12 kepada publik akan Google lakukan pada gelaran Google I/O pada bulan Mei yang akan datang.

Seolah tak ingin diam saja, banyak pihak sibuk mengira-ngira dan mencari bocoran tentang bagaimana Android 12 nantinya.  Bocoran tersebut pun sudah banyak beredar pada dunia maya terkait dengan nama tipe seri dan juga fitur yang akan Google berikan pada Android seri 12.

XDA Developers telah menemukan awalan “sc” pada kode sumber dari Android seri 12 yang Google rilis akhir tahun lalu. kode tersebut berada pada bagian development branches Android seri 12. Sehingga banyak yang menduga bahwa nama untuk seri Android kali ini bernama “Snow Cone”.

Meski begitu, nama kode tersebut hanyalah untuk penyebutan internal Google sebab nama kudapan sebagai nama kode Android telah berakhir pada seri 9 Pie. Untuk seri setelah Android 9.0 Pie, Google hanya menamainya dengan angka seperti Android 10 dan Android 11. Meski begitu, Google tetap menggunakan kode RVC untuk Android 11 yang memiliki arti Red Velvet Cake.

Penggunaan nama kudapan dan dessert telah Google lakukan sejak seri ketiga Android yaitu seri 1,5. Bahkan untuk sejak saat itu Google masih terus menggunakan nama-nama tersebut berurutan sesuai Abjad.

Seperti yang telah mungkin Anda ketahui, beberapa deretan nama dessert dan kudapan yang sempat menjadi nama kode Android. Seri Android ketiga sebagai awal mengambil abjad ketiga dari alfabet yaitu C dengan Cupcake, berlanjut ke Donut, Eclair, Froyo, dan lain sebagainya.

Fitur-Fitur Terbaru dari Android 12

Fitur-Fitur Terbaru dari Android 12
Fitur-Fitur Terbaru dari Android 12

Banyak pihak pengguna Android yang masih menanti kedatangan Android 12. Tentu, dengan Android versi terbaru, Google akan memberikan beberapa kelebihan dan perbaikan dari versi sebelumnya. Oleh karena itu, banyak dari Masyarakat yang menjadikan sistem Android sebagai pertimbangan dalam membeli telepon seluler.

Apakah Anda merasa versi Android milik Anda cukup usang dan ingin segera memperbaruinya? Berikut ini adalah 3 fitur utama pada Android 12 yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

1. Auto-rotate

Sebelumnya banyak pihak yang mengeluhkan auto-rotate dari Android tidak dapat membaca rotasi dengan baik. Oleh sebab itu, Google mulai memperbaiki kekurangan tersebut dan meningkatkan kemampuan mendeteksi rotasi dengan baik.

Auto-rotate yang ada pada Android versi sebelumnya menggunakan sensor akselerometer dan giroskop ponsel. Proses deteksi rotasi melalui penggabungan data dari kedua sensor tersebut. Meski data yang kedua sensor tersebut hasilkan tidak cukup akurat, masih banyak pihak yang memakluminya.

Tetapi Google kali ini berniat untuk meningkatkan rotasinya dengan tidak lagi menggunakan kedua sensor tersebut. Rencananya Google akan membuat auto-rotate pada Android 12 mengandalkan kamera depan pengguna untuk mendeteksi penggunaan rotasi dari penggunanya.

Banyak pihak yang menilai penggunaan kamera akan lebih efektif apabila dibandingkan dengan kedua sensor akselerometer dan giroskop panel.

2. Game Manager

Game Manager
Game Manager

Fitur mode game yang satu ini akan hadir agar pengguna Android 12 tidak akan terinferensi oleh panggilan atau hal-hal lain yang mengganggu kenyamanan bermain game. Selain itu, Game manager juga akan mengatur berbagai hal yang terkait dengan game untuk meningkatkan kualitas bermain game.

Pengguna dapat mengatur jaringan yang mereka gunakan, tingkat kecerahan, hingga suara. Fitur-fitur tersebut akan aktif secara otomatis tanpa perlu lagi menjalankannya secara manual. Jadi Game Manager akan mulai melakukan pekerjaannya saat Anda mulai bermain game.

3. Colombus

Fitur satu ini rencananya akan hadir dalam Android 11, tetapi ternyata fitur Colombus ini justru akan hadir pada Android 12. Colombus adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dan mematikan hanya dengan ketukan pada bodi belakang.

Pada Android 12 nanti, rencananya Google masih akan membatasi kemampuan dari fitur Colombus. Fitur tersebut hanya dapat melakukan tangkapan layar, pause dan resume saat memutar video, mengaktifkan google assistant hingga membuka notifikasi.

Fitur seperti ini sangatlah rawan untuk Anda gunakan dalam saku karena rawan gesekan sehingga menimbulkan ketukan-ketukan secara tidak sengaja. Untuk mengantisipasi hal yang demikian itu, Google rencananya akan menerapkan gesture khusus yang berguna untuk mengaktifkan Colombus. Jadi, apabila pengguna ingin menggunakan fitur yang satu ini, pengguna perlu untuk mendaftarkan terlebih dahulu gesture atau isyarat untuk mengaktifkan fitur Colombus.

Meski begitu, hingga saat ini belum dapat dipastikan kemunculan fitur satu ini akan hadir untuk semua ponsel atau hanya terbatas untuk Google Pixels.

Interface Android 12

Interface Android 12

Terdapat beberapa perubahan desain dan warna dari tampilan Interface Android seri 12.  Bocoran  tentang tampilan interface tersebut juga tersebar pada kanal-kanal sosial media. Dari bocoran tersebut tampak user interface dari Android seri 12 memiliki desain yang lebih sederhana dan menggunakan latar warna solid.Interface Android 12Terdapat beberapa perubahan desain dan warna dari tampilan Interface Android seri 12. 

Bocoran  tentang tampilan interface tersebut juga tersebar pada kanal-kanal sosial media. Dari bocoran tersebut tampak user interface dari Android seri 12 memiliki desain yang lebih sederhana dan menggunakan latar warna solid.

Dalam bocoran tersebut juga tampak widget baru yang dapat menampilkan pesan antara pengirim dan penerima obrolan. Percakapan tersebut juga dapat Anda jadikan widget yang tampil pada home screen. Area pada notifikasi juga tidak lagi transparan, Google memberikan warna yang solid pada area tersebut.

Meski begitu, warna pada beberapa bagian interface bukanlah warna permanen yang tidak dapat untuk Anda ubah semau Anda. Perubahan dapat terjadi bersama dengan pergantian tema atau perubahan ke mode gelap. Siapkan diri Anda untuk kehadiran versi Android seri 12 yang rencananya akan rilis pada akhir bulan ini untuk versi beta.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top