Tech & Auto

Fitur Proteksi Handal dalam Qualcomm Snapdragon 820

Portal Berita

Bagi anda penggemar oprek Gadget, pasti anda tidak asing dengan Qualcomm. Yap, Industri bidang komunikasi dari Amerika Serikat ini merupakan salah satu produsen chipset smartphone chipset smartphone terbesar di dunia. Mungkin beberapa smartphone milik pembaca menggunakan chipset dari Qualcomm.

Qualcomm dituntut untuk melakukan inovasi dalam produknya agar dapat bersaing dengan produk parikan lain. Dan hasilnya, Qualcomm resmi memperkenalkan chipset terbarunya, Qualcomm Snapdragon 820. Produk terbaru ini juga masih mengusung semangat Qualcomm untuk menyediakan prosesor dan perangkat masa depan yang lebih murah.

Apa Spesialnya Chipset Tersebut?

Qualcomm Snapdragon 820 juga menggunakan desain arsitektur 14 nanometer (nm). Produsen ponsel percaya transistor 14nm kabel, lebih baik dibandingkan dengan transistor 20nm TSMC. seperti dilansir dari Majalah Recode.

Qualcomm Snapdragon 820 adalah chipset 64bit octacore. Dari segi grafik, Qualcomm melakukan upgrade menggunakan Adreno 530, setelah sebelumnya Qualcomm Snapdragon 810 hanya menggunakan Adreno 430.

Dalam chipset terbarunya, Qualcomm meng-upgrade kemampuan koordinasi mesin dan chipset rakitannya. Teknologi yang menjadi andalan adalah machine learning-behavioral analysis antara chipset Qualcomm Snapdragon 820 dan mesin Qualcomm Zeroth.

Bukan itu saja, Qualcomm juga memperkenalkan fasilitas perlindungan untuk smartphone anda. Qualcomm memperkenalkan Qualcomm Smart Protect, sebuah sistem perlindungan bagi smartphone anda yang diklaim lebih pintar dari antivirus biasa yang anda gunakan saat ini.

Qualcomm yang mulai masuk dalam persaingan aplikasi antivirus menyadari bahwa teror malware atau virus dalam smartphone memang hal yang serius. Dari situs resmi Qualcomm dalam perkenalan Qualcomm Smartdragon 820, tim Qualcomm mengatakan bahwa kebanyakan software antivirus yang digunakan para pengguna smartphone saat ini hanya mengandalkan file signature aplikasi yang diunduh dan membandingkannya dengan database yang dimilikinya.

Ini menjadi momok karena malware bisa saja lolos dengan mudah hanya dengan mengubah kode binary aplikasi. Malware tersebut tidak akan terdeteksi karena tidak ada dalam basis data software antivirus tadi.

Untuk mengatasi kekurangan tersebut, Qualcomm mengembangkan sebuah sistem perlindungan baru. Sistem  yang dikembangkan Qualcomm adalah API (Application Program Interface). API akan semakin melengkapi sistem keamanan dalam smartphone yang dipasang chipset Qualcomm Smartdragon 820.

API dalam Qualcomm Smart Protect diklaim lebih pintar karena secara mandiri dan real time akan menganalisa perubahan perubahan dalam kode binari aplikasi smartphone. Sehingga tidak ada malware atau virus yang terbawa saat kita mengunduh atau memperoleh aplikasi baru.

Qualcomm smart protect di desain untuk menganalisis dan mendeteksi aplikasi jahat baru sebelum file signature malware tersebut terdeteksi dan tercantum dalam basis data aplikasi anti virus pada umumnya. Ini juga didukung teknologi machine learning-behavioral analysis dalam Qualcomm snapdragon 820.

Chipset Qualcomm Snapdragon 820 sekaligus teknologi Qualcomm smart protect akan mulai masuk kedalam smartphone pada semester awal tahun depan. Qualcomm Snapdragon 820 juga akan dikombinasikan dengan Smartphone ber-OS Android Marsmellow.

Dalam berita terarunya, Qualcomm menggandeng megaprodusen Smartphone asal korea selatan, Samsung. . Qualcomm berharap bahwa langkah untuk menggandeng Samsung akan membantu memenangkan kembali bisnis, terutama untuk keluarga Galaxy S berikutnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top