Tech & Auto

Akan Rilis, Fitur Terbaru WhatsApp Bisa Menghilangkan Pesan Secara Otomatis

Fitur Terbaru WhatsApp Bisa Menghilangkan Pesan

This post is also available in: English

Whatsapp sebagai aplikasi chatting terpopuler dikenal terus melakukan pengembangan di sektor fiturnya. Sebelum ini, Whatsapp telah dilengkapi dengan fitur penghapus pesan yang ada di dalam obrolan, kemudian tema whatsApp yang bisa dirubah menjadi gelap, dan masih banyak lagi.

Nah kabarnya dalam waktu dekat, Whatsapp akan segera merilis fitur terbarunya di upgrade yang akan datang dan pengguna akan diizinkan untuk mengaktifkan fitur ini kapanpun yang mereka mau. Meskipun belum pasti mengenai kapan rilisnya fitur ini, namun pihak Whatsapp telah mengumumkan cara kerja dari fitur yang sebelumnya bernama Expiring Messages ini melalui website WABetaInfo. Berikut ulasannya.

Kabar ini dilansir dari WABetaInfo, Selasa (3/11/2020), pihak WhatsApp akan segera merilis fitur terbarunya yang bernama Disappearing Messages atau Pesan Menghilang. Mereka menjelaskan bahwa apabila fitur ini diaktifkan maka pesan yang dikirimkan kepada seseorang akan hilang secara otomatis dalam kurun waktu 7  hari.

Hal itu juga berlaku pada obrolan yang dilakukan di grup dimana pesan tetap akan hilang secara otomatis selama tujuh hari jika fitur “Pesan Menghilang” diaktifkan. Jika digunakan dalam grup chat, maka yang dapat mengaktifkan chat ini adalah admin grup tersebut.  Semua pesan baru akan kadaluarsa setelah tujuh hari dan pengguna tidak bisa mengatur kapan pesan itu akan menghilang.

Fitur ini akan hadir untuk pengguna WhatsApp di Android, iOS, KaiOS dan dekstop (Whatsapp Web). Fitur ini tidak bisa diaktifkan secara default. Fitur ini bisa digunakan jika mengaktifkannya secara manual. Cara mengaktifkan fitur ini di grup WhatsApp yaitu dengan membuka grup dimana pengguna menjadi admin. Kemudian klik profil grup dan pilih menu “Dissapearing Messages”. Pilih opsi “On”.

Fitur Disappearing Messages di iOS
Source : wabetainfo

Ketentuan dari fitur tersebut juga berlaku apabila pengguna tidak membuka pesan selama tujuh hari setelah mengaktifkan fitur baru itu tetapi pengguna bisa memeriksa pesan yang masuk melalui tampilan notifikasi hingga pengguna membuka WhatsApp.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh WABetaInfo “Ketika pengguna membalas pesan, pesan awal telah dikutip sehingga jika pengguna membalas pesan yang telah hilang, mungkin kutipan teks tidak akan hilang karena tetap ada di obrolan chat setelah tujuh hari. Jika sebelum pesan menghilang diteruskan ke chat lain, maka pesan yang diteruskan tersebut tidak akan ikut hilang”.

Jadi, bisa dipastikan bahwa ketika membalas pesan dengan cara mengutip pesan yang sebelumnya kemungkinan kutipan pesan itu tidak akan hilang di WhatsApp setelah tujuh hari. Hal ini bisa terjadi jika pengguna menonaktifkan opsi di Info Kontak dan mengutip pesan itu.

Pihak WhatsApp juga menjelaskan bahwa chat maupun media yang masuk baik itu video, gambar, audio, dokumen, dan yang lainnya tidak akan hilang jika sebelumnya pengguna sudah mencadangkan di Google Drive yang tersambung. Namun, jika pengguna ingin memulihkan semua pesan yang hilang dari cadangan, pengguna tidak akan menemukannya karena akan dihapus oleh fitur “Pesan Menghilang” yang diaktifkan.

Setelah pengguna mengaktifkan fitur “Pesan Menghilang”, media yang telah dikirim akan hilang tetapi pengguna tetap bisa menemukannya di perangkat ponsel asalkan unduhan otomatis diaktifkan. Hal itu dikarenakan semua media telah tersimpan di dalam memori telepon.

Fitur ini bisa dikatakan fitur yang menarik, namun pihak WhatsApp telah menghimbau untuk berhati-hati dalam penggunannya. Hal itu dikarenakan beberapa hal seperti:

  • Jika fitur “Pesan menghilang” diaktifkan, pengguna masih diizinkan untuk meneruskan atau melakukan screenshoot dari pesan yang telah hilang kemudian menyimpannya sebelum pesan itu menghilang
  • Pengguna juga diizinkan untuk menyalin dan menyimpan semua gambar dan video dari pesan sebelum pesan tersebut menghilang secara otomatis akibat dari fitur “Pesan Menghilang” yang aktif
  • WhatsAppp juga memberitahu adanya opsi “Save to Camera Roll”. Apabila opsi ini diaktifkan, maka semua gambar atau video yang didapatkan dari pesan yang hilang mungkin akan tersimpan secara otomatis di galeri foto.

Fitur terbaru dari WhatsApp ini bisa dikatakan hampir mirip dengan fitur yang ada di Telegram yaitu fitur “Chat Rahasia”  dimana membuat pesan hilang secara otomatis. Namun tetap ada perbedaannya. Di Telegram, pengguna bisa membuat chat yang sudah hilang dengan masuk ke ruangan “Chat Rahasia” kemudian memilih teman obrolan. Sedangkan di WhatsApp, pesan yang telah hilang tidak bisa ditemukan lagi apabila fitur “Pesan Menghilang” diaktifkan.

Nah seperti itulah sedikit gambaran mengenai fitur baru dari WhatsApp yang akan segera di rilis beserta cara kerja dari fitur tersebut. Terlepas dari itu semua, masih belum diketahui kapan tepatnya fitur ini akan dirilis secara luas. Yang jelas fitur Disappearing Mesagges ini bisa dikatakan masih dalam tahap pengembangan dan dikabarkan akan hadir di upgrade selanjutnya. Masih belum pasti hadirnya fitur ini di upgrade versi yang ke berapa.

Dengan adanya tulisan ini setidaknya dapat memberikan informasi kepada kalian mengenai seperti apa fitur “Pesan Menghilang” itu. Semoga apa yang diulas di dalam tulisan ini memberikan manfaat bagi kalian. Selamat membaca.

To Top