Tech & Auto

Gagal Digelar 2020, Kini Formula E Belum Masukkan Jakarta Dalam Kalender Sementara 2022

Formula E Jakarta 2022

Awalnya Jakarta direncanakan menggelar Formula E pada 2020, namun balapan mobil listrik itu terpaksa diundur karena pandemi COVID-19. Keseriusan Ibu Kota untuk menggelar ajang balap itu telah dibuktikan sejak 2019 lalu.

Hingga pada September 2019, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama pihak Formula E mengumumkan Jakarta menjadi tuan rumah. Pihak penyelenggara menyebut aka nada 24 mobil sport yang terlibat dalam balapan ini.

Tak hanya pada 2020, dalam kontrak tersebut, FIA berencana untuk bekerjasama selama lima tahun berturut-turut. Namun, pandemi melanda Indonesia sebelum ajang balap mobil ramah lingkungan ini diselenggarakan. Maret 2020, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan surat permintaan untuk mengundur gelaran ajang balap itu karena merebaknya kasus COVID-19.

“Mengamati perkembangan COVID-19 di belahan dunia khususnya di Jakarta. Maka penyelenggaraan Formula E yang awalnya dijadwalkan bulan Juni 2020 supaya ditunda penyelenggaraannya,” tulis surat bernomor 117/-1.857.73 yang diteken Anies Baswedan dan ditujukan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix tertanggal 9 Maret 2020.

Tanggapan Pihak Formula E

“Seperti yang diinstruksikan Gubernur Jakarta Anies Baswedan, dan konsultasi bersama Formula E, FIA, Ikatan Motor Indonesia dan Organising Committee Jakarta E-Prix. Tak memungkinkan melaksanakan bapalan di Jakarta pada 6 Juni 2020 seperti dijadwalakan,” tulis pernyataan Formula E.

Hingga ada kabar terkait kemungkinan ajang balapan itu digelar di Jakarta pada 2020.

“Kita bakal bekerjasama dengan Pemda DKI untuk mewujudkan Formula E yang sempat ditunda akibat COVID. Bukan tahun ini, namun tahun depan,” Kata Bambang Soesatyo, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia.

“Tahun ini tidak mungkin sebab kita banyak agenda nasional, PON dan Mandalika. Jadi pembicaraan saya bersama Menteri BUMN dan Menteri Pariwisata, mungkin dapat diwujudkan tahun depan,” sambung Ketua MPR RI itu.

Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan ajang balap mobil itu akan ditunda hingga 2022. Keputusan tersebut sesuai dengan rekomendasi dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan).

“Rekomendasi BPK soal Formula E telah kita sampaikan kalau Formula E yang dananya telah kita keluarkan itu tetap ada dan nanti bakal dilaksanakan direncanakan Insya Allah jika tak ada kendala di tahun 2022, kata Riza, Kamis (18/3/2021) lalu.

DKI Belum Masuk Kalender Balapan 2022

Baru-baru ini, pihak Formula E mengumumkan kalender balapan musim depan. Namun tak ada nama DKI Jakarta dalam kalender tersebut. Tapi ada satu tanggal yang berstatus TBD, alias to be decided (belum diputuskan). Jadwal tersebut untuk race tanggal 4 Juni 2022 yang kabarnya diperuntukkan kepada Jakarta.

“Kami tak dapat mengumumkan mengapa kami meletakkan TBD pada tanggal itu. Namun pada dasarnya, kami memiliki kontrak untuk menyelenggarakannya di Jakarta, kata Alberto Longo, pendiri sekaligus direktur Formula E.

“Rencana kami yaitu ke sana. Tapi gubernur sendiri sudah meminta sedikit waktu untuk mengumumkan ajang tersebut. itu kenapa kami memperpanjang tanggalnya,” sambungnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top