Tech & Auto

Galaxy SmartTag, Aksesoris Samsung Bisa Lacak Benda Kesayangan Yang Hilang

Galaxy SmartTag, Aksesoris Samsung

Selain Samsung Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra rilis di Indonesia, Samsung juga turut memperkenalkan beberapa aksesoris terbaru, salah satunya yaitu Galaxy SmartTag di acara Galaxy Unpacked pada Kamis, (14/1/2021).

Galaxy SmartTag merupakan aksesoris canggih dengan teknologi Bluetooth yang berfungsi untuk menandai benda-benda kesayangan. SmartTag dapat dipasang di setiap benda-benda kesayangan pemiliknya.

Desain

Galaxy SmartTag didesain dengan ukurannya yang kecil dan ringkas seperti sebuah gantungan kunci. Di sisi bagian atasnya terdapat satu lubang sebagai pengait jika dijadikan gantungan kunci atau lanyard.

SmartTag dapat menjangkau jarak benda dalam radius 120 meter. Untuk keamanannya sendiri, SmartTag terlindungi oleh sistem enkripsi.

Manfaat Samsung SmartTag

Manfaat Galaxy SmartTag

Dengan menggunakan Galaxy SmartTag ini, seseorang dapat melacak keberadaan benda-benda kesayangan yang sulit ditemukan maupun yang hilang.

Benda yang dapat dilacak dengan alat ini tidak hanya berupa benda elektronik seperti ponsel, tablet maupun wearable, benda-benda lain seperti kunci kendaraan, tas, koper, dompet, bahkan hewan peliharaan pun dapat dilacak dengan menggunakan Samsung SmartTag. Asalkan SmartTag dalam kondisi terikat atau dimasukkan ke dalam benda tersebut.

Galaxy SmartTag

Selain itu, Galaxy SmartTag ini juga bisa menjadi remote kontrol untuk perangkat IoT dari Samsung di rumah seperti menyalakan tv, AC, lampu, vacuum cleaner, maupun peralatan smarthome Samsung lainnya. Dengan alat ini, semua pekerjaan tersebut dapat dikontrol dengan mudah melalui aplikasi SmartThings yang terhubung dengan SmartTag.

Smart Tag hanya bisa digunakan untuk semua perangkat Samsung Galaxy. Jadi, untuk pengguna Android merek lain tidak bisa menggunakan alat canggih ini.

Cara kerja Galaxy SmartTag

Untuk bisa melacak benda-benda yang hilang, seseorang cukup memasangkan SmartTag ke benda tersebut. SmartTag bisa digunakan setelah terhubung dengan aplikasi SmartThings kemudian memantaunya melalui peta.

Cara kerja Galaxy SmartTag

Sebagai contoh, pemilik Galaxy SmartTag menaruh alat ini di dalam kunci rumah. Tiba-tiba, kunci tersebut hilang. Secara otomatis, Samsung SmartTag tersebut akan mengirimkan sinyal Bluetooth Low Energy (BLE) ke pengguna smartphone Samsung Galaxy lainnya yang ada di dekat lokasi tempat kunci yang terjatuh

Titik lokasi pemilik perangkat Samsung Galaxy lain yang keberadaannya dekat dengan kunci tersebut akan muncul ke tampilan peta pada ponsel pemilik kunci.

Setelah lokasi kunci ditemukan, aplikasi SmartThings yang terpasang pada ponsel akan memberikan notifikasi  jika berhasil melacak lokasi keberadaan kunci. Setelah terdeteksi, maka secara otomatis indikator SmartTag juga akan berbunyi untuk mempermudah pencarian.

Harga Galaxy SmartTag di Indonesia

Galaxy SmartTag mulai dipasarkan secara resmi pada tanggal 29 Januari 2021. Di Indonesia, SmartTag dijual dengan harga sekitar Rp. 399.000 yang bisa dipesan melalui situs resmi Samsung.

Namun, SmartTag ini bisa didapatkan gratis apabila melakukan pre-order untuk pembelian Samsung Galaxy S21 Plus dan S21 Ultra karena SmartTag masuk ke dalam free gift paket pre-order bersama dengan Galaxy Buds Pro.  
Samsung juga akan dikabarkan merilis satu model lainnya yang bernama SmartTag Plus yang mendukung fitur Ultra Wideband (UWB). Fitur tersebut berfungsi untuk melacak benda-benda yang hilang dari jarak yang cukup jauh.

Dengan sinyal yang ditampilkan ke ponsel, maka benda yang hilang dapat terdeteksi secara akurat meskipun benda berada di jarak yang cukup jauh.  Kabarnya, SmartTag Plus tersebut akan dibanderol dengan harga sekitar Rp. 562.000. Harga tersebut belum pasti karena di setiap pasar pastinya akan berbeda, termasuk di Indonesia.

To Top