Tech & Auto

Among Us, Bagaimana Cara Bermain Permainan yang Viral ini

Among Us

This post is also available in: English

Siapa sangka jika game yang awalnya jarang dimainkan oleh seseorang, kini tengah naik daun dan sedang ramai di perbincangkan. Game yang rilis pada tahun 2018 tersebut mengalami peningkatan unduhan di tahun 2020 hingga 661 persen atau bisa dikatakan setara dengan 18,4 juta unduhan per Agustus 2020. Bahkan pada tanggal 4 September 2020, diketahui bahwa game ini telah dimainkan sebanyak 1,5 juta pemain dan semakin bertambah setiap harinya. Game yang dimaksud adalah game Among Us.

Among Us sempat menjadi trending di twitter usai dimainkan oleh banyak Youtuber Gaming terkenal salah satunya Jess No Limit. Di Korea Selatan pun, game ini menjadi terkenal dan banyak dimainkan terutama EXO-L sebutan penggemar EXO setelah ada salah satu anggota Boyband EXO yang bernama Park Chanyeol diketahui ikut bermain game ini.

Kepopuleran game Among Us ini akhirnya membuat banyak orang menjadi penasaran, bahkan di tahun 2020 ini akan ada Among Us 2. Untuk itu, berikut ulasan mengenai game Among Us dan seperti apa aturan hingga cara bermain salah satu game yang sedang viral ini. Simak ulasannya di bawah ini!

Among Us merupakan sebuah permainan video yang dikembangkan oleh salah satu developer permainan asal Amerika Serikat bernama InnerSloth yang dirilis pada tanggal 15 Juni 2018. Game ini berlatar belakang ruang angkasa dan memiliki konsep yang hampir sama dengan WereWolf dimana terdapat dua peran yang berbeda di dalam permainan yang disebut Crewmate dan Impostor. Selain itu, karakter dalam permainan ini begitu lucu dengan bentuk lonjong berwarna warni yang lengkap dengan beragam aksesoris seperti topi, sepatu, dan lainnya.

Permainan Among Us

Permainan Among Us

Among Us memiliki sistem gameplay yang unik dimana pemain harus bekerja sama dan menyakinkan satu sama lain. Game ini dimainkan sekitar 5-10 pemain di setiap ronde dengan setting tempat yang berbeda. Ada tiga peta permainan yaitu pesawat ruang angkasa (The Skeld), gedung markas (Mira HQ), dan pangkalan planet (Polus). Beberapa pemain sekitar 1-3 pemain akan diacak secara otomatis untuk memilih siapa yang akan menjadi Impostor dan sisanya akan menjadi Crewmate.  

Pada masing-masing Crewmate memiliki misi untuk memperbaiki dan melindungi pesawat  dari segala kerusakan yang disebabkan oleh Impostor. Di sini Crewmate bertindak sebagai pemain yang berada di sisi baik sedangkan impostor bertindak sebagai pengkhianat atau perusak. Oleh karena itu, Crewmate harus selalu waspada terhadap pemain lain yang bisa saja seorang Impostor. Untuk bisa memenangkan permainan ini, setiap Crewmate harus bisa membersihkan pesawat dari Impostor yang ada, sedangkan dari sisi Impostor harus bisa membunuh dan menipu seluruh Crewmate agar bisa menguasai pesawat.

Pada titik tertentu, baik itu pemain Crewmate maupun Impostor dapat melakukan sebuah diskusi yang bertujuan untuk menuduh salah pemain yang dicurigai sebagai Impostor yang dilakukan dengan cara voting. Pemain yang mendapatkan jumlah tuduhan terbanyak akan dikeluarkan dari pesawat, baik itu seorang Crewmate maupun Impostor. Pada diskusi ini dibutuhkan kerja sama tim agar tidak salah pilih. Bisa saja para Crewmate salah pilih karena seorang Impostor pintar dalam menyamar serta menipu Crewmate dengan segala cara agar mereka tidak dikeluarkan dalam pesawat.

Cara Bermain Game Among Us

Game Among Us dibilang salah satu game yang cukup unik dan mudah untuk dipelajari karena memiliki aturan bermain yang sederhana yaitu menuduh dan menyamar. Berikut tips bermain game Among Us dari sisi Impostor:

1. Bertindak sebagai Impostor

Among Us Imposter

Untuk memenangkan permainan, disini Impostor harus memiliki kemampuan dalam berakting dan tipu muslihat agar dapat mengelabui para Crewmate. Berikut tips bermain dari sisi Impostor :

a. Mengelabui dengan cara menuduh pemain lain

Berakting adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh pemain Impostor. Pada sesi tertentu akan ada diskusi dimana sesi tersebut dimanfaatkan Impostor untuk menuduh pemain lain dengan alasan tertentu seperti menyakinkan pemain lain bahwa ada salah satu Crewmate yang tidak menyelesaikan misi. Atau jika ingin aman, Impostor berpura-pura mengikuti saran pemain lain yang merasa curiga.

Di sini, Impostor juga melakukan tombol “Skip Vote” untuk memberikan voting-nya seperti halnya yang dilakukan oleh Crewmate agar pemain lain tidak akan curiga. Ketika berdiskusi, aktiflah dalam membuat alibi karena jika pemain cenderung diam maka akan dicurigai dan selanjutnya akan ditendang dari permainan.

b. Cobalah berpura-pura dalam menyelesaikan misi

Crewmate maupun Impostor memiliki jumlah misi yang sama. Jika Crewmate memang benar-benar menyelesaikan misi, hal itu berbeda apa yang dilakukan oleh Impostor yang malah berpura-pura menyelesaikan misi agar tidak dicurigai oleh para Crewmate. Impostor dapat mengunjungi lokasi misi tanpa perlu melakukan apapun sehingga hal tersebut akan dinilai oleh pemain lain bahwa pemain adalah seorang Crewmate padahal dirinya seorang Impostor.

c. Manfaatkan lubang ventilasi yang ada

selain berakting, Impostor juga memiliki kemampuan dalam berpindah tempat melalui lubang ventilasi. Hal itu tentunya dapat dimanfaatkan untuk bersembunyi agar tidak terlihat oleh pemain lain. Ketika ada Crewmate yang menghampiri lokasi persembunyian seorang Impostor, maka Impostor tersebut dapat lengsung membunuh Crewmate tersebut kemudian jangan lupa untuk bersembunyi lagi maupun berpindah tempat lain.

Perlu diingat ketika akan melakukan cara tersebut, pastikan Crewmate datang sendirian tanpa ada yang lain. Jika lalai, maka pemain akan dicurigasi sebagai Impostor dan tempat persembunyian sebelumnya sudah diketahui salah seorang Crewmate yang terbunuh.

d. Pilihlah waktu untuk melakukan sabotase dengan baik

Impostor juga dapat melakukan sabotase mesin dimana hal tersebut dimanfaatkan untuk mengalihkan pemain lain. Ketika Impostor telah membunuh Crewmate di suatu ruangan, maka Impostor tersebut dapat melakukan sabotase mesin di ruangan lain yang berbeda dari ruangan yang sebelumnya digunakan untuk membunuh. Hal itu dilakukan untuk menjauhkan pemain dari lokasi pembunuhan. Di dalam permainan ini, meskipun impostor telah terbunuh tetapi masih bisa membantu impostor lain dengan melakukan sebuah sabotase mesin.

e. Jika bisa, gunakan adanya keramaian

Umumnya setelah melakukan sabotase, semua pemain akan berkumpul ke suatu lokasi tempat mesin yang rusak sehingga akan menimbulkan keramaian. Dalam hal ini, Impostor dapat memanfaatkan keramaian tersebut dengan membunuh salah seorang Crewmate. Adanya kerumunan pemain tersebut tentunya akan sulit bagi pemain lain dalam menemukan siapa yang menjadi Impostor sebenarnya.

2. Bertindak sebagai Crewmate

Among Us Crewmate

Seorang Crewmate harus selalu waspada dan kerjasama tim agar tidak salah dalam memilih. Berikut ini tips bermain game Among Us dari sisi Crewmate:

a. Usahakan menyelesaikan misi dengan cepat

Setiap pemain memiliki sejumlah misi yang harus diselesaikan. Begitu pula dengan pemain yang bertindak sebagai seorang Crewmate. Sebagai seorang Crewmate, usahakan segera menyelesaikan misi dengan cepat dimana masing-masing misi tersebut dapat digunakan sebagai alibi ketika sesi diskusi di mulai. Seorang Crewmate juga bisa mememeriksa identitas pemain lain. Apabila sedang memperhatikan pemain lain yang bertugas, perhatikan bar hijau di sisi kiri atas. Apabila keadaan bar tersebut tidak bertambah setelah lokasi tersebut ditinggalkan oleh pemain, bisa jadi pemain tersebut adalah seorang Impostor.

b. Hindari berpergian dengan sendirian

Seorang Crewmate sangat dianjurkan untuk tidak pergi sendirian. Ketika bepergian usahakan dengan pemain lain sehingga hal tersebut dapat dijadikan alibi ketika pemain lain menaruh curiga. Ketika menjalankan strategi ini, usahakan lebih waspada dan pastikan telah memilih pemain yang sudah jelas statusnya sebagai crewmate dengan melihat tampilan ketika melakukan misi.

c. Selalu perhatikan lubang ventilasi

Hal ini dilakukan agar Crewmate dapat terhindar dari pembunuhan yang dilakukan Impostor secara tiba-tiba karena Impostor sendiri memiliki kemampuan untuk berpindah tempat melalui lubang ventilasi. Ketika Crewmate menemukan seorang Impostor yang sedang bersembunyi di lubang ventilasi, segera laporkan ke pemain lain.

d. Gunakan Admin Map dan Security Camera sebagai bantuan

Di dalam permainan terdapat Admin Map dan Security Camera yang bisa dimanfaatkan sebagai akses bantuan untuk menunjukkan lokasi setiap pemain. Hal itu bisa digunakan oleh Crewmate untuk mengawasi pergerakkan pemain lain yang dicurigai seorang Impostor. Hal ini dilansir dari KompasTekno, Kamis (1/10).

Game Among Us telah tersedia di sistem platform Android, iOS, dan PC. Game ini dapat diunduh secara gratis di Android dan iOS, sedangkan untuk memainkannya di PC bisa didapatkan seharga Rp. 40.000 melalui Steam. Tunggu apalagi, segera mainkan game ini dan nikmati keseruan yang ada di dalam permainan Among Us.

To Top