Tech & Auto

Google Maps Segera Perbarui Beberapa Fitur Yang Berhubungan Dengan Pandemi Covid-19

Google Maps

Siapa yang tidak mengetahui Google Maps? Aplikasi yang sangat penting ketika kita membutuhkannya untuk menunjukkan alamat yang kita tuju. Mungkin, kita bisa bertanya kepada seseorang mengenai suatu alamat, namun jika menggunakan Google Maps dinilai lebih praktis dan mudah.

Google Maps adalah layanan buatan Google berupa pemetaan web yang memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360o, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute yang digunakan ketika berpergian baik itu berjalan kaki, mobil, sepeda hingga transportasi umum.

Dengan menggunakan Maps tentunya pengguna akan mendapatkan arahan yang detail dari suatu lokasi yang dituju. Ponsel akan memberitahu kapan pengguna seharusnya berbelok kanan atau kiri, putar balik atau hanya berjalan lurus. Bahkan Google Maps bisa memberitahukan pengguna tentang kondisi jalan yang sedang macet sehingga akan menunjukkan rute alternatif.

Google telah menginformasikan akan segera memperbarui beberapa fitur yang ada di Google Maps termasuk pembaruan data persebaran Covid-19, fitur pesan antar hingga informasi tentang kepadatan transportasi umum. Pembaruan ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait segala sesuatu yang terjadi di tengah pandemi ini.

Seperti yang dilansir LoperOnline dari blog resmi Google, Kamis (19/11/2020) bahwa sebelumnya pada bulan September 2020 lalu, Google Maps memperbarui fiturnya dengan melakukan peningkatan pada fitur persebaran Covid-19. Sejak pertama kali peluncuran fitur ini, aplikasi ini telah membantu hampir 10 juta pengguna untuk mendapatkan informasi penting tentang Covid-19.

Source: blog.google

Di beberapa minggu yang akan datang yang mana masih belum pasti minggu kapan atau minggu di bulan berapa yang dimaksud, Google akan melakukan pembaruan dengan menambahkan lebih banyak informasi ke Google Maps di perangkat baik itu Android maupun iOS.

Kemungkinan di pembaruan nanti akan ada penambahan informasi baru termasuk detailnya total jumlah kasus yang terdeteksi terkenal Covid-19 di suatu area dan juga tautan ke informasi Covid-19 yang disediakan otoritas setempat. Dengan adanya pembaruan di fitur tersebut tentunya membantu pengguna dapat mengetahui informasti tentang suatu aturan dan regulasi lokal ketika sedang berpergian.

Di samping itu, Google juga akan memperbarui dengan melakukan peningkatan pada fitur yang menunjukkan informasi mengenai kepadatan kerumunan yang ada pada transportasi umum. Pihak Google sendiri mengatakan akan memberikan informasi terkait seberapa ramai kerumunan yang ada di transportasi umum secara real time. Fitur ini nantinya dapat membantu pengguna menghindari rute keramaian pada transportasi bus maupun kereta yang sulit untuk menjaga jarak sosial.

Source: blog.google

Fitur ini nantinya juga akan tersedia di Android dan iOS secara global. Artinya pengguna Android maupun iOS dari seluruh dunia bisa menikmati fitur ini ditengah kondisi pandemi Covid-19 ini. Perlu diketahui bahwa fitur ini dirancang berdasarkan informasi mengenai prediksi kepadatan yang pertama kali ditawarkan oleh Google di tahun 2019 lalu.

Selain memperbarui dua fitur yang berhubungan kondisi dunia di tengah pandemi Covid-19 ini, Google Maps juga telah menambahkan lebih banyak informasi tentang fitur pesan antar secara langsung dalam aplikasi. Fitur pesan antar ini sebenarnya sudah ada tahun 2019 lalu. Untuk saat ini, fitur pesan antar yang ada di Google Maps mendapatkan pembaruan dimana fitur ini sekarang dapat menunjukkan prediksi waktu pengiriman, biaya pengiriman, waktu makanan yang harus diambil dari restoran. Fitur ini tersedia di perangkat Android dan iOS.

Source: blog.google

Dengan adanya fitur ini tentunya dapat membantu banyak pengguna untuk tetap beraktivitas khususnya dalam hal memesan makanan atau belanja kebutuhan sehari-hari di masa pandemi Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak. Namun, fitur pesan antar yang ada di Google Maps ini belum rilis di Indonesia. Fitur ini baru diluncurkan di negara Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Australia, Brazil, dan India. Untuk

Sebetulnya, masih belum ada pernyataan resmi dari Google mengenai kapan dilakukannya pembaruan beberapa fitur di Google Maps. Pengguna hanya bisa menunggu sampai pembaruan di beberapa fitur tersebut dilakukan.

Di tahun 2020 ini Google telah menambahkan setidaknya 250 fitur baru ke dalam Google Maps sejak masa pandemi Covid-19. Dengan penambahan banyak fitur baru yang ada di Google Maps tentunya dapat membantu banyak orang ketika berpergian dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan jaga jarak.

Selain mengenai pembaruan fitur yang berhubungan informasi di tengah pendemi Covid-19 ini, saat ini Google juga sedang menguji mode mengemudi dari Google Assistant yang memberikan akses fitur kontrol suara di Google Maps dimana fitur ini diluncurkan dalam pratinjau di Amerika Serikat.

Seperti yang dilansir LoperOnline dari The Verge, Kamis, (19/11/2020) Google pertama kali mengumumkan kembali mode mengemudi yang ada di Google Assistant ini di Google I/O 2019 dan kabarnya telah diluncurkan ke beberapa perangkat Android bulan Oktober 2020 lalu. Mode ini menawarkan kontrol suara untuk fitur seperti panggilan telepon dan pemutaran media dari dalam layar navigasi Google Maps. Artinya ketika pengguna mengakses Google Maps, pengguna juga bisa menerima panggilan telepon maupun pemutaran media sehingga pengguna masih bisa mengakses itu semua sambil memperhatikan penunjuk jalan.

Nah itulah informasi terbaru dari aplikasi Google Maps yang dikabarkan akan segera memperbarui beberapa fitur yang berhubungan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang tengah dialami di seluruh dunia.

Dengan adanya pembaruan fitur-fitur tersebut tentunya dapat membantu pengguna untuk bisa melakukan aktivitas dengan aman. Secara tidak langsung, pembaruan fitur tersebut dapat mencegah penyebaran Covid-19.

Semoga apa yang diulas di dalam tulisan ini memberikan manfaat bagi kalian terutama pengguna yang setiap hari mengakses Google Maps. Jaga kesehatan dan jangan lupa patuhi protokol kesehatan serta jaga jarak meskipun sedang ada di kerumunan. Selamat membaca.

To Top