Tech & Auto

Google Maps Offline Telah Tersedia

Google Buat Inkubator Starup Untuk Cegah Karyawan Keluar

Semakin hari Google semakin memberikan inovasi terbaik pada layanannya. Beberapa waktu yang lalu memang sempat ada wacana bahwa salah satu aplikasi milik Google, yaitu Google Maps, dapat digunakan secara offline alias tanpa koneksi internet. Akhirnya rencana tersebut pun telah direalisasikan oleh beberapa pengguna. Namun fitur ini baru tersedia untuk pengguna Android saja untuk sementara. Untuk perangkat iOs akan segera muncul pada waktu dekat ini.

Google Maps

Apabila pengguna melihat tiga kombinasi opsi, yaitu “Share”, “Save”, dan “Download”, saat membuka lokasi di Google Maps, maka aplikasi milik pengguna tersebut sudah diperbarui dan dapat digunakan sebagai peta secara offline. Namun sebaliknya, jika kombinasi opsi yanga ada masih “Call”, “Website”, dan “Save”, berarti aplikasi memang belum mendapatkan pembaruan. Pengguna juga masih harus memperbaruinya secara manual terlebih dahulu.

Apabila sudah mendapat pembaruan, pengguna dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk memanfaatkan fitur akses offline yang tersedia pada Google Maps.

  1. Buka aplikasi Google Maps pada perangkat Android.
  2. Setelah dibuka, cari lokasi tujuan. Pada tahap ini, pengguna masih harus terkoneksi dengan internet. Pengguna harus memanfaatkan Wi-Fi yang ada di kantor atau rumah agar bisa lebih menghemat pemakaian data sebelum pergi menuju tempat yang ingin dituju.
  3. Unduh lokasi tujuan. Google Mapas akan memperlihatkan informasi estimasi waktu untuk mencapai tujuan seperti foto-foto, informasi cuaca, dan deskripsi tempat yang telah tersedia.
  4. Bersamaan dengan hal tersebut, ada juga tiga opsi yang telah disebutkan sebelumnya. Pengguna cukup menekan pilihan “Download” untuk mengunduh lokasi tempat tersebut.
  5. Setelah itu, konfirmasi lokasi tujuan. Google Maps akan menunjukkan rute lokasi serta memastikan kepada pengguna, apakah rute tersebut yang ingin ditempuh atau bukan. Apabila benar, berarti pengguna cukup menekan layar untuk menyetujui perintah unduh tersebut.
  6. Google Maps akan mengunduh lokasi tujuan yang tadi telah disepakati.
  7. Pengguna dapat menuju lokasi tersebut dengan informasi rute yang telah diberikan oleh Google Maps tanpa harus mengaktifkan koneksi internet terlebih dahulu.

Kemampuan akses Google Maps secara offline ini diharapkan bisa membantu pengguna untuk memangkas seluruh pemakaian data sekaligus penghematan penggunaan baterai ketika mengakses Google Maps di tengah jalan. Memang selama ini kegunaan Google Maps seringkali terbentur dengan koneksi internet yang putus-nyambung, terutama pada beberapa negara berkembang seperti Indonesia.

Sebenarnya fitur offline maps ini telah ditambahkan oleh Google sejak tahun 2012. Namun saat itu tidak banyak yang bisa dilakukan oleh pengguna dengan fitur tersebut. Akhirnya fitur ini diciptakan untuk dapat bekerja layaknya pengguna yang berada di dalam kondisi online, termasuk bisa menjalankan navigasi turn-by-turn serta informasi maupun rating lokasi-lokasi.

Komponen GPS (Global Positioning System) yang ada smartphone akan bisa berjalan secara mandiri, tanpa tergantung sambungan internet. Sehingga posisi pengguna di peta selalu dapat ditentukan saat pengguna sedang tidak ada koneksi data.

Berikut ini merupakan video yang menjelaskan langkah-langkah penggunaan Google Maps secara offline.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top